10 Manfaat Bedak Bayi dalam Kehidupan Sehari-hari

Siapa yang tak pernah menggunakan bedak bayi? Sepertinya tak ada bayi yang yang tak melewatkan penggunaan bedak di masa-masa ini. Bubuk putih beraroma harun ini memiliki manfaat yang luar biasa, selain membuat menjaga kulit bayi dari ruam popok. Mulai dari menjaga agar hewan peliharaan dari bau tidak sedap, membantu menghilangkan noda pada pakaian. (Baca Juga: Tips Memilih Baju Bayi Baru Lahir Cara Mencegah Sariawan Pada Bayi)

Dan ternyata manfaat bedak bayi sangat luar biasa karena dapat menggantikan beberapa produk rumah tangga lainnya. Juga karena bedak bayi memiliki harga yang relatif sangat terjangkau bagi kantong ibu-ibu.

Manfaat Bedak Bayi dalam Kehidupan Sehari-hari

Bau yang wangi saja rasa-rasanya tak dapat menjadi alasan yang cukup untuk selalu bedak bayi, meski demikian siapa yang tidak menyukai aroma menyegarkan pada bedak bayi ini? Sesunggunya, bedak bayi memiliki begitu banyak manfaat yang mungkin belum pernah terpikirkan sebelumnya. Dan berikut beberapa manfaat dari bedak bayi yang bagus dan efektif, untuk pemakaian sehari-hari dirumah:

  1. Sebagai Sampo Kering

Pernah mendengar yang namanya sampo kering? Maksudnya, sampo yang menggunakan sampo tanpa harus menggunakan air untuk membilasnya. Nah, bedak bayi ini sangat cocok sekali digunakan sebagai sampo kering. Cukup taburi sisir dengan bedak bayi dan kemudian gunakan untuk menyisir rambut hingga ke akar. Hal ini cukup efektif untuk menghilangkan minyak pada rambut dan membuat rambut terlihat segar seperti habis keramas. (Baca Juga: Cara Melebatkan Rambut Bayi , Cara Membersihkan Kulit Kepala Bayi Baru Lahir)

Ditambah lagi, aromanya pun sangat harum seperti aroma bayi yang habis mandi dan juga wanginya ini bertahan cukup lama setidaknya hingga seharian. Manfaat bedak bayi sebagai sampo kering ini sangat baik untuk warna rambut apa saja hanya perlu menambahkan bahan lainnya agar menambah maksimal manfaatnya.

 2. Menghilangkan Pasir yang Menempel

Jika ingin berwisata ke pantai pada musim liburan, pastikan untuk tak lupa membawa bedak bayi. Manfaat bedak bayi ini sangat ampuh untuk membantu untuk menghilangkan pasir yang menempel baik pada pakaian maupun dalam mobil dan juga rumah setelah seharian bermain di pantai. Hanya dengan menaburkan bedak bayi pada bagian yang terkena pasir, akan membuat pasir lebih mudah untuk dibersihkan. Baik pada bagian mobil maupun ruangan dirumah yang tertempeli oleh pasir yang terbawa sebelumnya. (baca juga: Perkembangan Motorik Halus Anak)

  3. Menghilangkan Noda pada Pakaian

Pusing dan sebal saat baju kesayangan terkena noda karena minyak? Sekarang tak perlu khawatir lagi karena dapat memanfaatkan bedak bayi untuk membantu mengatasi noda pakaian yang disebabkan oleh karena lemak. Cukup dengan menaburkan bedak bayi menggunakan puff bedak atau bola-bola kapas kemudian oleskan pada noda lemak yang menempel pada pakaian. (baca juga: Jenis Makanan yang Dilarang Setelah Melahirkan)

Gosokkan bedak bayi pada noda yang menempel dengan seksama, ulangi hingga semua noda lemak seluruhnya hilang dan bersihkan sisa bedak bayi kemudian cuci pakaian tersebut seperti biasa. Bedak bayi bermanfaat untuk menghilangkan noda lemak yang tertinggal di pakaian yang mungkin dapat meninggalkan noda membandel.

