Bolehkah Ibu Hamil Minum Kopi Susu Dan Adakah Resikonya ?

Setiap wanita hamil tentu memiliki harapan yang kuat agar kondisi kehamilanya dapat berlangsung secara normal dan perkembangan janin terjaga sesuai dengan usia kehamilan. Keadaan tersebut selalu diharapkan terjadi sejak awal kehamilan hingga datangnya proses persalinan yang akan berlangsung kurang lebih selama 40 minggu. Ibu hamil perlu melakukan berbagai macam usaha yang diperlukan untuk menjaga dan memastikan tidak adanya gangguan kehamilan yang berpengaruh pada kesehatan ibu maupun pada kondisi janin.

Berbagai macam usaha yang perlu diperhatikan oleh ibu tersebut diantaranya seperti menghindari aktivitas yang berat dan memberatkan, menjaga kualitas dan waktu untuk tidur atau beristirahat, berkonsultasi secara rutin dengan dokter terkait perkembangan kehamilan, serta selalu memperhatikan berbagai macam jenis makanan dan minuman yang dapat dikonsumsi oleh ibu hamil. Ada berbagai jenis makanan sehat untuk ibu hamil yang dapat membantu memenuhi nutrisi kehamilan.

Selain makanan dan minuman yang sehat tentu ada beberapa jenis pantangan makanan ibu hamil yang harus diperhatikan dan dihindari. Salah satu jenis minuman yang seringkali menjadi pertanyaan terkait efeknya pada ibu hamil adalah kopi susu. Berikut ini ulasan mengenai jawaban atas pertanyaan bolehkah ibu hamil minum kopi susu dan adakan dampak buruknya bagi kehamilan atau bahkan dapat membantu memberikan manfaat tertentu pada ibu hamil dalam pejelasan di bawah ini.

Bolehkah Ibu Hamil Minum Kopi Susu

Boleh tidaknya konsumsi kopi susu bagi ibu hamil sebenarnya lebih dititik beratkan pada kopi dan sedikit terkait susu. Untuk konsumsi susu, tidak ada larangan ibu hamil yang secara langsung menyebutkan bahwa konsumsi susu dapat menimbulkan bahaya bagi kesehatan maupun perkembangan janin ketika memang jenis susu dan kebersihan minuman tersebut terjamin dengan baik. Bahkan susu dapat bermanfaat dalam membantu memenuhi kebutuhan kalsium yang termasuk sebagai nutrisi ibu hamil paling banyak dibutuhkan.

Sedangkan untuk kopi yang memiliki kandungan kafein memang harus diperhatikan konsumsinya agar tidak berlebihan mengingat kafein di dalam kopi tersebut dapat memberikan pengaruh bagi kondisi janin dan kehamilan yang sedang di jalani ibu hamil. Terkait kedua penjelasan tersebut mengenai kopi dan susu makan jawaban atas pertanyaan bolehkah ibu hamil minum kopi susu sebenarnya boleh asalkan masih dalam batas wajar tertentu dan sebaiknya mengindari minuman kemasan dan lebih mengutamakan minuman kopi susu yang dibuat sendiri.

Ibu hamil tetap dapat mengkonsumsi kopi susu dalam takaran yang tepat terutama untuk jumlah kopinya. Batas maksimal konsumsi kafein yang diperbolehkan bagi ibu hamil selama sehari kurang lebih 200 mg. Ibu harus benar benar menghitung jumlah kafein yang dikonsumsi dengan memperhatikan infomasi jumlah kafein di dalam kemasan kopi agar dapat menghindari dampak yang ada.

Resiko Ibu Hamil Minum Kopi Susu

Seperti dalam penjelasan yang diuraikan diatas, konsumsi kopi susu bagi ibu hamil boleh asalkan tetap dalam batasan yang normal dan tidak berlebihan. Kondisi ini dikarenakan adanya kandungan kafein di dalam kopi yang dapat memberikan dampak resiko berbahaya bagi janin maupun kesehatan ibu hamil. Berikut ini beberapa dampak dan resiko yang dapat muncul dari aktivitas ibu yang mengkonsumsi kopi susu terutama dalam jumlah yang berlebihan dan tidak terkontrol.

  • Tekanan darah tinggi, kandungan kafein di dalam kopi dalam meningkatkan tekanan darah yang memicu resiko terjadinya kondisi hipertensi pada ibu hamil. Hipertensi menjadi salah satu hal yang perlu dihindari oleh ibu hamil karena dapat memicu terjadinya preeklampsia yang berbahaya.  Konsumsi kopi susu bagi ibu hamil harus benar benar diperhatikan terutama untuk mereka yang memiliki riwayat penyakit hipertensi.
  • Permasalahan psikis, kafein di dalam kopi dapat memicu beberapa bentuk permasalahan psikis diantarnaya seperti kecemasan, kecanduan untuk terus mengkonsumsinya kembali, serta resiko terjadinya insomnia bagi ibu hamil yang tentunya dapat berpengaruh buruk pada kesehatannya karena jumlah waktu istirahat yang berkurang.
  • Resiko pada bayi, konsumsi kafein yang berlebihan ternyata dapat berdampak buruk pada kondisi perkembangan bayi. Beberapa dampak buruk tersebut diantaranya seperti keguguran, bayi lahir dengan berat badan yang tidak ideal, bayi lahir prematur. Efek ini terjadi karena kandungan kopi dan kafein yang dicerna oleh tubuh dapat menemus plasenta janin.
  • Permasalahan fisik, kopi juga dapat menimbulkan beberapa permasalahan fisik lain yang tentunya secara tidak langsung dapat berpengaruh negatif pada ibu hamil diantaranya seperti sering buang air kecil, jantung yang berdetak kencang, gangguan pencernaan, migrain, dan terjadinya tremor pada ibu hamil.

Itulah beberapa pembahasan terkait jawaban atas pertanyaan bolehkah ibu hamil minum kopi susu yang perlu diperhatikan dengan baik dan benar mengingat adanya resiko kandungan kafein yang terdapat di dalam kopi bagi ibu hamil dan janin di dalam kandungan. Ibu hamil tetap dapat mengkonsumsi kopi susu asalkan dibuat sendiri dengan takaran kopi yang seminimal mungkin serta tidak dikonsumsi secara  berlebihan atau dalam frekuensi yang terlalu sering.