Terlanjur Makan Tape Saat Hamil Muda: Bahaya atau Tidak dan Tips untuk Ibu

Berbagai larangan ibu hamil trimester pertama terkadang juga harus dipatuhi sampai ibu melahirkan. Salah satu larangan yang sangat jelas untuk ibu hamil adalah untuk tidak makan tape. Tape adalah jenis makanan yang diolah dengan bantuan ragi untuk proses fermentasi. Proses inilah yang akan menyebabkan tape masak sempurna, manis dan mengandung alkohol. Sensasi alkohol dalam tape biasanya membuat ibu makan tape terus menerus. Tapi bagaimana jika terlanjur makan tape saat hamil muda? Apakah ini kondisi yang berbahaya atau tidak dan bagaimana tips untuk ibu. Jangan khawatir, Anda bisa menemukan jawabannya dibawah ini.

Bahaya atau Tidak

Adanya bahaya tape untuk ibu hamil memang sudah dibuktikan secara medis. Tape mengandung alkohol dalam proses fermentasi pematangan tape. Alkhol bisa menyebabkan dampak yang serius untuk janin. Terlebih karena ibu baru hamil muda maka sebenarnya masih membutuhkan perhatian yang banyak. Alkohol bisa menyebabkan masalah untuk perkembangan janin. Resiko mengkonsumsi tape yang banyak juga lebih berat seperti: penyebab bayi lahir cacat, adanya kondisi kelainan pada janin karena pengaruh alkohol, masalah perilaku anak dan adanya penyakit hati pada ibu dan janin. Tapi semua bahaya ini paling banyak disebabkan karena konsumsi alkohol dalam bentuk minuman dan jumlah yang lebih banyak. Sementara jika ibu hanya makan tape sedikit maka itu biasanya tidak berbahaya, asalkan ibu menjaga kesehatan setelah itu.

Tips untuk Ibu

  1. Melakukan pemeriksaan antenatal care.

Setelah ibu terlanjur makan tape maka cobalah langsung melakukan pemeriksaan ke dokter kandungan Anda. Meskipun itu diluar jadwal maka tetap lakukan pemeriksaan. Tujuan pemeriksaan ini adalah ibu akan mendapatkan pemeriksaan melalui interview medis dengan dokter, pemeriksaan fisik ibu dan pemeriksaan fisik janin dengan alat seperti USG.

  1. Lebih banyak istirahat

Setelah ibu makan tape maka biasanya membuat tubuh ibu tidak nyaman. Mungkin ibu merasa lelah dan khawatir. Jika ibu mengalami ini maka cobalah untuk banyak istirahat. Hindari bekerja dengan banyak berdiri atau duduk yang terlalu lama. Jaga janin ibu dengan cara tidak banyak mengangkat beban berat.

  1. Minum suplemen ibu

Anda mungkin khawatir jika tape bisa menjadi penyebab bayi lahir cacat karena kehamilan ibu memang masih sangat muda. Namun ibu tidak perlu khawatir dan bisa mencoba mengatasi masalah ini dengan mengkonsumsi suplemen untuk ibu hamil. Hanya saja karena sedang hamil maka suplemen untuk penguat dan pendukung pertumbuhan janin harus diberikan oleh dokter. Ikuti semua resep dokter dan pastikan janin Anda baik-baik saja.

  1. Cepat tanggap dengan kesehatan

Setelah ibu makan tape dan merasa perut atau tubuh tidak nyaman maka segera tanggap dengan kondisi ini. Mungkin saja ini adalah efek jangka pendek. Anda bisa mencoba untuk minum banyak air. Alkohol yang masuk ke dalam darah ibu mungkin sudah terbawa sampai ke janin. Untuk menetralkan masalah ini maka minum banyak cairan seperti air putih biasa.

  1. Konsumsi makanan yang sehat

Untuk mencegah efek tape yang sudah masuk ke dalam tubuh maka ibu juga harus mengkonsumsi makanan yang sehat. Perbanyak mengkonsumsi makanan yang mengandung serat sehingga semua racun dalam tubuh ibu bisa keluar melalui saluran sekresi. Ibu juga bisa mengkonsumsi makanan yang mengandung protein tinggi untuk menunjang pertumbuhan janin dalam kandungan seperti protein nabati dan hewani.

Jadi jika terlanjur makan tape saat hamil muda, maka ibu harus mempertimbangkan bahaya yang mungkin terjadi. Jika ibu makan banyak tape maka segera pergi ke dokter untuk mendapatkan solusi medis yang tepat. Jika ibu hanya makan sedikit maka itu biasanya tidak apa-apa, meskipun ibu tetap harus waspada dengan kondisi kesehatan setelah itu.