16 Tanda-Tanda Seminggu Sebelum Melahirkan Anak Pertama

Setelah menjalani proses kehamilan selama 9 bulan lebih maka ibu akan menjalani yang namanya proses persalinan. Bunda bisa memilih untuk menjalani melahirkan normal atau mungkin secara caesar. Ketika memasuki usia yang ke sembilan maka bunda akan mengalami gejala-gejala akan melahirkan, tentu saja bunda tidak sabar sekali untuk menanti kelahiran si bayi kecil bukan? Ketika sudah dekat waktunya maka bunda harus tahu apa saja sih tanda-tandanya sehingga bunda bisa bersiap-siap juga. Oleh karena itu kali ini kami membawa informasi penting mengenai tanda-tanda seminggu sebelum melahirkan anak pertama sehingga bunda bisa tahu dan bisa mempersiapkan segalanya untuk persalinan. Entah mempersiapkan fisik maupun mental, berikut ini adalah informasinya untuk bunda!

  1. Menjadi bersemangat

Salah satu tanda jika seminggu lagi bunda akan melahirkan adalah bunda akan menjadi lebih bersemangat lagi. Jika mungkin biasanya bunda akan cenderung bermalas-malasan maka kali ini bunda akan selalu riang dan bersemangat, bunda memiliki banyak rencana kegiatan yang mungkin harus bunda lakukan sebelum melahirkan. Hal ini dipengaruhi hormon ya bunda, ketahuilah juga mengenai teknik pernafasan saat melahirkan sehingga bunda bisa mempersiapkannya dengan baik.

  1. Nyeri pada punggung

Ciri yang kedua adalah bunda akan mengalami nyeri pada punggung bunda. Hal ini merupakan salah satu gejala yang sangat umum terjadi, nyeri pada punggung ini terjadi karena bayi semakin aktif dan karena bayi mulai menurun ke panggul sehingga beban yang ditanggung punggung menjadi lebih berat daripada biasanya dan akhirnya bisa membuat bunda sakit punggung. Bunda bisa mengatasinya dengan beristirahat sejenak dan mengompersnya dengan air hangat saja.

  1. Ada bloody show

Ciri yang ketiga adalah bunda akan mengalami yang namanya bloody show. Bloody show ini umunya terjadi satu sampai dua minggu sebelum bunda melahirkan. Bloody show ini adalah keluarnya lendir yang akan bercampur dengan sedikit darah dari jalan lahir, hal ini karena seminggu mendekati proses persalinan maka janin akan menurun ke panggul dan mengakibatkan penipisan pada mulut rahim yang membuat penyumbatnya turun dan bercampur dengan darah.

  1. Mengalami diare

Gejala keempat yang bunda bisa rasakan ketika akan melahirkan seminggu lagi bunda akan mengalami diare. Diare itu bisa muncul sebelum persalinan karena adanya perubahan hormon yaitu penambahan hormon prostaglandin yang mempengaruhi kerja usus sehingga usus menyerap lebih cepat karena ingin menyediakan lebih banyak ruang untuk si bayi. Oleh karena itu mengapa bunda akan cenderung mengalami diare sebelum melahirkan, cukupi asupan air putih dan makanan bergizi sehingga bunda tidak sampai lemas dan mengalami dehidrasi.

  1. Mengalami kontraksi palsu

Tanda-tanda akan melahirkan seminggu lagi adalah bunda akan mulai merasakan yang namanya kontraksi palsu. Kontraksi ini biasanya akan hilang lalu muncul lagi sebentar dan hilang lagi. Selain itu rasanya pun tidak terlalu menyakitkan seperti kontraksi sungguhan dan durasinya hanya berlangsung menitan saja. Sehingga banyak sekali bunda yang tidak sadar jika sedang mengalami kontraksi, jika bunda mengalami tanda ini artinya kurang lebih seminggu lagi bunda akan segera melahirkan.

  1. Stress

Seminggu sebelum bunda akan melakukan proses persalinan, atau mendekati bunda akan melahirkan maka secara alamiah mungkin bunda juga akan sedikit mengalami stress. Stress itu bisa saja terjadi karena bunda takut dengan tanda bahaya persalinan atau mungkin karena bunda khawatir akan hal yang lainnya. Jika bunda seperti ini maka kuncinya adalah bunda harus memikirkan hal yang positif saja ya.

  1. Insomnia

Tanda-tanda seminggu sebelum melahirkan adalah insomnia. Menjelang waktu persalinan maka banyak sekali wanita yang sedang hamil tua mengalami insomnia atau kesulitan untuk tidur. Insomnia ini bisa saja dialami bunda karena berbagai macam faktor salah satunya karena stress memikirkan proses persalinan nanti. Oleh karena itu bunda harus mengetahui mengenai cara mengatasi insomnia pada ibu hamil agar bisa tidur.

