Sering Sakit Pinggang Setelah Operasi Caesar 1 Kali : Penyebab dan Cara Mengatasi

Memilih proses persalinan yang paling nyaman untuk ibu akan mengurangi rasa trauma untuk ibu terutama trauma setelah persalinan. Semua ibu biasanya ingin persalinan normal yang wajar untuk mengurangi rasa sakit dengan cepat setelah persalinan selesai. Tapi terkadang situasi dan kondisi kesehatan ibu tidak memungkinkan untuk melahirkan normal. Akhirnya persalinan caesar akan dilakukan dengan bantuan dokter ahli. Masalah yang terjadi adalah ibu akan merasakan sering sakit pinggang setelah operasi caesar 1 kali. Apa saja penyebab dan bagaimana cara mengatasi masalah ini? Simak penjelasan Kami dibawah ini.

Penyebab

  1. Akibat trauma saat jarum anesteri masuk ke tulang belakang

Menyadari adanya bahaya operasi caesar akibat proses anestesi memang sangat penting untuk dipahami semua ibu. Saat akan melakukan persalinan caesar maka dokter anestesi akan memberikan bius spinal dimana ini akan menyebabkan trauma untuk bagian kulit, otot, ligamen dan syaraf punggung. Adanya gerakan meskipun sangat sedikit saat proses anestesi juga bisa memicu nyeri pinggang setelah operasi caesar selesai. Karena itu proses anestesi harus dilakukan secara hati-hati oleh dokter ahli dan ibu yang akan melahirkan juga harus bekerja sama untuk mengatasi rasa sakit saat anestesi.

  1. Adanya kebocoran serebrospinal

Penyebab lain resiko operasi caesar termasuk sakit pinggang setelah operasi caesar adalah ketika terjadi kebocoran serebrospinal. Kebocoran ini akan menyebabkan ibu mengalami sakit kepala, sakit leher sampai nyeri pinggang ketika sedang duduk atau berdiri. Namun keluhan ini umumnya akan hilang ketika posisi ibu berbaring.

  1. Proses pemulihan luka operasi caesar

Setelah ibu melakukan operasi caesar maka ada luka yang akan menjadi jaringan parut pada perut bawah. Proses pemulihan luka ini bisa menyebabkan nyeri pinggang, sakit pada pantat, puncak pinggul dan area sekitarnya. Kondisi ini terjadi ketika luka jahitan memulihkan diri dengan saling tarik menarik dan menyebabkan sakit pinggang. Kondisi ini juga bisa menyebabkan reaksi lain seperti gangguan pencernaan setelah melahirkan.

  1. Lapisan kulit terakumulasi di tulang belakang selama operasi

Selama operasi caesar maka ibu akan berbaring dan menyebabkan tekanan berat badan bagian punggung. Sementara luka akibat tekanan jarum anestesi juga bisa mengalami trauma. Ini yang akan menyebabkan ibu nyeri pinggang meskipun tidak pernah nyeri pinggang saat hamil. Kondisi ini juga bisa menyebabkan keseimbangan dari otot ke panggul mengalami gangguan.

  1. Postur menyusui yang salah setelah melahirkan

Terkadang saat masih menjalani masa pemulihan setelah caesar maka ibu tidak berani menyusui dengan cara yang tepat. Padahal jika mengikuti pedoman cara menyusui bayi yang tepat maka ibu tidak akan mengalami cedera. Menyusui dengan posis terlalu membungkuk, menegakkan otot leher dan punggung serta posisi yang tidak nyaman lain akan membuat ibu merasa sakit pinggang.

Cara mengatasi

  1. Mengikuti arahan dokter setelah bersalin

Setelah melakukan operasi caesar maka ibu harus banyak istirahat dengan berbaring. Saat itu ibu mungkin merasa tidak nyaman dan sakit. Namun ibu harus mengikuti arahan dokter untuk tetap berbaring dengan sabar. Jangan membuat gerakan yang tidak perlu karena bisa menyebabkan pemulihan luka lebih lama. Bahkan jika salah gerakan maka bisa meningkatkan resiko sakit pinggang.

  1. Obat anti nyeri

Jika ibu mengalami serangan sakit pinggang yang parah maka bisa minum obat anti nyeri. Ada banyak jenis obat anti nyeri namun ibu harus memilih obat yang tidak menyebabkan efek samping karena ibu akan menyusui bayi. Jadi konsultasikan ke dokter untuk mendapatkan obat yang tepat.

  1. Posisi menyusui yang tepat

Ibu juga harus belajar dengan cara menyusui yang tepat. Jangan sampai salah posisi saat menyusui karena itu menghambat proses penyembuhan luka operasi dan meningkatkan trauma pada area anestesi dan operasi. Jika ibu kesulitan maka minta bantuan kepada suami atau perawat untuk membantu proses menyusui yang tepat.

  1. Kompres hangat pada pinggang

Umumnya sakit pinggang setelah caesar tidak bertahan lama. Setelah ibu pulih nyeri pada pinggang akan hilang sendiri. Jika ibu tidak ingin minum obat anti nyeri maka bisa menggunakan kompres hangat pada area pinggang. Lakukan kompres saat ibu menyusui atau sedang istirahat sehingga akan lebih nyaman dan sakit pinggang akan teratasi.

Nah itulah semua informasi mengenai sering sakit pinggang setelah operasi caesar 1 kali. Ibu bisa melihat apa penyebabnya kemudian mengatasinya dengan cara yang sesuai. Jika semua cara mengatasi sudah dilakukan dan rasa sakit tidak berkurang maka segera periksa ke dokter untuk mendapatkan diagnosa yang tepat.