7 Manfaat Jagung Untuk Wanita Hamil Yang Penting Diketahui

Makanan yang dikonsumsi oleh wanita hamil selalu menjadi salah satu hal yang penting untuk diperhatikan baik pola maupun jenisnya. Selama menjalani masa kehamilan, wanita hamil tidak boleh sembarangan dalam mengkonsumsi makanan apapun mengingat di dalam kandungannya ada janin yang berkembanga dan tumbuh. Kondisi untuk memperhatikan pola makan tersebut berlangsung sepenuhnya dari sejak awal proses kehamilan hingga menjelang persalinan sebagai akhir dari masa kehamilan yang kurang lebih berlangsung selama 40 minggu.

Berkaitan dengan makanan tersebut, ada beberapa jenis bahan pangan yang dapat dikonsumsi oleh wanita hamil dengan dampak positifnya bagi proses kehamilan. Salah satu bahan makanan yang dapat memberikan manfaat positif terhadap proses kehamilan tersebut adalah jagung. Untuk dapat memahami lebih jauh mengenai manfaat dan dampak positif yang dapat diberikan oleh salah satu sumber karbohidrat alternatif tersebut, perhatikan beberapa manfaat jagung untuk wanita hamil yang dijelaskan dalam uraian di bawah ini.

1. Sumber karbohidrat bagi wanita hamil

Manfaat pertama dari jagung untuk wanita hamil adalah sebagai sumber karbohidrat alternatif selain nasi. jagung dapat membantu mengaja nutrisi ibu hamil dalam hal ini karbohidrat agar selalu terpenuhi. Konsumsi jagung bisa mengantikan nasi untuk beberapa wanita hamil yang tiba tiba tidak suka mengkonsumsi nasi. Bukan hanya tidak suka, terkadang ada kondisi wanita hamil yang ketika mengkonsumsi nasi dapat mengalami kondisi mual dan muntah lebih parah.

2. Membantu mencegah dan mengatasi anemia

Kondisi anemia merupakan salah satu permasalahan kesehatan yang dapat terjadi pada wanita hamil. Anemia menjadikan kondisi tubuh ibu hamil lemas dan lemah serta beberapa dampak lainnya akibat kurangnya sel darah merah. Kondisi anemia tentu menjadi keadaan yang tidak diharapkan terjadi pada ibu hamil. Salah satu cara untuk dapat membantu dalam mencegah dan mengatasi anemia adalah dengan mengkonsumsi jagung. Kandungan zat besi dan vitamin B yang ada di dalam jagung merupakan nutrisi yang dapat membantu mencegah dan mengatasi anemia pada ibu hamil.

3. Mencegah bayi lahir dengan cacat fisik

Salah satu manfaat jagung untuk wanita hamil yang penting untuk proses kehamilan lainnya adalah membantu dalam mencegah terjadinya kondisi cacat fisik pada bayi. Manfaat tersebut diperoleh karena adanya kandungan asam folat di dalam jagung. Asam folat merupakan salah satu bentuk nutrisi yang sangat penting untuk dipenuhi selama proses kehamilan. Manfaat asam folat untuk ibu hamil selain membantu dalam mencegah cacat fisik juga penting untuk proses perkembangan janin.

4. Berat badan janin yang terjaga

Berat badan yang dimiliki oleh janin juga sangat penting untuk dijaga agar tetap stabil dan memiliki kondisi yang ideal. Berat badan janin yang terlalu rendah dapat berbahaya untuk kesehatan dan perkembangannya, sedangkan berat badan yang terlalu tinggi dapat menyebabkan kondisi proses persalinan yang menjadi sulit. Untuk membantu dalam menjaga kestabilan berat badan janin tersebut adalah dengan mengkonsumsi jagung sebagai salah satu sumber karbohidrat pengganti nasi.

5. Memelihara kesehatan jantung wanita hamil

Jantung merupakan salah satu organ penting yang sangat vital fungsi dan perannya bagi tubuh. Kondisi kesehatan jantung harus dapat dijaga dengan baik dan tidak mengalami permasalahan. Penyakit atau permasalahan kesehatan yang dapat terjadi pada jantung tentu sangat berbahaya bahkan penyakit jantung menjadi salah satu pembunuh terbesar di dunia hingga saat ini. Jagung dikonsumsi untuk dapat membantu menjaga agar kondisi kesehatan jantung tetap optimal dan tidak mudah mengalami kondisi permasalahan. Manfaat tersebut dapat terjadi karena memang jagung memiliki kandungan kalium yang tinggi.

6. Mencegah permasalahan pada saluran pencernaan

Selama menjalani proses kehamilan, setiap ibu hamil tentu memiliki kondisi yang rentan terhadap munculnya permasalahan kesehatan terutama pada saluran pencernaan. Salah satu bentuk permasalahan pencernaan yang dapat terjadi pada ibu hamil adalah kondisi sembelit atau sulit buang air besar. Jika pada orang normal biasa, sembelit sudah menyebakan keadaan yang kurang nyaman apalagi bagi ibu hamil. Untuk dapat membantu mengatasi masalah tersebut maka konsumsi jagung yang mengandung serat dapat dilakukan.

7. Manfaat jagung lainnya untuk wanita hamil

Selain beberapa manfaat yang disebutkan diatas, ada dampak positif jagung bagi wanita hamil. Beberapa dampak positif lain jagung bagi wanita hamil diantaranya seperti mengontrol kadar gula darah wanita hamil agar tidak mengalami gestational diabetes, membantu memperlancar perkembangan otak janin, sumber energi bagi tubuh wanita hamil, serta mendukung perkembangan tulang dan otot pada janin.

Itulah beberapa penjelasan mengenai manfaat jagung untuk wanita hamil yang perlu diperhatikan dengan baik. Dengan adanya dampak positif yang disebutkan diatas tersebut, wanita hamil memang sebaiknya banyak mengkonsumsi jagung baik sebagai alternatif pengganti nasi maupun sebagai makanan pendamping untuk membantu memenuhi kebutuhan nutrisi pada wanita hamil.