Sponsors Link

Perkembangan Janin 8 Bulan (32 Minggu)

Sponsors Link

perkembangan janin 8 bulanPerkembangan janin 8 bulan bisa dikatakan adalah perkembangan yang hampir mendekati persalinan atau kelahiran janin ke dunia ini. Ibu hamil yang usia kehamilannya memasuki 8 bulan sudah harus memeriksakan kandungan secara rutin setiap dua minggu sekali. Hal itu dikarenakan semakin mendekati persalinan ibu hamil harus rutin mengecek kondisi janin yang ada di dalam kandungannya.

ads

Tidak hanya janin saja yang semakin berkembang namun tubuh ibu hamil pun mengalami berbagai macam perubahan. Ibu hamil harus siap menerima segala perubahan yang terjadi tersebut.

Perkembangan Janin

Ibu hamil harus mengetahui perkembangan apa saja yang bisa dilalui atau terjadi pada janin yang dikandungnya. Ibu hamil akan dikejutkan dengan perkembangan dan pertumbuhan janin yang ada di dalam kandungannya. Berikut ini perkembangan janin yang harus diketahui oleh ibu hamil :

1- Saat usia kehamilan 8 bulan, janin sudah sangat aktif di dalam perut ibu. Ibu dan janin memiliki ikatan batin yang kuat. Jika ibu hamil stress, janin di dalam kandungan seolah mengerti dengan perasaan ibunya. Janin akan terus bergerak dan membuat perut ibu hamil tidak rata. Janin baru bisa diam ketika perasaan ibunya tenang dan bisa meredakan stressnya.

2- Otak janin juga sudah berfungsi secara aktif, oleh sebab itu ibu hamil perlu mendukung pertumbuhan otak janinnya tersebut. Untuk mendukung pertumbuhan dan perkembangan otak janin ibu hamil harus mengkonsumsi suplemen, vitamin dan makanan sehat untuk ibu hamil yang bergizi.

3- Semua indera pada janin sudah mulai berfungsi.

Sponsors Link

4- Janin lebih aktif saat siang hari maupun malam hari.

8- Perkembangan janin 8 bulan telah terbentuk dengan sempurna. Posisi janin pun seharusnya sudah berada di atas panggul dan saat usianya 9 bulan kepala janin akan masuk ke dalam panggul. Posisi tersebut disebut dengan cephalic.

9- Paru-paru janin sudah terbentuk sempurna namun pematangan akan terjadi pada perkembangan janin 9 bulan.

10- Plasenta atau ari-ari sudah mencapai kematangan. Plasenta dibalut dengan cairan seperti cairan gelantin, sehingga ketika janin bergerak janin tidak akan terbelit dengan plasenta atau ari-arinya sendiri.

11- Mata janin sudah lebih fokus dibandingkan dengan bulan sebelumnya, janin bisa berkedip.

12- Ibu hamil bisa tahu kapan janin tidur dan kapan janin bangun.

13- Perkembangan janin 8 bulan sudah memiliki berat 1,8 kg dan panjangnya adaah 45-50 cm. Dengan panjang janin tersebut wajar jika janin merasa tidak nyaman berada di dalam rahim karena tubuh janin yang semakin membesar. Tidak hanya itu saja, wajar jika kantung ketuban di dalam rahim juga terasa sempit dan air ketuban sedikit.

14- Cairan ketuban sudah dalam tahap yang maksimal, setelah itu cairan ketuban akan mengalami pengurangan.

15- Gerakan janin meningkat sebanyak 375 kali dalam sehari namun ibu hamil tidak akan merasakan semua gerakannya. Ibu hamil paling sedikit akan merasakan gerakan janin sebanyak 10 kali dalam seharinya.

16- Pengenceran darah akan terjadi saat usia janin masuk usia 8 bulan.

17- Ibu hamil harus berhati-hati dengan kelainan yang dimilikinya, terutama ibu hamil yang memiliki kelainan jantung, mengalami hipertensi dalam kehamilan dan juga kelainan pre eklamsia. Pengenceran darah yang terjadi saat usia kehamilan 8 bulan membuat jumlah darah pada ibu hamil semakin banyak sehingga kerja jantung pun bisa meningkat. Ibu hamil yang memiliki kelainan jantung bisa memperbesar peluang untuk penjepitan pembuluh darah. Setelah penjepitan pembuluh darah terjadi, ibu hamil akan mengalami tekanan darah tinggi. Gangguan kehamilan tersebut akan berbahaya bagi ibu hamil dan juga pada janin yang di dalam rahimnya.

ads

Perubahan Tubuh Ibu Hamil

Janin yang semakin berkembang akan memberikan dampak yang signifikan terhadap perubahan tubuh ibu hamil. Perubahan yang jelas terjadi pada ibu hamil adalah kondisi perut ibu hamil yang semakin membesar dan uterus yang membesar. Masih ada perubahan fisik lain yang harus diketahu oleh ibu hamil.

