4 Cara Memperbesar Peluang Hamil Setelah Haid Pada Wanita

Siklus haid pada wanita memegang peran penting dalam setiap proses untuk mendatangkan kehamilan pada seorang wanita. Siklus haid yang tidak lancar merupakan salah satu bagian dalam contoh faktor faktor susah hamil. Sedangkan bisa seorang wanita mempunya siklus haid yang lancar maka penentuan waktu berhubungan intim yang tepat untuk merencanakan kehamilan dapat ditentukan dengan mudah.

Mengetahhui haid seseorang untuk menentukan masa subuh ini sangat penting dan merupakan salah satu cara cepat hamil termudah sebelum melakukan berbagai macam aktivitas dalam program hamil lainnya yang lebih kompleks.

Secara umum proses kehamilan diawali dengan adanya pertemuan sel telur dan sel sperma. Untuk mempertemukan kedua sel telur dan sel sperma maka dibutuhkan waktu yang tepat yang disebut sebagai masa subur. Masa subur merupakan masa dimana seorang wanita mengeluarkan ovarium atau sel telur dalam rahimnya sehingga sangat tepat untuk mempertemukan sel telur tersebut dengan sel sperma.

Peluang hamil setelah haid akan lebih besar bila dibandingkan dengan peluang hamil sebelum datangnya haid. Namun untuk mendapatkan peluang hamil setelah terjadinya haid yang lebih besar maka proses pertemuan sel telur dan sep sprema harus dilakukan ketika memasuki masa subur. Untuk memperbesar peluang hamil setelah haid maka ada beberapa hal yang harus dilakukan seperti dijelaskan dibawah ini.

  • Mengenal siklus haid.

Sebelum lebih jauh membahas mengenai peluang hamil setelah proses haid berlangsung, sebaiknya kita harus mengela terlebih dahulu terkait dengan siklus haid yang terjadi pada wanita. Siklus haid merupakan perhitungan waktu dari hari pertama haid sampai dengan hari pertama haid berikutnya. Untuk mengetahui siklus haid seseorang ada cara menghitung siklus haid dengan kalender yang diuraikan dalam blog ini. Dengan menghitung siklus tersebut maka kita dapat menentukan kapan waktu yang tepat wanita mengalami ovulasi, keluarnya sel telur. Ovulasi merupakan tanda dimana seorang wanita mulai memasuki masa subur. Biasakan untuk menghitung dan mencatat siklus haid yang terjadi agar berguna nantinya.

  • Menghitung masa subur.

Setelah mengenal dan mengetahui cara perhitungan siklus haid maka kita dapat menghitung datangnya masa subur pada wanita. Berikut rumus sederhana untuk menghitung masa subur setelah haid yang dapat dilakukan sendiri dan terbagi sesuai dengan dua kondisi siklus yakni siklus terpendek dan siklus terpanjang.

Untuk siklus terpendek misalnya 27 hari maka kurangilah dengan angka 18 maka didapatkan masa subur pada hari ke 9 setelah haid. Sedangkan untuk siklus terpanjang misalnya 30 hari maka kurangilah dengan 11 sehinga masa subur akan berakhir pada hari ke 19 setelah haid. Maka untuk kondisi siklus haid diatas dapat disimpulkan bahwa masa subur terjadi dimulai di hari ke 9 setelah haid dan berakhir di hari ke 19 setelah haid.

  • Kenali tanda munculnya masa subur.

Selain melalui perhitungan yang didasarkan pada siklus haid seorang wanita, masa subur juga dapat dikenali melalui tanda tanda pada fisik. Tanda fisik yang paling akurat sebagai  ciri ciri wanita subur setelah haid  adalah adanya lendir serviks. Lendir serviks merupakan cairan kental yang keluar dari rahim melalui vagina. Cairan kental ini akan memiliki jumlah lebih banyak ketika mulai memasuki masa subur.

Adanya lendir serviks ini dapat dilihat dengan menggunakan tisu maupun tangan. Tanda telah masuk dalam masa subur adalah kondisi dimana mucnul lendir serviks berbentuk benang yang licin dan jernih dalam jumlah cukup banyak yang terkadang sering membuat pakaian dalam menjadi basah. Jika siklus haid pendek maka munculnya lendir serviks ini akan lebih lama dibandingkan dengan siklus haid yang panjang.

Selain lendir serviks ada beberapa kondisi lain yang merupakan tanda munculnya masa subur pada seorang wanita. Kondisi tersebut diantaranya adalah kondisi tubuh yang teranya nyaman dan kulit wajah yang merona. Kondisi payudara lebih lembut dan rasa yang nyaman pada pinggul dan didukung dengan kondisi psikis yang lebih ceria dari biasanya.

  • Lakukan tindakan pendukung.

Untuk mendapatkan peluang hamil setalah terjadinya haid yang lebih besar maka selain mengenal dan mengetahui hal hal yang dijelaskan diatas perlu juga sebuah tindakan pendukung yang harus dilakukan. Tindakan pendukung tersebut diantaranya adalah dengan melakukan hubungan intim secara teratur setelah haid pada masa subur. Hubungan badan yang biasanya disarankan oleh para dokter spesialis kandungan adalah setiap dua hari sekali. Namun untuk meningkatkan peluang hamil lakukan hubungan badan ini sehari sekali menjelang dan ketika masa subur pada wanita datang.

Selain pola hubungan badan diatas, tindakan pendukung lainnya yang dapat dilakukan adalah dengan melakukan gaya hidup sehat dan mengkonsumsi makanan maupun multivitamin yang dapat mendukung perencanaan kehamilan. Selain itu, lakukan konsultasi dengan dokter spesialis kandungan untuk mendapatkan saran saran khusus.

Beberapa langkah yang disebutkan diatas menunjukkan seberapa besarnya usaha yang harus dilakukan oleh beberapa orang untuk dapat memperoleh kehamilan. Karena besarnya usaha tersebut maka semua ibu seharusnya bersyukur ketika memperoleh kehamilan dan melakukan berbagai usaha untuk mendukung jalannya kehamilan mulai dari awal sampai dengan janin yang ada di dalam rahim ibu lahir ke dunia.