7 Efek Samping Daun Sirsak Untuk Ibu Menyusui Yang Perlu Diwaspadai

Menjalani kehamilan dengan sehat dan tidak mengalami gangguan kehamilan apapun merupakan harapan tinggi yang diinginkan oleh ibu hamil. Dengan kehamilan yang sehat tanpa gangguan, janin di dalam kandungan ibu hamil dapat berkembang dengan normal. Normalnya perkembangan janin tersebut menjadikan bayi yang nantinya terlahir sebagai keturunan ibu hamil dapat memiliki kondisi fisik maupun psikis yang normal. Untuk mendapatkan kehamilan yang normal dan sehat tersebut, perlu usaha yang dilakukan oleh ibu hamil.

Salah satu usaha yang perlu dilakukan oleh ibu hamil tersebut, mengatur makanan yang dikonsumsinya. Ada banyak makanan sehat untuk ibu hamil yang dapat diprioritaskan demi kondisi kehamilan yang sehat dan janin dapat berkembang secara normal. Makanan juga perlu diperhatikan oleh ibu menyusui untuk membantu terjaganya nutrisi ibu dimana kebutuhan akan nutrisi tersebut penting dalam proses menyusui. Dengan adanya nutrisi, manfaat asi untuk bayi dapat terasa secara maksimal.

Proses perkembangan bayi yang berjalan dengan normal menjadi harapan besar bagi setiap ibu menyusui. Berkaitan dengan makanan, bukan hanyak memiliki makanan sehat namun juga perlu menghindari beberapa pantangan makanan ibu menyusui. Salah satu pantangan makanan yang perlu diperhatikan oleh ibu menyusui karena adanya efek samping adalah daun sirsak. Daun sirsak kerap digunakan untuk mengatasi penyakit atau menjaga kesehatan. Berikut beberapa efek samping daun sirsak untuk ibu menyusui yang perlu diperhatikan dengan baik.

1. Mual dan muntah

Daun sirsak kerap dikonsumsi untuk memberikan manfaat yang positif bagi kesehatan ibu menyusui. Namun dibalik itu semua, ada beberapa efek samping yang beresiko terjadi dari konsumsi daun sirsak. Efek samping pertama yang dapat terjadi para ibu menyusui yang mengkonsumsi daun sirsak secara rutin adalah mual dan muntah. Kondisi mual dan muntah tentu menjadi hal yang akan menyiksa kondisi ibu hamil sehingga patut untuk dihindari.

2. Menyebabkan masalah pada pencernaan

Kandungan serta yang tinggi di dalam daun sirsak dapat menyebabkan munculnya masalah pencernaan. Kondisi tersebut muncul terutama ketika konsumsi daun sirsak dilakukan secara berlebihan. Salah satu masalah pencernaan yang menjadi efek samping konsumsi daun sirsak adalah diare. Kondisi diare menyebabkan ibu menyusui akan memiliki frekuensi buang air besar lebih banyak dengan konsistensi feses yang encer.

3. Meningkatkan jumlah keringat

Bentuk efek samping lain yang dapat muncul dari konsumsi daun sirsak pada ibu menyusui adalah meningkatnya jumlah keringat. Efek samping ini dapat muncul karena daun sirsak dapat meningkatkan suhu di tubuh yang terjadi akibat pembakaran lebih efektif. Munculnya banyak keringat sebenarnya bukan masalah besar namun dapat menyebabkan tubuh yang bau pada ibu menyusui dan terkadang menimbulkan keadaan kurang nyaman.

4. Menurunkan tekanan darah

Penurunan tekanan darah merupakan salah satu bentuk efek samping lain dari daun sirsak yang dapat terjadi pada ibu menyusui. Kondisi penurunan tekanan darah tersebut dapat menyebabkan bahaya bagi ibu menyusui terutama yang memiliki riwayat darah rendah. Efek penurunan tekanan darah tersebut terjadi karena daun sirsak menyebabkan pelebaran pembuluh darah.

5. Menimbulkan masalah pada jantung

Jantung menjadi salah satu organ tubuh yang fungsinya sangat penting. Masalah pada jantung tentu menjadi hal yang patut diwaspadai. Daun sirsak dapat memberikan dampak buruk pada jantung jika dikonsumsi dalam jumlah yang berlebihan. Resiko efek samping terhadap jantung tersebut terjadi pada semua orang yang mengkonsumsi daun sirsak secara berlebihan bukan hanya ibu menyusui.

6. Pembentukan kristal di ginjal

Selain jantung, orang ginjal juga dapat mengalami resiko bermasalah ketika mengkonsumsi daun sirsak dalam jumlah yang besar. Resiko tersebut dapat terjadi karena daun sirsak menyebabkan air seni menjadi jenuh. Kondisi jenuhnya air seni tersebut akan beresiko membentuk kristal di ginjal. Pembentukan kristal di ginjal menyebabkan penderitanya sulit untuk buang air kecil. Untuk mencegah efek samping tersebut, konsumsi daun sirsak dapat dikombinasikan dengan bahan lain yang memiliki efek diuretik.

7. Efek samping daun sirsak untuk ibu menyusui lainnya

Selain beberapa efek samping yang sudah disebutkan diatas, ada beberapa bentuk dampak negatif lain yang beresiko terjadi ketika mengkonsumsi daun sirsak. Beberapa efek samping yang dimaksudkan tersebut diantaranya seperti menyebabkan masalah pada rahim ibu menyusui, beresiko menyebabkan masalah neurologis dan gerak tubuh, memicu infeksi, menghilangkan efek antidepresan, serta dapat meningkatkan resiko terjadinya penyakit parkinson.

Itulah beberapa penjelasan mengenai efek samping daun sirsak untuk ibu menyusui yang perlu diperhatikan dengan baik. Daun sirsak memang dapat memberikan manfaat dan dampak positif bagi proses menyusui serta kondisi kesehatan. Ibu menyusui perlu mewaspadai kondisi efek samping dari daun sirsak untuk ibu menyusui tersebut. Jika terjadi efek samping, ibu menyusui sebaiknya menghentikan konsumsi daun sirsak sebagai bagian dari cara meningkatkan kualitas asi agar manfaat asi untuk bayi maksimal . Beberapa efek samping yang disebutkan diatas terjadi karena konsumsi daun sirsak yang berlebihan dan tanpa aturan dosis yang jelas.