Pantangan Makanan Bagi Ibu Hamil Yang Hipertensi Untuk Menghindari Dampak Bahayanya

Menjaga kehamilan dari kondisi yang dapat menimbulkan dampak buruk terhadap janin di dalam kandungan merupakan salah satu bentuk tugas dan tanggung jawab yang harus dilakukan oleh ibu hamil. Kondisi kehamilan yang terjaga kesehatannya tentu sangat penting diperlukan agar selama masa kehamilan yang kurang lebih berlangsung 40 minggu tersebut dapat berjalan sebagaimanan mestinya dan tentunya perkembangan janin dapat berjalan lancar sesuai usia kehamilan.

Dalam menjalani kondisi kehamilan, seorang ibu hamil pasti akan mengalami berbagai macam bentuk perubahan sebagai kondisi yang normal terjadi dan merupakan tanda kehamilan. Kondisi perubahan perubahan pada tubuhnya tersebut merupakan keadaan yang secara normal akan terjadi akibat adanya penyesuaian dengan perubahan dalam aktivitas perkembangan kehamilan. Selain bentuk perubahan, terkadang seorang ibu hamil memiliki kondisi yang sudah ada sejak sebelum hamil dan berpengaruh pada kondisi kehamilan.

Salah satu bentuk kondisi tersebut adalah keadaan dimana ibu hamil memiliki riwayat hipertensi. Hipertensi merupakan keadaan yang cukup berbahaya bagi ibu hamil karena dapat memicu salah satu gangguan kehamilan yang paling berbahaya yakni preeklampia. Untuk menjaganya tetap stabil, maka ibu hamil dapat melakukan upaya dengan menghindari beberapa pantangan makanan bagi ibu hamil yang hipertensi dalam ulasan dan penjelasan yang diberikan pada urian di bawah ini.

  1. Makanan dalam kemasan

Jenis makanan pertama yang termasuk dalam pantangan makanan ibu hamil penderita hipertensi adalah makanan dalam kemasan. Makanan siap saji yang dikemas dan diawetkan dalam kondisi beku seperti pizza beku, roti canai beku, dan lain sebagainya ternyata dibuat dengan kandungan garam lebih tinggi dari makanan yang diolah dalam kondisi fresh. Adanya kandungan garam tinggi tersebut dapat menyebabkan peningkatan kadar natrium di dalam darah yang akan memicu kondisi hipertensi semakin lebih parah. Selain makanan beku, makanan dalam kemasan kaleng, saus dan lain sebagainya juga dibuat dengan kandungan garam lebih tinggi.

  1. Makanan dengan kandungan lemak trans

Pantangan makanan bagi ibu hamil yang hipertensi selanjutnya adalah makanan dengan kandungan lemak trans tinggi dan lemak jenuh. Makanan dengan kandungan lemak yang tidak sehat dapat meningkatkan kadar lemak jahat di dalam darah sehingga dapat menimbulkan kondisi lebih parah pada ibu hamil penderita hipertensi. Adanya peningkatan lemak di dalam darah pada penderita hipertensi juga semakin meningkatakn resiko terjadinya jantung koroner yang merupakan komplikasi berbahaya bagi penderita tekanan darah tinggi.

  1. Makanan dengan kandungan kafein tinggi

Kafein merupakan senyawa atau zat yang dapat meningkatkan tekanan darah sehingga harus dihindari oleh ibu hamil yang sudah menderita hipertensi agar tidak semakin parah. Kondisi hipertensi  yang semakin parah pada ibu hamil dapat mengatahkannya kepala salah satu gangguan kehamilan yang paling berbahaya yakni preeklampsia. Makanan yang tinggi kafein tersebut biasanya seperti kue dengan rasa kopi, minuman kopi itu sendiri, minuman teh, dan soda atau makanan yang dibuat dengan tambahan soda.

  1. Acar sayuran

Acar sayuran seringkali digunakan sebagai salah satu pelengkap dalam beberapa jenis makanan seperti nasi gorong, mie goreng, mie ayam, dan berbagai olahan yang sering disebut sebagai chinese food. Acar sayuran ternyata menjadi salah satu pantangan makanan ibu hamil yang hipertensi karena acar dibuat dengan ditambahkan garam dalam jumlah yang cukup banyak. Seperti yang dijelaskan diatas, konsumsi garam terlalu banyak dapat berbahaya bagi penderita hipertensi dalam kehamilan karena dapat meningkatkan tekanan darah.

  1. Ikan dan seafood yang diasinkan

Ikan asin menjadi salah satu menu favorit traditional yang sering di sajikan dengan sambal. Ikan asi dan makanan laut lain yang diasinkan tentu memiliki kadar garam yang lebih tinggi dibandingkan ikan serta seafood fresh pada umumnya. Konsumsi makanan dengan kandungan garam tinggi tersebut tentu semakin menimbulkan dampak buruk bagi ibu hamil sebagai penderita hipertensi. Tingginya tekanan darah pada ibu hamil harus dihindari mengingat adanya banyak dampak buruk dari keadaan tersebut.

  1. Mie instan

Mie instan menjadi salah satu jenis makanan favorit di masyarakat karena kepraktisannya dalam proses pembuatannya. Mie instan harus juga dihindari oleh ibu hamil yang menderita hipertensi karena kandungan garam, lemak, dan kalorinya yang tinggi. Lemak dan kalori pada mie instan dapat menjadikan berat badan tidak terjaga sehingga memperparah kondisi hipertensi. Selain karena meningkatkan tekanan darah, mie instan dengan kandungan pengawetnya tentu menjadi makanan yang tidak sehat untuk ibu hamil dan sebaiknya dihindari.

Itulah beberapa jenis pantangan makanan ibu hamil yang hipertensi dan dapat menjadi pertimbangan untuk tidak dikonsumsi. Ibu hamil dengan kondisi riwayat hipertensi harus benar benar menjaga tekanan darahnya agar tidak melonjak mengingat adanya banyak bahaya dari kondisi ibu hamil tersebut termasuk dapat menyebabkan terjadinya preeklampsia. Selain menjaga pola makan, menjalani gaya hidup sehat juga perlu dilakukan untuk menjaga agar tekanan darah ibu hamil tidak melonjak naik.