Sponsors Link
     Sponsors Link

9 Cara Agar Melahirkan Normal Tidak Sakit

advertisement

Anak merupakan anugerah dari yang kuasa yang begitu istimewa dan begitu diharapkan kehadirannya. Memiliki anak dapat membuat suasana yang menyenangkan di dalam rumah sekaligus membuat rumah menjadi lebih ramai. Namun ketakutan akan rasa sakit saat melahirkan, membuat para ibu was-was dan merasa khawatir sehingga terkadang menunda kehamilan, terlebih ketika kehamilan tersebut merupakan kehamilan pertama. Dalam menanti proses persalinan tentu anda perlu mempersiapkan diri sebaik mungkin dengan didampingi oleh suami yang selalu setia di samping anda. Dukungan dari suami tentu memberi pengaruh yang besar dan positif pada proses melahirkan yang akan dijalani.

Proses melahirkan yang banyak diharapkan adalah proses kelahiran normal yang berjalan lancar. Kelahiran normal sendiri menjadi cara melahirkan yang banyak disarankan dalam dunia kesehatan. Kelahiran normal membuktikan jika bayi yang tengah dikandung serta keadaan ibu yang mengandung aman dan tidak ada gangguan. Rasa sakit yang dirasakan pada saat melahirkan merupakan salah satu hal yang tidak dapat dihindari namun, rasa sakit yang timbul dapat berbeda kadarnya dari setiap ibu. Ada beberapa dari ibu yang merasakan rasa sakit begitu luar biasa namun tidak jarang pula ada yang merasakan sakit tidak terlalu lama dan hanya sekejap saja. Rasa sakit yang dirasakan seorang ibu saat melahirkan banyak dipengaruhi oleh ukuran bayi yang dilahirkan, teknik melahirkan serta keprofesionalisan dari tim medis dalam menangani pasiennya.

Berikut ini kami sediakan tips-tips menarik bagi para ibu yang akan melahirkan guna mengurangi rasa sakit yang ditimbulkan saat melahirkan:

1. Bersikap rileks

Langkah pertama dalam proses melahirkan adalah dengan cara bersikap rileks. Saat melahirkan ada baiknya anda membuat otot-otot pada tubuh anda luwes terutama otot pada bagian paha, perut juga pinggul. Merilekskan diri juga dapat membantu ibu untuk berpikir lebih tenang dalam menjalani persalinan. Kebalikannya ketika seorang ibu merasa tegang, maka otot dalam tubuh menjadi lebih tegang dan kaku. Hal ini dapat membuat rasa sakit yang dirasakan menjadi bertambah besar.

2. Lakukan pernapasan yang benar

Teknik pernapasan yang baik membantu ibu mengatur energi serta mengatur pasokan udara di dalam tubuh. Selain itu, teknik pernapasan yang baik membantu ibu dalam mengatur pasokan oksigen pada tubuh serta membantu relaksasi. Dalam proses melahirkan, seorang ibu membutuhkan tenaga yang besar untuk persalinan. Ketika seorang ibu kehabisan tenaga dan tidak mampu mengatur tenaganya dengan baik, maka persalinan akan memakan waktu yang lama sehingga terasa begitu menyiksa. (Baca juga : cara mengatasi sesak nafas saat hamil)

3. Ketahui cara melahirkan yang benar

Untuk mengetahui bagaimana cara melahirkan yang benar dan tepat tentu anda harus banyak-banyak membaca buku tentang persalinan atau bahkan video persalinan.

Sponsors Link

Hal ini dapat membantu anda untuk mempersiapkan segala kebutuhan anda dengan baik. Mengetahui tahap-tahap melahirkan membantu ibu untuk siap secara mental maupun fisik saat persalinan berlangsung. Mengetahui langkah-langkah proses persalinan tersebut, membantu ibu mempercepat persalinan sehingga tidak terasa menyakitkan, seperti tanda-tanda akan melahirkan.

4. Berdoa

Berdoa merupakan hal yang direkomendasikan saat tengah menjalani persalinan. Berdoalah sesuai dengan keyakinan anda supaya anda merasa lebih tenang. Berdoalah supaya diberi kelancaran dan kemudahan saat persalinan. Dalam setiap agama tentu paham betul, jika di dunia ada yang Maha Pengatur dan Maha Kuasa yang dapat melakukan segala sesuatu atas kuasanya. Untuk itu, dekatkan diri pada Tuhan dan mintalah kemudahan dalam proses persalinan yang akan anda lalui. Berdoa juga mencegah kondisi stres saat hamil.