Berikut ini perubahan fisik ibu hamil yang harus ibu hamil ketahui :

1- Ibu hamil akan mengalami kontraksi saat usia kandungannya 8 bulan, ibu hamil juga sering merasakan sakit perut seperti kram pada perutnya. Bagi ibu hamil yang mengalami sakit pada perutnya, namun jangan khawatir karena hal tersebut bukanlah hal buruk yang bisa terjadi pada ibu hamil.

2- Kontraksi yang terjadi pada ibu hamil bisa digunakan sebagai olahraga alami bagi uterus untuk melakukan persiapan dengan proses kelahiran. Selain senam hamil yang bisa ibu lakukan.

3- Perkembangan janin 8 bulan, akan ada di posisi di bawah kandung kemih. Jika ibu hamil memperhatikan posisi perutnya, perutnya akan sedikit merosot ke bawah.

4- Ibu hamil juga akan merasakan nyeri akibat tekanan yang dihasilkan di bagian kandung kemih. Tidak hanya kandung kemih saja yang tertekan dengan kondisi janin yang semakin membesar, namun sekitar kandung kemih pun akan tertekan dengan rahim yang semakin besar tersebut.

5- Ibu hamil mengalami peningkatan hormon, peningkatan hormon tersebut akan membuat ibu hamil sangat sensitif dengan oxytocin. Peningkatan hormon tersebut akan bisa digunakan tubuh ibu hamil untuk berkontraksi dan merasakan tanda-tanda akan melahirkan.

6- Sejak kandungan berusia 8 bulan, ibu hamil akan terus merasakan kontraksi di dalam kandungannya.

Keluhan Kehamilan

Ibu hamil akan mengalami berbagai macam keluhan saat kandungannya memasuki usia 8 bulan. Berikut ini berbagai macam keluhan yang harus diperhatikan oleh ibu hamil :

  • Ibu hamil saat ini sudah mudah merasakan lelah.
  • Ibu hamil akan merasakan sembelit dan susah dalam buang air besar.
  • Semakin besarnya rahim dan perut yang semakin membesar membuat ibu hamil akan mengalami punggung pegal bahkan sakit punggung. Ibu hamil diharapkan bisa rutin mengkonsumsi susu hamil yang tinggi manfaat kalsium bagi ibu hamil agar tidak terkena pengeroposan tulang.
  • Ibu hamil akan mengalami keluarnya ciran dari kelenjar susu atau payudara.
  • Ibu hamil akan mengalami gusi berdarah.
  • Tekanan pada kandung kemih akan semakin meningkat sehingga ibu hamil akan merasakan nyeri dan merasakan buang air kecil dengan frekuensi sering.
  • Payudara ibu hamil akan semakin membengkak dan putingnya semakin berwarna hitam.
  • Ibu hamil sering mengalami kram kaki.
  • Ibu hamil mengalami sesak nafas, untuk berjalan sebentar saja nafas ibu hamil sudah ngos-ngosan apalagi jika digunakan untuk beraktivitas berat. Senam hamil sangat bermanfaat bagi ibu hamil untuk bisa memiliki nafas panjang dan mengatur pernafasan saat melahirkan.
  • Ibu hamil mengalami varises dan juga kaki bengkak saat hamil.

Video Perkembangan Janin 8 Bulan


Hamil usia 8 bulan merupakan masa dimana janin bisa berkembang secara maksimal dan janin mulai menunjukkan kesiapannya untuk dilahirkan di dunia ini. Saat usia kandungan kedelapan bulan, ibu hamil sangat disarankan untuk mengkonsumsi berbagai macam makanan yang mengandung gizi tinggi. Asupan gizi ibu hamil akan membuat janin semakin tumbuh dengan maksimal terutama pertumbuhan otak janin dan sel-sel syaraf di dalam otak janin.

Sponsors Link

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, ,
Post Date: Wednesday 24th, June 2015 / 04:09 Oleh :
Kategori : Perkembangan Janin