4 Cara Membersihkan Dot Bayi Yang Benar

Selepas proses persalinan, ibu hamil memiliki tanggung jawab yang besar terhadap perkembangan bayi. Mengingat kondisi bayi yang masih sangat rentan dan belum memiliki kemampuan normal selayaknya manusia, peran dan tanggung jawab dari ibu sangatlah menentukan bagaimana jalannya proses perkembangan bayi. Ibu memiliki tanggung jawab besar untuk tetap menjaga proses perkembangan bayi selalu dalam keadaan normal serta menghindarkan dari berbagai resiko terjadinya gangguan tumbuh kembang anak.

Tubuh yang rentan menjadikan bayi sangat mudah terserang penyakit dan resiko penurunan kesehatan. Ada beberapa usaha yang dapat dilakukan oleh ibu untuk menjaga agar kondisi kesehatan tubuh bayi tetap terjaga. Beberapa bentuk usaha yang dapat dilakukan oleh ibu hamil diantaranya seperti menjaga kebutuhan nutrisi untuk bayi salah satunya dengan mengupayakan manfaat asi bagi bayi, imunisasi lengkap, dan mengaja kebersihan diri bayi secara optimal setiap saat.

Terkait dengan kondisi kebersihan bayi, bukan hanya kondisi tubuhnya yang bersih namun juga seluruh peralatan yang digunakan bagi bayi terutama yang bersinggungan dengan mulut. Kotornya peralatan bagi bayi sangat rentan menyebabkan masalah kesehatan. Salah satu peralatan yang penting untuk diperhatikan kebersihannya dengan baik adalah dot bayi. Untuk melakukan cara membersihkan dot bayi perlu dilakukan dengan baik dan benar agar tetap bersih dan juga aman seperti dalam penjelasan di bawah ini.

Pentingnya Membersihkan Dot Bayi Sebelum Digunakan

Dot merupakan salah satu peralatan yang digunakan pada bayi untuk membantunya mengkonsumsi susu. Penggunaan dot terkadang juga diperuntukan sebagai empeng. Ibu sering menggunakan dot untuk membantu menenangkan bayi. Dot digunakan dengan cara memasukannya pada mulut bayi, dan secara alami bayi akan mengempengnya karena menganggap seperti puting susu. Berkaitan dengan fungsi dan cara penggunaannya tersebut, kebersihan dari dot bayi menjadi hal yang penting untuk selalu diperhatikan dengan baik.

Dot yang langsung bersinggungan dengan mulut bayi dapat menyebabkan dampak yang buruk ketika higienitasnya tidak terjaga. Kurang terjaganya kebersihan dari dot bayi tersebut akan menyebabkan adanya resiko kuman dan bakteri yang terdapat di dalamnya. Bakteri dan kuman pada dot tersebut tentu sangat membahayakan kesehatan bagi bayi ketika menginfeksi tubuhnya. Proses infeksi bakter jauh lebih mudah dan rentan pada tubuh bayi karena kondisi sistem kekebalan tubuhnya yang masih belum kuat dan berfungsi optimal.

Cara Membersihkan Dot Dengan Benar

Melihat penjelasan yang diberikan dalam ulasan diatas, pembersihan dot menjadi suatu proses yang perlu dipahami dengan baik dan benar. Dengan membersihkan dot bayi baru lahir secara benar akan membantu menghindarkan adanya masalah yang dapat muncul akibat infeksi kuman dan bakteri. Berikut beberapa langkah yang diperlukan dalam proses membersihkan dot dengan baik dan benar melalui penjelasan di bawah ini.

1. Bersihkan dot secara konsisten setiap harinya

Pembersihan dot yang benar harus dilakukan secara konsisten setiap harinya bukan hanya ketika terlihat kotor saja. Dot yang sering digunakan terutama saat terjatuh ke lantai dan terkena udara sekitar akan selalu kotor. Untuk itu, perlu adanya proses pembersihan dot bayi setiap harinya secara konsisten terutama ketika digunakan terus. Dot yang baru dibeli atau yang sudah lama disimpan juga harus dibersihkan kembali dengan benar.

2. Gunakan sabun khusus pembersih alat makan bayi

Langkah selanjutnya yang perlu diperhatikan dengan baik dan benar dalam cara membersihkan dot bayi adalah menggunakan sabun yang benar. Penggunaan sabun sangat penting berkaitan dengan bahan yang dapat memberikan dampak buruk bagi bayi. Sabun yang disarankan untuk membersihkan dot bayi adalah sabun khusus pembersih alat makan bayi yang dapat dibeli dengan mudah di toko perlengkapan bayi.

3. Penggunaan air yang benar

Pada saat membersihkan dot bayi, pastikan air yang digunakan bersih. Selain kebersihan bayi, aliran air yang mengalir penting dipastikan dalam usahanya membersihkan dot. Air yang mengalir akan membantu mencegah penumpukan kotoran dan sisa sabun di dalam dot. Proses pembilasan menjadi hal yang harusnya penting diperhatikan secara baik dan benar.

4. Sterilkan dot terlebih dahulu

Penutup dari langkah yang disebutkan diatas dalam proses membersihkan dot bayi diatas adalah sterilisasi. Mensterilkan dot sangat penting untuk membantu memastikan tidak ada bakteri dan kuman yang tertinggal di dalamnya. Sterilisasi memang sebaiknya dilakuan untuk semua alat makan bayi yang berhubungan langsung dengan mulut sebagai pintu masuk ke dalam organ dalam bayi. Proses sterilisasi yang paling mudah adalah dengan merebus dot di dalam air yang mendidih beberapa saat. Dot yang kotor bisa jadi merupakan penyebab bayi tidak mau minum susu pakai dot.

Itulah beberapa penjelasan yang perlu diperhatikan dengan baik mengenai cara membersihkan dot secara benar. Pembersihan dot memang harus dilakukan secara benar mengingat higienitas yang tidak terjaga dapat menyebabkan resiko penurunan kesehatan pada bayi. Penggunaan semua alat yang berhubungan dengan bayi harus dipastikan bebas resiko penurunan kesehatan.