Bagaimana Peluang Hamil Normal Setelah Kehamilan Kosong ? Inilah Faktanya

Di dalam kehidupan rumah tangga, akan kurang lengkap rasanya jika tidak ada kehadiran sang buah hati tercinta. Akan tetapi, tidak semua pasangan yang menikah dapat langsung memiliki keturunan. Salah satu faktor penghambatnya adalah kehamilan kosong atau di dalam istilah medis sering disebut sebagai Blighted Ovum. Kira-kira apa itu Kehamilan kosong dan bagaimana peluang wanita bisa hamil seteleh mengalami kehamilan kosong? Berikut ulasannya.

Pengertian kehamilan Kosong

Kehamilan kosong sendiri merupakan salah satu gangguan kehamilan yang ditandai dengan seorang wanita yang seolah-olah hamil padahal di dalam kandungannya tidak ada janin ataupun embrio. Pada kehamilan kosong, seorang wanita akan merasakan proses kehamilan pada umumnya. Hanya saja ketika kandungannya diperiksa dengan rontgen, tidak ditemukan tanda-tanda janin di sana.

Kondisi tersebut bisa dikatakan kondisi kehamilan abnormal karena tidak ada perkembangan janin di dalam rahim. Bahkan beberapa tanda-tanda hamil kosong bisa mengalami fase keguguran. Hal itulah yang membuat para wanita khususnya calon ibu merasa gelisah dan ketakutan karena dia berpikiran tidak bisa menghasilkan keturunan selamanya. Namun, apakah faktanya seperti itu?

Peluang hamil ketika pernah merasakan kehamilan kosong

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya bahwa kekhawatiran terbesarnya adalah apakah masih bisa hamil meskipun telah mengalami kehamilan kosong? Jika telah dilakukan pembersihan dan juga mengikuti program kehamilan yang disarankan oleh dokter dengan teratur, maka peluang dapat hamil masih terbuka lebar meskipun secara garis besar kehamilan kosong disebabkan oleh kelainan kromosom.

Selain terjadinya kelainan kromosom, beberapa penyebab terjadinya kehamilan kosong adalah sebagai berikut.

  1. Usia wanita, semakin tua usia wanita maka semakin rentan ketika dia ingin memiliki keturunan. Khususnya untuk  keluarga yang memiliki banyak anak, maka kemungkinan terjadinya kehamilan kosong cukup besar.
  2. Pembelahan sel yang tidak sempurna.
  3. Kadar hormon untuk membentuk plasenta terlalu rendah. Hal tersebut dipengaruhi juga dari faktor biologis yang merupakan bagian dari antibodi janin.
  4. Adanya infeksi virus seperti TORCH. TORCH merupakan gabungan dari berbagai macam virus seperti Toxoplasma, Rubella, Cytomegalovirus, dan juga Herpes. Beberapa penyakit tersebut memang lebih banyak menyerang ibu-ibu hamil.
  5. Kelainan lainnya yang dialami oleh calon ibu seperti kencing manis, diabetes melitus, atau gangguan imunologi.
  6. Adanya infeksi dari bakteri seperti streptokokus. Secara umum, bakteri ini sering menyerang siapa saja. namun, bagian yang diserang oleh bakteri ini adalah bagian saluran pencernaan dan juga bagian organ intim wanita yang tentunya sangat berbahaya bagi calon ibu dan juga janin di dalam kandungan.

Tips dapat hamil normal pasca kehamilan kosong

Untuk bisa kembali hamil normal setelah masalah kehamilan kosong memang tidaklah mudah. Selain dari sisi medis, dokter juga harus memastikan kondisi psikologi calon ibu agar bisa percaya dapat hamil secara normal. Beberapa hal yang perlu diperhatikan calon ibu pasca kehamilan kosong adalah sebagai berikut.

  • Jaga pola makan

Hal pertama yang harus diperhatikan adalah pola makan pasca kehamilan kosong. Membiasakan diri dengan asupan makanan bergizi dapat memepercepat pemulihan berbagai organ dan hormon di dalam tubuh. Dengan begitu, calon ibu bisa kembali subur sehingga memperbesar memiliki keturunan.

Cobalah untuk selalu makan makanan nutrisi ibu hamil dan selalu menghindari makanan cepat saji maupun makanan buruk lainnya. selain dari makanan, olahraga yang teratur juga dapat membantu calon ibu untuk menjaga kondisi tubuh agar tetap fit dan sehat.

  • Tidak terlalu banyak aktivitas berat

Untuk calon ibu sebisa mungkin hindari aktivitas berat, terutama aktivitas yang berpengaruh terhadap perut. Contohnya seperti turun naik tangga. Perlu diketahui bahwa aktivitas turun-naik tangga sangat berpengaruh terhadap kandungan . apalagi kondisi kandungan pada calon ibu pasca kehamilan kosong sangatlah sensitif. Oleh sebab itu, untuk sementara waktu kurangi aktivitas tersebut.

Selain naik-turun tangga, penggunaan sepeda motor juga perlu dikurangi. Aktivitas tersebut juga memberatkan bagian kandungan karena ada tekanan pada perut saat naik motor. Naik kendaraan umum atau berjalan kaki merupakan pilihan terbaik.

  • Ikuti program kehamilan dari dokter

Jika Anda sedang menjalankan program anak dari dokter kandungan sebaiknya patuhilah beberapa aturannya. Contohnya seperti penggunaan obat penguat dan juga vitamin kehamilan. Konsumsilah beberapa suplemen tersebut sesuai dengan anjuran dokter dan lihatnya hasilnya dalam beberapa hari maupun beberapa bulan kedepan.

Jadi, dari uraian yang telah kita bahas di atas bisa kita simpulkan bahwa peluang hamil bagi calon ibu yang sudah terkena kehamilan kosong masih ada. Namun, dengan catatan, dia dapat mengikuti saran dokter dan menjaga pola kesehatannya. Beberapa contoh kehamilan lagi setelah Blighted Ovum pun banyak terjadi di dunia medis. Semoga artikel ini bisa memberikan banyak manfaat bagi pembaca dan bagi calon ibu yang menginginkan keturunan.