Makanan Yang Menyebabkan Keguguran Usia 3 Bulan Yang Patut Dihindari

Keguguran menjadi salah satu kondisi yang pastinya paling tidak diharapkan terjadi pada setiap kehamilan yang dijalani oleh ibu hamil. Kondisi keguguran menjadikan ibu hamil harus merelakan dan kehilangan janin yang selama ini berada di dalam kandungan tersebut. Keguguran sendiri didefinisikan sebagai kematian janin di dalam kandungan sebelum mencapai usia 20 minggu atau 5 bulan. Dengan kondisi keguguran tersebut maka proses kehamilan tidak akan berlangsung kembali dan secara otomatis akan terhenti.

Ibu hamil yang mengalami keguguran dapat ditunjukan melalui beberapa tanda tanda keguguran yang muncul sebelum kondisi keguguran benar benar terdiagnosa. Beberapa tanda tanda keguguran tersebut diantaranya seperti pendarahan, nyeri yang sangat hebat di daerah rahim, kontraksi, dan lain sebagainya. Kondisi keguguran sendiri dapat disebabkan oleh berbagai hal dan terutama terjadi ketika usia kehamilan masuk pada periode trimester pertama sampai dengan usia kehamilan 5 bulan.

Kehamilan 3 bulan masih dapat memiliki resiko keguguran dikarenakan sebab sebab tertentu yang mungkin salah satunya adalah makanan. Makanan yang dikonsumsi oleh ibu hamil secara sembarangan dan bukan termasuk makanan sehat untuk ibu hamil bisa jadi menyebabkan tingginya resiko keguguran. Dalam artikel kali ini, hamil.co.id akan membahas terkait makanan apa saja yang dapat menyebabkan keguguran khususnya pada ibu hamil 3 bulan. Berikut ini beberapa makanan yang menyebabkan keguguran usia 3 bulan tersebut dalam penjelasan dibawah ini.

  1. Keju 

Keju menjadi salah satu makanan yang sebaiknya dihindari ibu hamil agar tidak mengalami keguguran pada usia kehamilan 3 bulan terutama jenis keju lunak atau lembut. Keju jenis lunak terbuat dari susu segar tanpa proses pasteurisasi sehingga dapat menyebabkan bakteri yang terdapat di dalam susu masih terkandung di dalam keju tersebut. Adanya bakteri pada keju lunak tersebut dapat menginfeksi tubuh ibu hamil dan menyebabkan terjadinya keguguran.

  1. Daging belum matang

Mengkonsumsi daging yang belum matang atau setengah matang terkadang menjadi kebiasaan beberapa orang dan bisa jadi termasuk ibu yang sedang hamil.  Konsumsi daging sapi dalam keadaan belum matang seperti steak setengah matang atau sate hampir sama bahayanya dengan konsumsi ikan mentah pada ibu hamil. Daging yang belum matang tersebut tentu masih memiliki beberapa kandungan bakteri berbahaya yang dapat menyebabkan infeksi pada tubuh ibu hamil sehingga memicu terjadinya keguguran.

  1. Kerang

Salah satu makanan yang menyebabkan keguguran usia 3 bulan lainya adalah kerang laut. Kerang laut merupakan makanan seafood yang banyak disajikan karena rasanya yang khas dan tentu enak. Kerang dapat menjadi pemicu terjadinya keguguran karena sifat kerang yang dapat menyerap logam berat ke dalam tubuhnya. Logam berat tersebut tidak dapat hilang dari dalam tubuh logam meskipun sudah dimasak hingga benar benar matang. Adanya logam berat di dalam kerang inilah yang dapat menyebabkan terjadinya keguguran pada ibu hamil 3 bulan. Kerang termasuk dalam jenis pantangan makanan ibu hamil yang sebaiknya dihindari.

  1. Ikan mentah

Ikan mentah bisa jadi terkontanimasi oleh berbagai macam bakteri yang berbahaya diantaranya seperti bakteri coliform, toksoplasmosis, dan salmonella. serta bakteri Listria dengan kemampuannya yang dapat melewati plasenta sehingga mampu menginfeksi janin dan mengakibatkan terjadinya keracunan darah hingga keguguran. Meskipun ikan merupakan makanan sehat untuk ibu hamil dengan nutrisi yang baik bagi proses kehamilan, untuk mengkonsumsinya maka harus dalam kondisi yang sudah matang.

  1. Durian

Durian menjadi salah satu jenis buah yang sebaiknya dihindari oleh ibu hamil karena dapat memicu terjadinya keguguran terutama pada kehamilan muda. Makan durian saat hamil 3 bulan ternyata dapat memicu terjadinya keguguran. Kandungan arachidonat dan alkohol didalam durian dapat memicu terbentuknya prostaglandin yang menyebabkan kontraksi pada ibu hamil. Kontraksi yang berlangsung pada awal kehamilan tersebutlah yang dapat memicu terjadinya keguguran. Alkohol di dalam kandungan durian juga dapat memicu terjadinya kelahiran prematur.

  1. Nanas

Buah lainnya yang juga dapat memicu terjadinya keguguran pada ibu hamil usia 3 bulan adalah nanas. Nanas dikenal sebagai salah satu buah yang digunakan untuk melunakkan daging. Efek pelunakan daging tersebutlah yang dapat memicu terjadinya kondisi keguguran pada ibu hamil. Konsumsi nanas sebaiknya dihindari terutama pada awal awal kehamilan dan dapat dikonsumsi oleh ibu hamil setelah kandungan yang dimilikinya cukup kuat.

  1. Makanan lainya

Selain beberapa makanan yang disebutkan diatas, ada jenis makanan lain yang dipercaya masyarakat sebagai pemicu terjadinya keguguran terutama pada usia kehamilan yang masih muda. Beberapa jenis makanan tersebut diantaranya seperti ikan sembilang, lobster, buah delima, tape singkong, dan mangga kweni.

Itulah beberapa jenis makanan yang menyebabkan keguguran usia 3 bulan yang patut diwaspadai dan dihindari oleh setiap ibu hamil agar tidak mengkonsumsinya. Ibu dapat memilih makanan lain yang memiliki nilai nutrisi sama atau lebih baik dibandingkan makanan diatas. Memperhatikan jenis makanan dan pola makan dapat membantu ibu hamil menjalani kehamilannya dengan lancar dan normal tanpa adanya gangguan kehamilan berarti.