Sponsors Link

Ciri Ciri Pembalut Berbahaya Bagi Wanita dan Cara Tesnya

Sponsors Link

Pembalut merupakan barang yang menjadi sangat krusial bagi wanita. Semua wanita normal membutuhkan pembalut untuk menjaganya saat datang bulan atau menstruasi atau menerchae. Pembalut disini berfungsi untuk menampung darah kotor wanita yang keluar pasa setiap 28 hari dalam satu periode. Nah, setiap satu periode wanita itu berbeda-beda, tergantung kesuburan hormone dan keturunan. Ada yang lima hari, ada yang sepuluh hari, ada yang satu minggu. Tapi normalnya wanita adalah satu minggu.

ads

Banyaknya pembalut yang sudah beredar di pasaran sekarang ini ternyata menjadi variasi wanita untuk memilih. Sudah banyak sekali, baik dari jenis bahan, merk, lebar pembalut, serta panjangnya yang bervariasi. Bahkan tiap sentimeter juga sudah di sediakan sesuai dengan kebutuhan wanita. Untuk all day atau sehari-hari, bisa menggunakan active day. Pembalut ini memiliki panjang sedang namun lebar yang cukup. Sedangkan untuk pembalut malam hari, di sediakan versi yang lebih panjang dan lebih tebal.

Sayangnya sekarang ini banyak oknum yang tidak bertanggung jawab mengelola bisnis pembalut yang tidak aman untuk kesehatan. Bagaimanakah cirri dan karakteristiknya?

Karakteristik pembalut berbahaya

  • Bukan terbuat dari kapas. Beberapa pembalut yang keluar di pasaran saat ini banyak yang menggunakan serat kayu atau kertas bekas sebagai bahan dasar pembalut wanita. Padahal hal ini tentu saja sangat berbahaya bagi miss V yang sangat rentan terhadap penyakit.
  • Tidak 100% dari kapas. Pembalut yang baik seharusnya berbahan dasar kapas 100%. Sayangnya beberapa perusahaan menggunakan  bahan baku untuk pembalut tidak 100% kapas
  • Memakai pemutih. Memang anda akan tampak lebih puas dengan pembalut yang berwarna putih bersih. Sayangnya justru pembalut yang menggunakan pemutih inilah yang berbahaya. Kandungan dioxin tersebut mampu memicu kanker rahim. Bahkan jika di gunakan selama dua jam terus menerus mampu meningkatkan pertumbuhan 107 bakteri jahat. Bagaimana jika anda memakainya lebih dari dua jam? Bayangkan berapa ratus bakteri jahat yang tumbuh?

Apakah anda merasakan hal ini?

  • Terasa panas saat di pakai?
  • Merasa gatal menggunakan pembalut tersebut?
  • Anda menjadi keputihan? (Baca : Penyebab Keputihan)
  • Bau yang muncul tajam dan tidak sedap?

Yang menjadi kekhawatiran di sini adalah pembalut yang anda gunakan tidak layak dan tidak baik!

Cara mengecek kualitas pembalut

  • Tuangkan 50 ml air di atas permukaan pembalut
  • Tunggulah beberapa saat
  • Coba taruh tisu di atas permukaan pembalut tadi. Hal ini memposisikan ketika anda duduk.
  • Coba tekan tissue tadi (sama ketika duduk ada tekanan dari pantat ke pembalut)
  • Apakah tissue anda basah? Kalau iya, berarti kualitas daya serap pembalut anda kurang baik

Cara mengetahui apakah pembalut anda terbuat dari kapas atau kertas buatan

  • Cobalah buka pada lapisan permukaan pembalut
  • Bagian permukaan tersebut masukan ke dalam air
  • Biarkan sampai satu jam di dalam air
  • Jika pembalut tersebut hancur, maka terbuat dari kertas daur ulang
  • Jika air rendaman menjadi keruh keputihan, maka mengandung dioxin atau zat pemutih
Sponsors Link

Sayangnya kita tidak bisa memprediksi seberapa besar kandungan dioxin atau pemutih yang ada di dalam pembalut tersebut. Namun anda tentu sudah bisa membayangkan betapa membahayakanya pembalut yang mengandung bukan dari kapas tersebut bukan?