 4. Mencegah Iritasi dan Peradangan

Bagi seorang pelari atau menyukai aktifitas berlari, mungkin akan terjadi gesekan antara kaki saat berlari. Hal tersebut dapat menimbulkan iritasi yang dapat menimbulkan rasa tidak nyaman. Dengan menggunakan bedak bayi sebelum memulai latihan berlari dapat membantu mencegah adanya gesekan dan mengurangi rasa kurang nyaman dan iritasi. (baca juga: Olahraga yang Dilarang Untuk Ibu Hamil)

 5. Mencegah Kalung Kusut

Pasti sangat menyebalkan bila kalung kesayangan yang hendak dipakai karena keslahan saat menyimannya menjadi kusut dan susah di kembakan seperti semula. Tak peru khawatir karena dapat memanfaatkan bedak bayi untuk membuat kalung bebas kusut. Taburkan bedak bayi pada kalung yang kusut dan goyang-goyangkan, butiran bedak bayi akan membuat simpul pada kalung menjadi longgar dan akan mudah di lepaskan. Yang terpenting jangan tergesa-gesa supaya kalung tidak putus. (Baca Juga: Manfaat Air Tajin Untuk Bayi)

 6. Mengurangi Bau Apek Sepatu

Tak jarang kaki yang bersepatu seharian memiliki bau yang tidak sedap, ini juga karena sepatu yang baunya pun juga tidak sedap. Cara mengatasinya cukup mudah dan praktis, yaitu dengan hanya menaburkan bedak bayi kedalam sepatu. Manfaat bedak bayi ini adalah untuk menyerap keringat dari sepatu karena telah dipakai seharian, seperti yang kita tahu bedak bayi memiliki wangi yang menyegarkan. (baca juga: Bahaya Bau Cat Bagi Ibu Hamil)

 7. Mengusir Serangga

Mungkin tak banyak yang tahu bahwa manfaat bedak bayi selain sebagai pengusir semut yang cukup ampuh bedak bayi pun juga dapat digunakan unuk mengusir serangga lainnya yang suka mengganggu di rumah. Butiran bedak akan sangat terasa licin di kaki serangga hingga membuat semut dan kawan-kawannya enggan mendekat. Cukup taburkan bedak bayi pada sudut-sudut rumah, celah-celah maupun di tempat-tempat yang mungkin akan didatangi semut. Dari pada menggunakan bahan kimia tentunya dengan memanfaatkan bedak bayi akan lebih aman untuk bayi.

Baca juga:

 8. Mendinginkan kulit sehabis bercukur

Kapan terakhir kali bercukur? Mungkin seminggu sekali atau dua minggu sekali? Tentu setelah selesai bercukur kulit terasa sedikit panas dan bedak bayi dapat digunakan untuk itu. Ini karena manfaat bedak bayi sangat bagus untuk mencegah adanya iritasi sehabis bercukur dan juga menghaluskan kulit. Apalagi kulit yang sensitif sangat penting untuk menjaganya jangan sampai teriritasi, dan bedak bayi sangat tepat untuk itu karena sama sekali tak menyebabkan iritasi. (baca juga: Mitos Mitos Bayi Baru Lahir )

9. Pengganti Deodoran

Dulu sebelum ada produk deodoran seperti saat ini, banyak yang menggunakan deodoran dalam bentuk bubuk. Dan manfaat bedak bayi ini hampir sama yakni sebagai pengganti deodoran. Setelah mandi tentu badan sedikit kurang nyaman bukan?  Dengan menaburkan bedak ke seluruh tubuh ini selain menjaga tubuh tetap wangi juga dapat menjaga kulit tetap lembab dan tak mudah teriritasi. (baca juga: Manfaat Berenang untuk Bayi)

10. Menyegarkan Lemari Baju

Pernah mendapati lemari pakaian yaang menjadi apek lama-lama, atau laci yang mudah lembab dan berbau tak sedap? Mudah saja mengakalinya, hanya dengan meletakkan bedak bayi pada cawan dan letakan di laci atau lemari. Manfaat bedak bayi ini mampu menyerap kelembaban yang ada dalam lemar maupun laci, selaun itu juga menghindarkan lemri dari serangga-serangga nakal seperti kecoa dan semut.