5. Dukungan suami

Dalam menghadapi apapun terutama pada masa-masa yang sulit semangat merupakan salah satu hal positif yang sangat diperlukan. Seperti halnya pada saat persalinan, dukungan dari suami serta keluarga-keluarga akan begitu dibutuhkan. Melahirkan merupakan salah satu hal besar yang akan dilalui oleh seorang ibu. Cara agar melahirkan normal tidak sakit dan berjalan lancar, dibutuhkan banyak dukungan dari orang-orang terdekat. Seorang ibu akan merasa termotivasi ketika suami tetap setia berada di sampingnya hingga proses melahirkan selesai.

Ada banyak hal yang dapat dilakukan sang suami saat seorang ibu tengah menjalani persalinan seperti mengelap keringat ibu atau bahkan membenarkan letak bantal ibu. Bahkan juga kadang terjadi hamil yang ngidam suami, karena suami juga merasakan kesulitan istrinya yang hamil.

Sponsors Link

6. Percaya dan yakin

Keyakinan dan kepercayaan dapat anda bentuk dari sekarang agar dapat melewati proses kelahiran dengan lancar. Tanamkan pada diri sendiri jika proses persalinan merupakan sebuah proses yang tidaklah menyakitkan. Persalinan merupakan sebuah proses alami yang dilalui oleh seorang ibu di seluruh di dunia. Katakan pada diri sendiri jika anda juga dapat melewati proses yang satu ini dengan baik layaknya ibu-ibu lain di luar sana.

Kepercayaan dan keyakinan yang ditanamkan pada diri sendiri membantu seorang ibu dalam mengatasi gangguan psikologis akibat rasa takut.

7. Konsumsi banyak makanan sehat

Langkah sehat berikutnya yang dapat anda lakukan dalam mempersiapkan persalinan anda agar berjalan lancar adalah dengan cara mengonsumsi banyak makanan bergizi. Asupan makanan gizi ibu hamil dapat dipilih yang kaya akan manfaat kalsium bagi ibu hamil serta mampu menambah darah. Makanan atau suplemen vitamin bagus untuk mempersiapkan ibu dalam kondisi yang  sehat selama masa persalinan. Makanan yang sehat serta asupan yang bergizi, menghindarkan ibu dari banyaknya keluhan pada masa kehamilan dan juga persalinan sehingga dapat terhindar dari beragam jenis resiko buruk yang muncul.

8. Jalan-jalan kecil

Melakukan relaksasi merupakan hal yang bagus untuk meperlancar proses persalinan seorang ibu. Ada banyak jenis relaksasi yang dapat dilakukan dimana salah satunya adalah dengan melakukan jalan-jalan kecil. Hal ini dapat dilakukan ketika kontraksi belum memuncak. Sang ibu yang masih memiliki waktu sebelum proses melahirkan, dapat melakukan jalan-jalan kecil di ruangan. Hal ini dapat membuat ibu lebih santai dan rileks. (Baca juga : olahraga untuk ibu hamil)

9. Cari titik perhatian

Dalam menghadapi persalinan, rasa sakit memang hal yang wajar. Namun ketika anda terlalu fokus pada rasa sakit yang ada, tentu rasa sakitnya akan semakin terasa. Dalam mempersiapkan persalinan, cara agar melahirkan normal tidak sakit, dapat membawa foto keluarga atau benda lain yang menyenangkan untuk dijadikan pusat perhatian. Selain itu, titik fokus juga dapat dilakukan dengan cara membayangkan betapa lucu bayi yang akan dilahirkan. Bayangkan betapa menyenangkannya kelak hari-hari anda dengan keberadaan sang buah hati yang mengisi rumah. Bayangan-bayangan tersebut juga dapat membuat semangat ibu menjadi lebih besar dari sebelumnya.

advertisement

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

,
Post Date: Tuesday 12th, January 2016 / 03:26 Oleh :
Kategori : Melahirkan Normal