  1. Sering buang air kecil

Kami menyarankan supaya bunda selalu mengetahui apa saja sebenarnya tanda akan melahirkan sehingga bunda bisa mempersiapkan diri entah itu persiapan mental dan juga fisik. Seminggu sebelum proses melahirkan maka biasanya intensitas buang air kecil menjadi meningkat, hal itu membuat bunda jadi sebentar-sebentar bolak-balik ke kamar mandi karena merasa ingin terus kencing. Hal ini disebabkan karena bayi semakin turun dan akhirnya menekan saluran kemih yang membuat bunda jadi ingin kencing terus. Minta ditemani orang terdekat jika Anda kesulitan pergi ke kamar mandi sendiri.

  1. Sakit pinggang

Seminggu sebelum proses persalinan biasanya bunda akan mengalami yang namanya sakit pinggang. Bunda merasakan sakit pinggang lebih daripada biasanya, hal ini karena bayi sudah mulai turun ke panggul sehingga bunda akan meraskaan sakit pada pinggang. Tenang saja bunda karena ini merupakan tanda-tanda yang normal ya.

  1. Mengalami tanda PMS

Mungkin bunda tidak sadar, namun mendekati proses persalinan atau mungkin seminggu sebelum persalinan bunda akan mengalami tanda-tanda PMS. Yaitu bunda akan mengalami nyeri pada bagian pinggang dan badan pegal-pegal, selain itu bunda mungkin akan mudah tersinggung dan berubah emosinya atau mood dengan cepat. Tenang saja bunda karena ini adalah hal yang wajar dan merupakan pengaruh hormon.

  1. Nyeri pada bagian vagina

Tanda yang kesebalas jika bunda akan segera melahirkan dalam waktu seminggu lagi maka bunda akan mulai merasakan yang namanya nyeri pada bagian vagina bunda. Hal ini dikarenakan bayi sudah mulai menurun ke jalan lahirnya sehingga menekan otot yang berada di sekitar vagina dan menyebabkan otot itu tertekan dan menjadi tegang.

  1. Perut menjadi mengeras

Yang kedua belas, ketika Anda akan melahirkan dalam waktu seminggu lagi maka perut akan berubah menjadi agak mengeras dan bahkan kaku. Kenapa sih bunda hal ini bisa terjadi? Perut bisa menjadi kaku dan agak mengeras karena sebenarnya si bayi sedang aktif bergerak kesana kemari karena sedang mencari jalan keluar supaya nanti ketika waktunya persalinan ia keluar dengan mudah. Jika bunda ingin tahu apakah akan segera melahirkan maka bunda bisa memgang perut, jika sudah keras maka mungkin seminggu lagi bunda akan segera melahirkan.

  1. Merasa gelisah

Secara tidak sadar mungkin bunda juga akan merasakan yang namanya gelisah, walaupun mungkin bunda sudah pernah menjalani persalinan sebelumnya maka bunda tetap saja akan meraskan sedikit rasa gelisah, terutama jika persalinan mendekati waktunya. Oleh karena itu sebisa mungkin bunda harus mengatasinya dengan selalu berpikir positif.

  1. Frekuensi gerak bayi berkurang

Ketika mendekati proses persalinan, biasanya frekuensi gerak dari bayi akan cenderung berkurang. Jika bunda merasakn bayi di dalam kandungan sudah agak mulai tidak bergerak-gerak maka itu artinya ia sudah menemukan jalan lahirnya dan sudah agak tenang. Mungkin bunda tidak sadar, namun ketika akan mendekati keluarnya ia dari rahim ia justru malah tenang dan tidak banyak bergerak.

  1. Kontraksi agak hebat

Tanda yang selanjutnya adalah bunda akan mengalami kontraksi yang agak hebat dan lebih daripada sebelumnya. Mungkin bunda akan mengira hari itu juga bersalin, namun ternyata ketika di bawa ke rumah sakit masih seminggu lagi waktunya. Oleh karena itu bunda harus memperhatikan dan segera memperiksakan ke rumah sakit jika kontraksi itu agak hebat dan menyakitkan. Oleh karena itu bunda harus mengetahui mengenai  ciri ciri kontraksi akan melahirkan sehingga lebih tahu dan paham lagi.

  1. Merasakan mulas berlebihan

Gejala terakhir yang mungkin bunda rasakan ketika bunda akan bersalin seminggu lagi maka bunda akan mengalami yang mulas secara berlebihan. Biasanya bunda akan merasa mulas namun ketika ingin buang air besar ternyata tidak ada yang keluar. Tenang saja bunda karena mulas itu biasanya terjadi disertai dengan kontraksi palsu yang tadi sudah kita bahas di atas.

Nah itu dia bunda beberapa informasi mengenai tanda-tanda seminggu sebelum melahirkan anak pertama yang perlu bunda ketahui sehingga bunda bisa bersiap-siap terlebih dahulu. Jika ibu sudah mengalami beberapa tanda ini maka segera pergi ke dokter kandungan atau bidan Anda, karena bisa saja waktu persalinan Anda maju dari perkiraan hari melahirkan yang sudah diprediksi oleh dokter.