Kapan Janin Mulai Bergerak Dan Dirasakan Ibu Serta Perawatannya?

Ibu hamil pasti akan merasakan tidak nyaman saat baru masuk awal kehamilan. Bahkan pertanda kehamilan seperti morning sickness bisa sangat mengganggu. Namun ketika kehamilan ibu sudah semakin berkembang maka bisa merasa sangat takjub. Salah satunya adalah ketika perkembangan janin sudah menunjukkan beberapa gerakan. Ibu pasti akan merasakan bahwa janin dalam rahim ibu benar-benar tumbuh dengan baik. Lalu kapan janin mulai bergerak dan dirasakan ibu serta perawatannya? Ikuti semua informasi dibawah ini.

Kapan Janin Bergerak?

Pada dasarnya semua ibu hamil yang sehat dan menjalani kehamilan normal akan mulai merasakan gerakan janin ketika kehamilan berusia antara 17 sampai 20 minggu. Saat itu perut ibu juga semakin besar sehingga terkadang ibu merasa tidak nyaman saat beraktifitas. Tahap perkembangan janin 4 bulan ini sudah menunjukkan bentuk janin yang lebih jelas. Dalam pemeriksaan USG maka tidak hanya gerakan saja tapi juga wajah janin. Ukuran janin sudah berkembang lebih besar sampai 13 cm dan berat sekitar 145 gram. Kemudian fisik janin sudah mulai lebih jelas mulai dari tempurung kepala, sistem tulang belakang sampai kelenjar keringat dan semua sistem syaraf bayi. Karena itu beberapa gerakan fisik bayi juga akan lebih jelas karena syaraf yang semakin kuat.

Apa Yang Dirasakan Ibu?

Saat janin sudah berusia 4 bulan maka janin Anda sudah memiliki bentuk seperti manusia yang sebenarnya. Tempurung kepala sudah terbentuk, kemudian diikuti dengan rambut di wajah seperti alis dan bulu mata. Kemudian sidik jari dan jari bayi mulai terbentuk dimana tangan bayi sudah bisa mengepal. Ketika janin mendapatkan rangsangan dari luar maka sudah bisa menunjukkan reaksi seperti meninju atau memukul rahim ibu. Ibu bisa merasakan sentakan dari dalam perut. Pada tahap ini juga sudah dimulai tahap perkembangan indra penting dari janin.

Perawatan

  1. Hindari sepatu hak tinggi

Saat ini perkembangan kehamilan ibu sudah lebih besar. Perut ibu juga sudah semakin berkembang sehingga ibu merasakan perbedaan pada postur tubuh. Rahim sebagai tempat perkembangan janin juga semakin membesar dan ini sering membuat tubuh ibu menjadi tidak seimbang. Sebaiknya pada tahap ini ibu tidak sering menggunakan sepatu hak tinggi agar tidak terkena masalah jatuh pada saat hamil.

  1. Atur waktu dan jam tidur

Saat janin mulai banyak bergerak maka masalah lain yang sering terjadi adalah ibu hamil menjadi sulit untuk tidur. Hal ini sangat umum dan tubuh ibu juga menjadi mudah lelah. Ada beberapa penyebab ibu hamil susah tidur termasuk perkembangan janin yang semakin besar dan kondisi peredaran darah dalam tubuh ibu yang kurang seimbang. Namun ibu harus mencoba untuk tetap santai agar bisa mengatur waktu tidur.

  1. Nutrisi untuk tubuh ibu

Untuk mendukung kehamilan pada fase ini maka ibu harus mempertahatikan nutrisi yang masuk ke dalam tubuh. Tubuh ibu juga mudah lemah karena sistem perkembangan janin yang menyerap nutrisi ibu. Masalah yang terjadi adalah tubuh ibu menjadi lebih lemah dan kekurangan zat besi yang menyebabkan anemia pada ibu hamil. Untuk mengatasi masalah ini maka dapatkan makanan yang kaya dengan zat besi seperti bayam, daging ayam, daging bebek, daging sapi, hati ayam atau sapi, buah dan ikan yang sehat.

  1. Lakukan olahraga secara rutin

Meskipun tubuh ibu merasa tidak nyaman namun sebaiknya ibu tetap melakukan olahraga secara rutin. Hal ini sangat penting untuk mendukung perkembangan janin dalam kandungan. Ada beberapa olahraga yang bisa dilakukan seperti senam hamil atau sekedar jalan kaki setiap pagi.

  1. Perhatian gejala gangguan kehamilan

Meskipun usia kehamilan ibu masih termasuk muda untuk menerima gangguan kehamilan, tapi beberapa gejala sudah bisa muncul. Jadi perhatikan jika tubuh ibu terasa lemah terus menerus, gatal yang berlebihan dan tekanan darah tinggi.

Jadi begitulah semua informasi mengenai kapan janin mulai bergerak dan dirasakan ibu serta perawatannya? Semua ibu harus memperhatikan kondisi ini sehingga kehamilan bisa dipantau dan menunjukkan perkembangan yang baik.