7 Cara Membersihkan Mulut Bayi 8 Bulan Yang Perlu Dilakukan Ibu

Selepas proses persalinan, bayi yang lahir dari rahim ibu hamil membutuhkan paranan ibu untuk dapat berkembangan dengan baik. Peran dan tangguna jawab ibu tentu tidak berakhir saat bayi terlahir melalui proses persalinan sebagai bagian akhir dari kehamilan. Ada banyak peran dan tanggung jawab ibu yang perlu dipehatikan untuk dapat membantu bayi berkembang dengan sehat. Peranan orang tua terutama ibu terhadap pertumbuhan dan perkembangan bayi tersebut utamanya untuk mencegah gangguan tumbuh kembang anak atau bayi.

Perawatan pada bayi merupakan salah satu tanggung jawab yang harus dilakukan oleh ibu hamil untuk membantu menjaga kondisi kesehatan bayi. Berbagai bentuk perawatan tersebut tentu berbeda pada manusia dewasa atau anak yang lebih besar. Ibu harus lebih berhati hati dan melakukan proses perawatan dengan cara yang tepat dan benat. Perawatan yang salah dapat menyebabkan kondisi berbahaya bagi bayi mengingat keadaan tubuhnya yang masih sangat rentan dan mudah bermasalah.

Berkaitan dengan proses perawatan yang dilakukan oleh ibu terhadap bayi, pengetahuan terkait cara merawat bayi yang benar harus dimiliki setiap ibu agar tidak menganggu perkembangan bayi. Tanpa pengetahuan tersebut, ibu tentu tidak akan melakukan perawatan secara optimal pada bayi dan bisa jadi menyebabkan gangguan fisik tertentu. Dalam pembahasan kali ini, akan diulas mengenai perawatan terhadap mulut bayi 8 bulan. Berikut beberapa cara membersihkan mulut bayi 8 bulan yang perlu diperhatikan dengan baik melalui ulasan di bawah ini.

1. Posisikan bayi secara tepat

Langkah awal yang dapat dilakukan oleh ibu untuk membersihkan mulu bayi adalah dengan memposisikannya secara tepat. Posisi yang tepat akan membantu ibu dapat membersihkan mulut secara optimal. Tanpa posisi tersebut maka bisa jadi pembersihan tubuh sulit untuk dilakukan. Posisi yang benar saat membersihkan bayi adalah memangku bayi dalam posisi duduk yang nyaman atau dapat juga dengan terlentang di paha ibu.

2. Pastikan tangan dalam keadaan yang bersih

Langkah yang harus diperhatikan dengan baik dalam membersihkan mulut adalah tangan yang bersih dan diusahakan terbebas dari kotoran apapun. Dengan memastikan tangan dalam keadaan yang bersih, dapat menghindarkan bayi dari infeksi kotoran yang terdapat di tangan kotor. Membersihkan tangan dapat dengan menggunakan sabun dan air mengalir atau menggunakan cairan antiseptik.

3. Gunakan kain bersih dan steril

Selain kebersihan tangan, ibu juga harus menggunakan kain bersih dan steril saat membersihkan mulut bayi. Kain bersih dan steril yang khusus untuk membersihkan mulut bayi tersedia di dalam toko perlengkapan bayi. Untuk membersihkan bagian mulut bayi, celupkan kain tersebut ke dalam air hangat yang bersih. Masukan jari yang terbalut oleh kain ke dalam mulut bayi secara perlahan. Pastikan saat memasukan jari tidak terlalu dalam karena dapat menyebabkan bayi muntah. Kain yang digunakan harus bebas dari benang karena adanya bahaya bayi menelan benang yang perlu diwaspadai.

4. Berikan tekanan lembut

Langkah selanjutnya yang perlu dilakukan oleh ibu untuk membersihkan mulut bayi 8 bulan adalah memberikan tekanan lembut pada lidah dan gusi. Tekan lidah bayi dan tarik ke arah luar untuk membersihkan bagian yang memang kotor di dalam mulut. Perhatikan pemberian tekanan pada bayi agar tidak terlalu berlebihan karena dapat menyebabkan bayi bisa jadi kesakitan. Penekanan dapat membantu membersihkan bercak putih pada lidah bayi.

5. Ganti kain setiap membersihkan bagian berbeda

Cara membersihkan mulut bayi 8 bulan lainnya yang perlu diperhatikan dengan benar adalah menganti kain setiap pembersihan bagian mulu yang berbeda. Jadi ketika bayi mau membersihkan gigi dan gusi setelah lidah maka ganti kain pembersihnya. Hal tersebut dilakukan untuk menghindari kotoran dari lidah yang akan menginfeksi bagin gusi dan gigi. Untuk pembersihan gusi bayi, sebaiknya tidak dilakukan penekanan mengingat bagian gusi yang masih sangat lembut.

6. Bersihkan langit langit mulut bayi

Semua bagian di dalam mulut bayi harus dibersihkan dengan benar. Bagian yang terkadang terlewatkan adalah langit langit mulut. Pembersihan langit langit mulut juga harus dilakukan dengan cara yang sama saat membersihkan lidah. Selalu lakukan pembersihan yang lembut agar tidak muncul penolakan pada bayi karena merasa tidak nyaman saat mulutnya dibersihkan.

7. Lakukan upaya tertentu saat ada penolakan

Jika bayi melakukan penolakan saat bagian mulutnya akan dibersihkan, ibu perlu melakukan upaya tertentu sehingga bayi lebih nyaman dan tenang kembali. Kenyamanan dan ketenangan pada bayi memang akan membantu ibu membersihkan bagian mulut bayi 8 bulan dengan leluasa. Saat bayi memberikan penolakan, lakukan upaya seperti berbicara, bercanda, dan bernyanyi.

Itulah beberapa hal yang perlu diperhatikan dengan baik terkait dengan cara membersihkan mulut bayi 8 bulan. Cara yang disebutkan diatas, harus diperhatikan dengan baik agar proses pembersihan mulut dapat optimal. Penggunaan pasta gigi untuk membersihkan gigi bayi 8 bulan dapat dilakukan ketika bayi sudah mengkonsumsi makanan seperti orang dewasa. Selagi bayi belum sepenuhnya mengkonsumsi makanan seperti orang dewasa, penggunaan pasta gigi tidak dibutuhkan.