Pembalut yang di pakai terlalu lama juga tidak baik. Jika darah menstruasi tersebut anda biarkan lembab selama berjam-jam, maka akan terjadi penguapan. Nah proses uap tersebut akan masuk kembali ke vagina anda. Lalu berjalan ke serviks, lalu uterus, dank e tuba fallopi i. Bayangkan saja jika darah kotor yang harusnya di keluarkan malah masuk kembali ke dalam rahim anda lagi?

Faktor resiko jika menggunakan pembalut berbahaya

  • Resiko kanker rahim

Menggunakan pembalut yang tidak baik mampu meningkatkan kanker rahim. Hal ini terjadi karena masuknya bagian tumor ganas yang tumbuh dan berkembang di dalam rahim. Parahnya rahim anda harus di angkat. Hal ini menunjukan bahwa anda sudah tidak mungkin lagi melahirkan anak.

  • Peningkatan resiko kanker payudara

Kanker payudara juga mampu meningkat dengan dengan penggunaan pembalut yang buruk. Hal ini mampu menyebabkan tumor ganas yang tinggal dan tetap tumbuh serta berkembang di organ payudara anda. Coba lihat payudara anda, apakah ada perbedaan ukuran antara payudara kiri dan kanan anda? Lihatlah sambil menghadap cermin, coba pijatlah payudara secara melingkar dari bagian diameter payudara yang besar menuju putting payudara. Adakah yang mengganjal atau tumbuh sesuatu yang tidak wajar? Periksakanlah ke dokter!

Sponsors Link

  • Resiko terkena miom

Miom mampu mengganggu saluran organ reproduksi manusia. Hal ini terjadi karena menggunakan pembalut yang tidak baik kualitasnya. Penyembuhan miom harus dengan di ambil, sehingga satu satu caranya adalah lewat operasi.

  • Resiko terkena kista

Kista juga merupakan penyakit yang cukup berbahaya. Sama dengan miom, hal ini di sebabkan karena pembalut yang anda gunakan tidak terbuat dari bahan bahan yang berkualitas. Bahaya kista bagi wanita sangat penting diketahui karena berdampak pada rahim.

  • Kerusakan hormone reproduksi

Dengan menggunakan pembalut yang tidak baik, mampu meningkatkan kerusakan hormone yang sangat baik untuk reproduksi, misalnya seperti esterogen dan progesterone. Penggunaan pembalut yang mengandung pemutih, memiliki zat yang di sebut dengan dioxin. Zat ini sangat baik untuk merusak sistem kerja hormone reproduksi. Bisa jadi hormone yang rusak tersebut terjadi perubahan fungsi dan mekanisme genetis yang membahayakan diri anda.

  • Resiko kelahiran cacat pada bayi

Pengaruh terbesar ketika hormone yang berguna untuk reproduksi tersebut rusak, ketakutan berlebih terletak pada proses kelahiran anak. Adanya kerusakan hormone yang di picu oleh pembalut yang memiliki kualitas buruk, karena di picu oleh dioxin. Hal ini mampu menyebabkan mutasi sel. Parahnya mampu memberikan keturunan cacat untuk anda. Baca juga : Makanan untuk mencegah bayi cacat

  • Mampu meningkatkan resiko keguguran bayi

Tentu saja, hormon yang rusak karena pengaruh pembalut yang memiliki kualitas buruk mampu meningkatkan resiko keguguran. Terjadinya mutasi sel mampu meningkatkan keguguran pada bayi yang di kandung. (Baca juga : Penyebab keguguran & Gangguan Kehamilan)

Semoga artikel ini lebih membantu anda untuk memilih pembalut dengan cermat!

Sponsors Link

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, ,
Post Date: Monday 31st, August 2015 / 11:41 Oleh :
Kategori : Haid