10 Makanan Yang Baik Untuk Ibu Hamil Agar Tetap Sehat Dan Normal Kehamlannya

Setiap ibu hamil tentu memiliki harapan untuk dapat melalui kehamilan dengan jalan yang normal serta lancar. Dengan kondisi tersebut menjadikan janin di dalam kandungan dapat memiliki perkembangan yang sehat dan normal sesuai usia kehamilan yang dilewati. Demi mendapatkan keadaan yang diharapkan oleh setiap ibu hamil itu maka harus ada usaha yang sebaiknya dilakukan serta diperhatikan secara konsisten selain memeriksakan kondisi kehamilannya rutin setiap bulannya.

Salah satu dari usaha yang perlu dilakukan oleh ibu hamil tersebut adalah memenuhi kebutuhan nutrisi ibu hamil yang sangat dibutuhkan dalam setiap proses perkembangan kehamilan. Pemenuhan nutrisi pada ibu hamil tersebut dapat dilakukan melalui konsumsi makanan sehat dan bergizi. Berikut beberapa contoh makanan yang baik untuk ibu hamil agar proses kehamilan berlangsung dengan sehat, lancar, dan normal serta terhindar dari berbagai acaman gangguan kehamilan dalam penjelasan di bawah ini.

1. Sayur Bayam

Ibu hamil memang harus banyak mengkonsumsi sayuran dan buah buahan sebagai salah satu menu sehatnya. Sayuran yang disarankan sebagai makanan yang baik untuk ibu hamil salah satunya adalah bayam. Sayuran bayam memiliki kandungan folat, zat besi, dan kalsium yang sangat dibutuhkan oleh tubuh ibu hamil selama menjalani proses kehamilan. Agar nutrisinya terjaga, konsumsi bayam dengan membuat jus merupakan pilihan yang tepat.

2. Aneka Ikan

Protein menjadi nutrisi yang harus dipenuhi oleh ibu hamil yang salah satunya dapat diperoleh dari aneka ikan seperti tuna dan salmon. Selain kandungan protein, omega – 3 yang terdapat di dalam ikan tersebut juga sangat baik untuk pertumbuhan dan perkembangan janin di dalam kandungan. Ikan merupakan salah satu makanan yang dapat dikonsumsi untuk menjadikan anak sehat dan pintar.

3. Daging

Sumber protein lain yang juga sebaiknya dikonsumsi oleh ibu hamil adalah daging. Daging memiliki kandungan zat besi yang merupakan salah satu nutrisi penting bagi proses perkembangan janin di dalam kandungan. Daging juga dapat membantu ibu hamil terhindar dari masalah anemia pada ibu hamil yang kerap kali terjadi selama proses kehamilan.

4. Telur

Makanan yang baik untuk ibu hamil lainnya adalah telur yang merupakan sumber protein hewani. Telur baik untuk ibu hamil karena kandungan protein dan nutrisi lainnya yang dapat membantu memenuhi kebutuhan nutrisi ibu hamil selama proses kehamilan. Kandungan kolin di dalam telur dapat membantu meningkatkan perkembangan otak janin. Konsumsi telur harus dalam keadaan matang, hindari konsumsi mentahnya.

5. Sereal

Jika ibu hamil malas untuk mengkonsumsi makanan berat di pagi hari, maka dapat memiliki sarapan dengan sereal ditambah dengan beberapa buah dan jus sayur. Sereal kaya akan serat dan nutrisi lainnya yang baik bagi ibu hamil. Namun, perhatikan jumlah gula maupun garam yang ditambahkan dalam sereal agar tida berlebihan.

6. Kacang kacangan

Jenis makanan lain yang sebaiknya dikonsumsi oleh ibu hamil adalah kacang kacangan. Beraneka ragam kacang dapat dikonsumsi sebagai camilan selama menjalani kehamilan. Kacang kacangan memiliki kandungan nutrisi yang baik untuk ibu hamil seperti asam folat dan vitamin B yang baik untuk pertumbuhan janin. Namun perhatikan bagi yang memiliki alergi terhadap kacang untuk menghindarinya.

7. Ubi

Sumber karbohidrat selain nasi yang dapat dikonsumsi oleh ibu hamil ketika malas atau bosan makan nasi adalah ubi. Ubi kaya akan vitamin A yang  baik untuk membantu pertumbuhan saraf saraf janin di dalam kandungan. Selain itu, ubi dengan rasa manis dan gurihnya tersebut juga dapat bersifat sebagai asi booster yang dapat dikonsumsi ibu hamil diakhir masa kehamilan dalam persiapannya untuk menyusui nanti.

8. Kentang

Selain ubi, kentang juga dapat dikonsumsi oleh ibu hamil sebagai alternatif karbohidrat yang lain. Selain karbohidrat, makanan yang kerap kali di jadikan salah satu menu diet ini juga memiliki nutrisi penting lain seperti beta karoten, vitamin B6, vitamin C, kalsium, dan zat besi.

9. Buah buahan

Ibu hamil dapat mengkonsumsi buah apapun yang disukainya selama tidak berlebihan dan sebaiknya memiliki buah segar bukan buah kering atau buah yang diawetkan. Buah buahan sangat baik untuk memenuhi kebutuhan harian vitamin bagi ibu hamil yang tentunya lebih banyak dibandingkan pada saat tidak hamil. Dengan vitamin yang tercukupi maka tubuh ibu hamil tidak akan mudah sakit termasuk janin di dalam kandungannya.

10. Produk susu

Produk susu dan turunannya juga dapat dikonsumsi sebagai makanan yang baik untuk ibu hamil. Susu segar, yoghurt, maupun keju merupakan sumber protein, zat besi, dan gizi lainnya yang baik untuk ibu hamil. Khusus untuk keju, sebaiknya ibu hamil memilah keju mana saja yang dapat dikonsumsi dan mana yang tidak.

Itulah beberapa jenis makanan yang baik untuk ibu hamil dalam membantu menjadikan setiap proses kehamilan dan perkembangan janin berjalan dengan lancar serta normal. Makanan yang disebutkan diatas dapat dikonsumsi dan diolah dengan baik oleh ibu hamil sendiri.