7 Ciri Bayi Cerdas Usia 6 Bulan Paling Jelas

Mengikuti masa perkembangan bayi mulai dari sejak lahir sampai menjadi anak-anak tentu harus dilakukan oleh semua orang tua. Orang tua umumnya mengharapkan bayi lahir cerdas sehinga juga melakukan cara membuat anak cerdas sejak dalam kandungan. Kemudian masa perkembangan bayi mulai dari 0 bulan sampai 6 bulan menjadi masa yang sangat penting. Saat itu ibu juga diharapkan bisa memberikan ASI penuh secara eksklusif. Lalu apa saja ciri bayi cerdas usia 6 bulan paling jelas. Ikuti informasi dibawah ini.

  1. Memahami lingkungan sekitar

Perkembangan bayi 6 bulan seharusnya akan menunjukkan bayi sudah bisa menggunakan indra penglihatan dengan baik. Indra penglihatan ini akan bekerja untuk menyampaikan rekaman ke sistem otak sehingga bayi memiliki memori yang baik. Hal yang bisa ditandai adalah bayi bisa membedakan wajah ayah, ibu, kakak, nenek, kakek, pengasuh dan orang-orang yang dijumpai sering di lingkungannya. Ini juga yang terkadang membuat bayi menangis atau takut ketika bertemu orang selain dari lingkungannya.

  1. Koordinasi tangan dan kaki yang baik

Bayi yang sudah berusia 6 bulan sebaiknya juga tidak menunjukkan adanya gangguan tumbuh kembang anak. Artinya secara fisik bayi sudah bisa menggunakan tangan dengan baik. Koordinasi tangan bisa bekerja dengan baik sehingga bayi bisa mengambil atau meraih benda di sekitarnya, bisa melambaikan tangan dan menggerakkan jari dengan baik. Koordinasi yang baik ini juga terjadi pada bagian kaki sehingga bayi bisa menggerakkan kaki dengan sempurna.

  1. Bisa mengenali orang di sekitarnya

Selain memiliki perkembangan motorik halus anak yang baik maka seharusnya anak juga mengembangkan sistem ingatan dan mengenali orang dengan baik. Ini bisa ditandai dengan mudah misalnya jika mama pergi dari ruangan maka bayi menangis. Bayi juga sudah bisa mengenali orang dengan tatapan mata dan tidak menangis.

  1. Indra berfungsi dengan sempurna

Tahap perkembangan indra penting dari janin memang sudah berjalan sejak janin masih ada di dalam kandungan. Bahkan proses ini berlangsung sejak awal kehamilan. Dan ternyata bayi yang cerdas akan memiliki fungsi indra yang sempurna. Saat usia 6 bulan maka bayi sudah bisa menggunakan indra dengan baik. Bayi sudah bisa mencium aroma orang tua, aroma lingkungan dan aroma yang lain. Bayi juga sudah bisa merasakan benda yang diraba, mengenali orang dengan baik, mendengar suara dan sistem indra yang lain.

  1. Mulai mengenali mainan

Bayi yang berusia 6 bulan juga sudah bisa bermain dengan mainan sederhana. Jika ibu mulai memberikan mainan susun maka bayi akan mengenali mainan ini. Tanpa diajarkan maka tangan bayi berusaha untuk meraih dan menumpuk mainan. Namun terkadang ini usia yang terlalu dini untuk memberikan mainan susunan.

  1. Mengenali tekstur dengan baik

Bayi yang sudah berusia 6 bulan seharusnya juga sudah bisa mengenali tekstur dengan baik. Bayi sudah bisa meraba permukaan yang halus, kasar dan lembut. Saat bayi memegang boneka yang lembut, karpet yang kasar, pakaian yang tebal dan tekstur lain maka ekspresi bayi akan berbeda. Bahkan jika mengenali tekstur yang aneh maka biasanya bayi juga menangis.

  1. Melempar

Bayi yang cerdas juga sudah memiliki sistem otak yang sangat baik dimana ini mendukung pekerjaan indra tubuh mereka. Salah satu contohnya adalah bayi mulai melempar mainan. Bayi biasanya akan mencoba untuk meraih benda di sekitarnya, kemudian akan melempar.

Itulah beberapa ciri bayi cerdas usia 6 bulan paling jelas. Setiap bayi yang dilahirkan bisa saja memiliki kecerdasan yang berbeda. Jadi perhatikan tanda ini dan terus ikuti perkembangan tubuh dan sistem otak bayi Anda.