12 Cara Membersihkan Rahim Pasca Keguguran Secara Medis dan Alami

Keguguran adalah sebuah kondisi dimana embrio yang ada dalam rahim mulai melemah dan bahkan mati. Kondisi ini menyebabkan wanita yang hamil mengalami pendarahan dan bahkan keguguran mendadak. Keguguran bukanlah hal yang harus anda takutkan secara berlebihan, karena siapa saja bisa mengalami keguguran. Penyebab keguguran berulang ada banyak, salah satunya adalah lemahnya rahim, salah makan, terlalu lelah, dan bahkan adanya tekanan mental pada ibu hamil. Kali ini kami akan memberikan anda informasi tentang bagaimana cara memebersihkan rahim pasca keguguran.

Cara Medis

  1. Kuretase

Proses kuret janin tidak berkembang adalah sebuah tindakan medis yang dilakukan untuk membersihkan sisah embrio yang ada dalam rahim wanita. Prosedur ini harus dilakukan dengan ketentuan yang ada, dan tidak semua dokter bisa melakukannya. Pada umumnya wanita keguguran akan di USG terlebih dahulu sebelum dokter mengambil tindakan kuretase. Dan dokter akan melihat tingkat abortus imminens yang terjadi pada wanita tersebut, apakah abortus komplit atau tidak komplit. Wanita yang mengalami abortus komplit biasanya hanya memerlukan obat antibiotik, istirahat dan berolahraga. Sedangkan bagi wanita yang mengalami abortus tidak koomplit, maka mereka harus segera melakukan kuretase untuk membersihkan sisah embrio dalam rahim. Namun biasanya wanita akan mengalami efek samping kuret termasuk lama setelah kuret kapan boleh hamil lagi.

  1. Minum obat antibiotik

Obat antibiotik adalah salah satu obat yang bisa diberikan pada wanita keguguran. Dokter akan memberikan anda obat antibiotik ketika anda melakukan prosedur kuretase, dan bahkan jika anda tidak melakukan kuretase juga akan diberikan antibiotik tersebut. Fungsi dari antibiotik sendiri adalah untuk membersihkan rahim dari embrio yang telah mati di dalamnya. Anda harus benar-benar tahu dan memperhatikan, apakah pendarahan yang terjadi hanya sedikit atau bahkan embrio juga ikut keluar sebelum proses kuretase. Jika embrio belum keluar secara lengkap, maka obat antibiotik akan sangat berguna bagi anda yang ingin membersihkan rahim pasca abortus. Obat ini juga bisa mengatasi masalah keguguran tanpa kuret.

Cara Alami

  1. Jamu peluntur

Salah satu cara yang tepat untuk membersihkan rahim adalah dengan menggunakan jamu peluntur. Jamu peluntur adalah salah satu jamu yang sangat bermanfaat untuk membersihkan sisah embrio yang ada dalam rahim. Jamu ini umumnya dijual di beberapa tukang jamu tradisional. Atau bahkan pada beberapa orang meminum jamu persalinan untuk memperlengkap proses pembersihan rahim pasca keguguran. Jamu ini sering disalahgunakan dan dampaknya bisa menyebabkan bahaya aborsi pada remaja.


  1. Olahraga

Olahraga adalah salah satu kegiatan penting yang bisa menyehatkan tubuh anda. Selain itu olahraga juga sangat penting dilakukan wanita yang mengalami keguguran. Anda bisa melakukan berbagai macam jenis olahraga, misalnya saja berenang, jogging, bersepeda dan lain sebagainya. Dengan olahraga secar teratur maka tubuh anda akan lebih rileks, dan sirkulasi darah juga semakin lancar. Olahraga pada wanita pasca keguguran bisa dilakukan di pagi hari, siang hari atau sore hari. Pastikan juga jika olahraga yang anda lakukan aman, dan tidak membahayakan kondisi anda pasca keguguran atau kuretase.

  1. Berenang

Berenang adalah salah satu jenis olahraga yang bisa melancarkan peredaran darah. Beberapa orang berpikir jika wanita pasca keguguran mustahil untuk berenang, tapi tahukah anda jika ada beberapa dokter yang menyarankan berenang setelah kuretase. Mengapa demikian ? tentu karena berenang adalah olahraga yang menggerakkan seluruh tubuh anda, baik tangan, kaki, kepala, dan bahkan sistem pernapasan dalam tubuh anda.Berenang juga bisa membuat anda lebih rileks, dan tentu ketika anda rileks peredaran darah akan normal sehingga proses recovery pasca keguguran segera selesai dan anda kembali sehat. Berenang juga bisa membantu melancarakan menstruasi pertama setelah keguguran tanpa kuret.

  1. Daun sirsak

Tahukah anda jika daun sirsak ternyata mampu membantu proses membersihkan rahim pada wanita keguguran. Daun sirsak mampu meluruhkan sisah gumpalan darah yang ada pada rahim, dan dengan begitu maka rahim akan segera bersih. Daun sirsak umumnya digunakan sebagai ramuan pembersih rahim, dan cara mengolahnya juga sangat mudah. Pertama pastikan jika daun yang akan anda gunakan adalah daun sirsak. Kedua cucilah bersih daun sirsak secukupnya, kemudian rebuslah daun sirsak dengan air bersih. Selanjutnya anda bisa menambahkan gula batu atau gula merah. Cara merebusnya adalah dengan 2 gelas air bersih, lalu rebuslah hingga menjadi 1 gelas saja. Selain sirsak maka masih banyak jenis makanan pasca keguguran yang bisa membantu membersihkan rahim. Hindari juga semua jenis makanan yang dilarang setelah keguguran agar tidak ada resiko pada rahim Anda.

