Porsi Makan Durian Untuk Ibu Hamil Dan Aturan Konsumsinya

Makanan merupakan salah satu hal yang harus diperhatikan oleh ibu hamil selama melewati proses kehamilan karena dapat memberikan pengaruh pada kondisi kehamilan. Konsumsi beberapa makanan sehat untuk ibu hamil merupakan keharusan yang patut dilakukan secara konsisten untuk memberikan dampak positif terhadap kesehatan ibu dan perkembangan janin agar berlangsung dengan normal. Selain makanan sehat, ibu hamil juga diwajibkan untuk memahami infomasi mengenai pantangan makanan selama hamil agar tidak memicu munculnya gangguan kehamilan yang membahayakan.

Beberapa jenis makanan seringkali dipertanyakan terkait dengan apakah makanan tersebut merupakan makanan sehat dan berefek positif bagi kehamilan atau masuk ke dalam pantangan makanan ibu hamil yang harus dihindari. Salah satu makanan yang sering menimbulkan pertanyaan terkait dengan keamanannya untuk dikonsumsi oleh ibu hamil adalah buah durian.

Buah durian merupakan salah satu jenis buah yang dikenal dengan sebutan king of fruit atau raja dari segala macam buah karena rasanya enak dan harganya yang relatif lebih mahal. Nama tumbuhan tropis yang berasal dari wilayah asia tenggara ini, diambil dari bentuk permukaan buahnya yang berduri sehingga disebut sebagai durian. Buah durian merupakan salah satu buah yang masuk dalam kategori kontroversial karena meskipun banyak yang menyukainya tetap banyak juga orang yang durian dan  bahkan muak dengan rasa mapun aromanya yang sangat menyengat.

Secara umum, tidak ada larangan ibu hamil makan durian terutama bagi mereka yang usia kehamilannya sudah diatas trimester pertama. Meskipun tidak ada larangan terhadap konsumsi durian saat hamil, tetap harus perhatikan porsi makan durian untuh ibu hamil dan beberapa hal yang harus dilakukan ketika konsumsi durian agar tidak memicu timbulnya bahaya durian untuk ibu hamil yang harus dihindari. Berkaitan dengan jumlah durian yang dapat dikonsumsi, berikut ini penjelasan mengenai porsi makan durian untuk ibu hamil tersebut.

Aturan Konsumsi Durian Dan Porsinya Bagi Ibu Hamil

Untuk mencegah ibu hamil mengalami efek samping pada saat mengkonsumsi buah durian, maka ada beberapa hal yang harus diperhatikan oleh ibu hamil ketika mengkonsumsi buah durian berkaitan dengan aturan konsumsi dan porsi yang diperbolehkan adalah sebagai berikut ini.

  • Konsumsi buah durian dalam jumlah yang sedikit (hanya beberapa butir saja).
  • Bagi ibu hamil muda, konsumsi buah durian hanya berkisar antara 1 – 2 butir karena usia kehamilan trimester pertama merupakan masa paling rentan terhadap keguguran maupun gangguan kehamilan lain.
  • Minum air putih dalam jumlah yang banyak setelah mengkonsumsi buah durian untuk membantu menetralisir efek sampingnya.
  • Konsumsi buah durian dalam bentuk olahan segar tanpa pengawet untuk menghindari efek samping durian dari buah aslinya.
  • Mengkonsumsi susu, air kelapa, kopi, alkohol, dan minuman bersoda setelah makan durian merupakan hal yang dilarang serta wajib untuk dihindari.

Manfaat Durian Untuk Ibu Hamil

Seperti dalam penjelasan diatas, bahwa durian aman dikonsumsi dan dapat memberikan manfaat bagi ibu hamil jika proses konsumsinya dilakukan dengan benar dan sesuai dengan kondisi yang dijelaskan pada bagian aturan konsumsi durian. Beberapa manfaat yang dapat diperoleh ibu hamil dari konsumsi durian diantaranya adalah sebagai berikut ini :

  • Membantu mencegah terjadinya anemia pada ibu hamil, Kandungan asam folat dan vitamin B9 dapat membantu tubuh memproduksi sel darah merah sehingga mampu mencegah terjadinya resiko anemia pada ibu hamil.
  • Memperlancar saluran pencernaan, kandungan serat pada buah durian dan beberapa nutrisi lainnya dapat membantu memperlancar sistem pencernaan pada ibu hamil.
  • Membantu mencegah terjadinya migarin pada ibu hamil, kandungan iboflavin atau vitamin B2 dapat membantu mencegah ibu hamil mengalami kondisi migrain yang dapat menganggu kesehatannya.
  • Beberapa manfaat lain, seperti membantu menjaga kesehatan kulit dan persendian, menjaga kesehatan tiroid, meredakan stres dan membantu mengatasi depresi, serta mampu membantu menjaga nafsu makan pada ibu hamil.

Bahaya Durian Untuk Ibu Hamil

Mengkonsumsi durian bagi ibu hamil harus benar benar memperhatikan porsi dan aturan makannya agar tidak menimbulkan kondisi yang membahayakan bagi kehamilan. Meskipun durian aman dikonsumsi oleh ibu hamil dalam takaran yang pas, ada beberapa resiko yang dapat muncul sebagai efek samping durian diantaranya adalah sebagai berikut.

  • Keguguran, kondisi yang termasuk kedalam bahaya durian bagi ibu hamil merupakan keadaan yang paling diwaspadai oleh ibu hamil sehingga bagi ibu dengan usia kehamilan yang masih di trimester pertama sebaiknya tidak terlalu banyak mengkonsumsi durian karena resiko kegugurannya jauh lebih besar dibandingkan usia kehamilan lanjut.
  • Diabetes gestational, kandungan glukosa yang cukup tinggi dalam buah durian dapat menyebabkan ibu hamil mengalami gestational diabetes yang didukung juga oleh peningkatan kadar gula pada proses kehamilan.
  • Preeklampsia, durian dapat menyebabkan ibu hamil mengalami hipertensi sehingga meningkatkan resiko terjadinya preeklampsia. Resiko preeklampsia ini semakin meningkat pada ibu hamil yang memiliki riwayat tekanan darah tinggi dan hiperkolesterol.

Itulah beberapa informasi yang perlu diperhatikan dalam hal porsi makan durian untuk ibu hamil agar tidak menimbulkan efek samping berbahaya terutama bagi kondisi janin yang ada didalam kandungan ibu hamil.