Jenis Makanan Tambahan Ibu Hamil Kurang Energi Kronis Yang Efektif

Setiap ibu hamil tentu perlu mengusahakan beberapa hal selama masa kehamilan agar setiap proses yang terjadi dapat berjalan normal sesuai dengan keadaan yang semestinya termasuk dalam hal kesehatan ibu dan juga perkembangan janin di dalam kandungan. Selain mengusahakan agar proses kehamilan dapat berjalan dengan normal. upaya yang dilakukan juga diharapkan dapat mampu menghindarkan ibu dari kondisi terjadinya gangguan kehamilan yang dapat berdampak buruk.

Salah satu dari beberapa usaha penting yang harus dilakukan oleh setiap ibu hamil adalah memastikan terpenuhinya segala kebutuhan nutrisi ibu hamil dari sejak awal kehamilan hingga terjadinya proses persalinan dimana bayi akan terlahit. Dalam memenuhi kebutuhan nutrisi tersebut, ibu dapat mengkonsumsi beberapa jenis makanan yang menyehatkan dan memiliki kandungan gizi yang memang dibutuhkan oleh ibu lebih banyak berkali kali lipat dibandingkan pada saat ibu belum hamil.

Kondisi ibu hamil yang tidak mampu memenuhi kebutuhan nutrisi ibu hamil akibat dari kurangnya makanan yang dikonsumsi atau jenis makanan yang dipilih tidak tepat tentu akan dapat memberikan pengaruh yang buruk bagi kesehatan ibu dan janin serta proses demi proses perkembangan janin. Untuk menghindari kondisi ibu kekurangan nutrisi dan energi kronis tersebut dapat dilakukan beberapa usaha yang salah satunya dengan mengkonsumsi makanan tambahan. Berikut ini beberapa makanan tambahan ibu hamil kurang energi kronis yang perlu diperhatikan dalam uraian di bawah.

Mengenal KEK (Kurang Energi Kronis) Pada Ibu Hamil

Sebelum membahan makanan tambahan yang dapat diberikan untuk mengatasi kondisi ibu hamil kurang energi kornis maka pembahasan awal akan menjelasakan mengenai pemahan kondisi KEK tersebut. KEK dapat didefinisikan sebagai kondisi tubuh ibu hamil yang kekurangan energi maupun nutrisi dan dapat berdampak buruk pada bayi di dalam kandungan. Kondisi KEK pada ibu hamil dapat disebabkan oleh kurangnya nutrisi yang dikonsumsi, penyakit tertentu, nafsu makan ibu hamil yang hilang, serta usia dari ibu hamil tersebut.

Makanan Tambahan Ibu Hamil Kurang Energi Kronis

Seperti dalam penjelasan diatas, KEK merupakan keadaan ibu hamil yang kurang energi dan nutrisi selama terus menerus, Untuk mengatasi kondisi tersebut tentu salah satu cara terbaik adalah dengan memberikan asupan atau makanan tambahan. Berikut ini beberapa makanan tambahan ibu hamil kurang energi kronis tersebut.

  • Biskuit ibu hamil

Tingginya ibu hamil yang mengalami kekurangan energi konik tersebut menimbulkan solusi dari kementrian kesehatan untuk mengeluarkan biskuit ibu hamil sebagai makanan tambahan yang difomulasikan memiliki kandungan yang penting bagi proses kehamilan. Makanan tambahan berupa biskuit sandwich ibu hamil tersebut hanya bisa didapatkan dari puskesmas maupun rumah sakit pemerintahan. Biskuit makanan tambahan ibu hamil tersebut memiliki kandungan nutrisi yang lengkap namun hanya dapat sebagai makanan tambahan dan tetap memerlukan makanan pokok.

  • Makanan tinggi kalori

Jenis makanan selanjutnya yang juga dapat membantu dalam pemenuhan energi ibu menyusui tersebut diantaranya seperti makanan tinggi kalori. Makanan dengan kandungan kalori tinggi tersebut diharapkan mampu mendukung kondisi ibu hamil yang memang kekurangan energi akibat makanan yang tidak banyak terserap atau kurang terpeuhinya makanan sehat untuk ibu hamil. Beberapa jenis makanan tinggi kalori yang dapat dijadikan makanan tambahan bagi ibu hamil diantaranya seperti umbi umbian, kentang, nasi, beras merah, dan lain sebagainya.

  • Makanan tinggi protein

Protein merupakan salah satu jenis nutrisi penting dalam setiap perkembangan dan pembentuk organ pada bayi. Kekurangan protein juga dapat memicu terjadinya kondisi ibu hamil kurang energi kronis atau KEK. Makanan tinggi protein tentu akan membantu mengembalikan kebutuhan energi yang diperlukan oleh ibu hamil dalam setiap aktivitasnya. Jenis protein yang baik bagi ibu hamil diantaranya seperti ikan salmon, ikan makarel, telur, daging merah, daging sapi, kacang kacangan, susu, dan lain sebagainya.. Pemenuhan protein dapat menjadikan kondisi perkembangan janin terjaga.

  • Makanan dengan kandungan zat besi tinggi

Makanan dengan kadar zat besi tinggi yang baik untuk ibu hamil diantaranya seperti sayuran hijau, protein hewani, dan lain sebagainya. Kandungan zat besi yang tinggi dapat membantu menjaga proses pertumbuhan dan perkembangan bayi di dalam kandungan selalu terjaga dengan baik. Zat besi yang dibutuhkan ibu hamil lebih besar beberapa kali lipat dibandingkan dari kondisi normalnya sehingga sering kali menjadi senyawa yang memang kurang pada ibu hamil. Zat besi pada beberapa jenis makanan tersebut juga dapat menjaga berat badan dan penambahannya setiap bulan selalu dalam kondisi yang normal.

Itulah beberapa jenis makanan tambahan yang dapat diberikan kepada ibu hamil dengan kondisi kurang energi kronis. Pemberian makanan tambahan juga harus tetap diberikan juga makanan utama bagi ibu hamil agar kebutuhan nutrisi tetap terpenuhi. Makanan memang menjadi salah satu hal penting yang harus diperhatikan oleh ibu hamil mengingat adanya dampak negatif maupun positif pada setiap makanan yang dikonsumsinya.