Bolehkah Ibu Hamil Muda Makan Sate Ayam Dan Adakah Bahayanya ?

Selama menjalani masa kehamilan yang setidaknya akan terjadi selama kurang lebih 40 minggu sebelum datangnya proses persalinan, ibu hamil perlu mempehatikan setiap kondisi, aktivitas, serta makanan yang dikonsumsinya mengingat beberapa hal tertentu dapat memberikan dampak buruk bagi kondisi ibu hamil dan janin yang berada di dalam kandungannya. Memperhatikan setiap hal yang terjadi juga sangat diperlukan mengingat kondisi ibu hamil lebih rentan terhadap permasalahan kesehatan.

Sikap hati hati dan penuh pertimbangan yang harus dijalani oleh ibu hamil tersebut terutama harus dilakukan pada saat usia kehamilan masih muda. Perhatian yang lebih pada usia kehamilan muda tersebut perlu dilakukan karena pada awal awal kehamilan keadaan ibu yang cukup banyak mengalami perubahan akibat proses berkembanganya janin di dalam kandungan akan sangat rentan terhadap berbagai macam gangguan kesehatan ataupun gangguan kehamilan yang mengarap pada dampak yang paling buruk yakni keguguran.

Salah satu hal yang perlu diperhatikan oleh setiap ibu hamil tersebut adalah terkait makanan yang dikonsumsinya. Di usia kehamilan muda, beberapa jenis makanan tertentu ternyata dapat memberikan dampak buruk bagi kondisi kehamilan sehingga pemahaman ibu hamil sangat diperlukan. Berikut ini beberapa penjelasan mengenai bolehkah ibu hamil muda makan sate ayam sebagai salah satu jenis makanan yang banyak diragukan oleh ibu hamil sebelum mengkonsumsinya dalam penjelasan di bawah.

Bolehkah Ibu Hamil Muda Makan Sate Ayam ?

Mengkonsumsi makanan sehat untuk ibu hamil dapat membantu memenuhi kebutuhan nutrisi harian pada ibu hamil demi berlangsungnya kehamilan yang berjalan dengan baik. Jenis makanan yang dikonsumsi ibu juga perlu diperhatikan mengingat adanya pantangan makanan ibu hamil yang sebenarnnya tidak sepenuhnya benar namun dapat beresiko menimbulkan dampak berbahaya sehingga perlu untuk diperhatikan dan dihindari oleh ibu hamil pada usia kehamilan terutama pada awal awal.

Sate merupakan makanan olahan daging ayam yang dibakar menggunakan arang dalam tusukan tusukan yang di sajikan menggunakan bumbu kacang. Dalam proses pembakaran sate, suhu arah hanya menghasilkan temperatur yang kecil sehingga daging ayam yang di sate lebih terlihat tidak terlalu matang. Tidak matangnya daging pada sate ayam tersebut cukup beresiko bila dikonsumsi oleh ibu hamil. Melalui ulasan yang dijelaskan tersebut diketahui bahawa konsumsi sate ayam pada ibu hamil muda sebaiknya dihindari.

Meskipun disarankan untuk dihindari dalam penjelasan mengenai bolehkah ibu hamil muda makan sate ayam diatas, ibu hamil yang sudah terlanjur memiliki keinginan tinggi mengkonsumsi sate dapat melakukannya dalam jumlah yang tidak berlebihan dan dapat memastikan bahwa sate yang akan dikonsumsi suhu pemanasannya kurang lebih 75 derajat celcius dan kondisi daging ayam benar benar matang. Untuk lebih amannya, ibu hamil dapat mengolah sendiri sate yang akan dikonsumsi.

Bahaya Konsumsi Sate Ayam Pada Ibu Hamil Muda

Seperti dalam penjelasan diatas diketahui bahwa daging ayam yang belum matang menjadi kondisi yang dapat membahayakan ibu hamil. Beberapa bahaya yang dapat muncul dari konsumsi daging yang tidak dapat dipastikan matang oleh ibu hamil adalah adanya bakteri berbahaya pada daging belum matang tersebut yang diantaranya seperti :

  1. E. Coli, bakteri yang sebenarnya secara alami terdapat di dalam saluran cerna dengan kondisi yang dapat berbahaya ketika jumlah bakteri tersebut di dalam tubuh terlalu banyak karena dapat menyebabkan terjadinya diare berdarah, kram perut, dan lain sebagainya. E. Coli dapat masuk kedalam janin melalui peredarah darah ibu hamil sehingga beresiko menimbulkan kondisi keguguran, dan cacat janin.
  2. Toksoplasmosis, penyakit toksoplasma menjadi salah satu bentuk masalah kesehatan yang banyak ditakuti terjadi pada kehamilan. Toksoplasma tersebut dapat terjadi ketika tubuh ibu hamil terinfeksi bakteri toksoplasmosis yang ada di dalam daging sate ayam. Menghindari konsumsi sate ayam maupun makanan dengan tingkat kematangan daging yang belum dapat dipastikan dapat  membantu ibu hamil terhindar dari berbagai macam masalah kesehatan.
  3. Salmonella, jenis bakteri lainnya yang dapat terkandung di dalam daging ayam belum matang adalah salmonella. Infeksi bakteri ini dapat menyebabkan keracunan makanan yang berbahaya karena memicu terjadinya gejala seperti diare, kram perut, mual, muntah, sakit kepala hingga mengigil, serta menyebabkan penyakit tifus yang tentunya berbahaya bagi kesehatan ibu hamil maupun janin.
  4. Listeria, bakteri yang sering ditemukan pada air tercemar ini juga dapat ditemukan pada daging yang belum matang dalam hidangan sate ayam. Infeksi bakteri listeria pada ibu hamil muda dapat memicu terjadinya keguguran, kelahiran prematur, dan kondisi janin yang juga terinfeksi.

Itulah beberapa penjelasan mengenai bolehkah ibu hamil muda makan sate ayam dalam ulasan diatas. Seperti diketahui, konsumsi sate ayam bagi ibu hamil muda sebaiknya dihindari dan tidak dilakukan ketika memang daging sate tidak dapat dipastikan matang sempurna karena adanya resiko infeksi beberapa jenis bakter di dalam sate ayam tersebut. Daging mentah dalam olahan sate merupakan salah satu pantangan makanan ibu hamil yang patut dihindari.