  1. Asam jawa

Asam jawa adalah salah satu bahan makanan yang bisa bermanfaat untuk melancarkan pendarahan pasca keguguran, atau melancarkan nifas wanita yang baru melahirkan. Asam jawa ini mampu meluruhkan gumpalan darah yang ada dalam kandungan, dan bahkan bisa membersihkan sisah embrio dalam rahim wanita yang keguguran. Cara mengolah asam jawa ini sangat mudah sekali, namun harus tetap dengan menjaga kebersihan. Pertama pastikan jika asam yang anda gunakan adalah asam jawa. Kedua ambilah sekitar 1 sendok asam jawa dan rebus dengan 2 gelas air bersih. Rebuslah hingga air rebusan tersisah 1 gelas saja. Selanjutnya anda bisa meminum air asam jawa hingga tidak ada lagi darah atau cairan berbau yang keluar dari vagina anda.

  1. Air kelapa

Membersihkan rahim pasca keguguran bisa anda lakukan dengan menggunakan air kelapa. Air kelapa mampu membersihkan rahim anda setelah keguguran. Selain itu air kelapa juga mampu mencegah bakteri dan virus masuk dalam rahim anda, sehingga air kelapa berfungsi sebagai antiseptik alami untuk rahim. Anda bisa menggunakan kelapa hijau, agar hasil pembersihan rahim sempurna. Selain itu anda juga bisa menambahkan air kelapa dengan gula batu atau madu agar lebih manis. Konsumsilah air kelapa ini hingga tidak ada cairan berbau yang keluar dari vagina anda. Air kelapa sangat sehat untuk rahim karena ada berbagai manfaat air kelapa muda untuk ibu hamil yang bisa membuat rahim kuat dan ibu bisa hamil lagi.

  1. Air godokan sirih

Salah satu cara membersihkan rahim pasca keguguran bisa dilakukan dengan meminum air godokan sirih. Air godokan sirih mampu mebersihkan rahim pasca keguguran, selain itu sirih sendiri berfungsi sebagai antisepstik sehingga tidak ada bakteri yang bisa tumbuh dalam rahim. Cara memanfaatkan daun sirih ini sangat mudah, pertama pastikan jika daun yang anda gunakan benar-benar daun sirih. Selajutnya cuci bersih daun sirih dan rebus dengan 2 gelas air bersih. Rebuslah air hingga menjadi 1 gelas saja, dan minumlah air godokan sirih sehari sekali hingga tidak ada lagi darah yang keluar atau cairan berbau yang keluar dari vagina anda.

  1. Kulit manggis

Kulit manggis adalah salah satu jenis obat yang banyak sekali khasiatnya, baik untuk diabetes, kolestrol, dan bahkan untuk membersihkan rahim wanita pasca keguguran. Kulit manggis sendiri kini banyak dijual di pasaran, namun kulit ini sudah di olah menjadi sebuah kapsul. Cara memanfaatkan kulit manggis yang utuh juga sangat mudah sekali, pertama ambilah kulit manggis yang segar. Kemudian rebuslah kulit manggis dengan 3 gelas air bersih. Rebus hingga air menjadi 1 gelas saja, dan tambahkan gula batu, madu atau gula merah agar rasanya lebih nikmat. Minumlah air kulit manggis ini hingga kondisi anda membaik dan kembali sehat.


  1. Air putih

Cara membersihkan rahim yang paling aman adalah dengan minum banyak air putih. Air putih memiliki banyak peran dalam menyembuhkan berbagai macam penyakit. Jika anda ingin jauh dari penyakit, maka konsumsilah air putih minimal 8 gelas sehari. Dan bagi anda yang ingin membersihkan rahim sebaiknya meminum air putih hangat, agar perut mu hangat dan sisah darah yang menggumpal dalam rahim akan luruh. Dengan luruhnya gumpalan darah dalam rahim, maka otomatis rahim anda akan segera bersih dari sisah embrio.

  1. Istirahat cukup

Membersihkan rahim bisa anda lakukan dengan berbagai macam cara, namun anda harus ingat jika istirahat adalah salah satu cara menyembuhkan segala rasa sakit termasuk membersihkan rahim pasca keguguran. Sebaiknya anda banyak beristirahat setelah keguguran, karena anda sudah banyak sekali mengeluarkan cairan sehingga hal tersebut dapat menyebabkan anda lemas dan bahkan pingsan. Istirahat juga penting untuk ibu agar pulih terlebih jika ibu baru saja mengalami tanda keguguran tanpa pendarahan.

Beberapa cara membersihkan rahim pasca keguguran diatas adalah cara yang aman dan bisa dilakukan dirumah. Anda tidak perlu panik ketika mengalami keguguran, dan jika anda sudah melakukan cara di atas masih tidak ada perbuahan, maka sebaiknya segera hubungi dokter kandungan atau bidan terdekat.

, , ,
Post Date: Friday 06th, October 2017 / 03:10 Oleh :
Kategori : Keguguran
MUST READ
Perkembangan Janin / Bulan : 1, 2, 3, 4, 5, 6, 7, 8, 9
Perkembangan Bayi/ Bln : 1, 2, 3, 4, 5, 6, 7, 8, 9, 10,11, 12

Recommeded

Popular