Pola Tidur Bayi 1 Bulan

pola tidur bayi 1 bulanSecara umum, pola tidur bayi adalah berbeda-beda, hal itu dipengaruhi dengan usia bayi tersebut. Semakin bertambah usia bayi, intensitasnya untuk tidur semakin jarang. Bayi yang baru dilahirkan biasanya akan memiliki kebiasaan tidur yang lebih sering dibandingkan dengan bayi yang memiliki usia lebih dari satu bulan.

Berikut ini hal-hal yang berhubungan dengan pola tidur bayi 1 bulan :

  • Bayi yang baru dilahirkan akan memiliki jam tidur sekitar 10 sampai dengan 18 jam.
  • Sayangnya tidak ada waktu pasti untuk menentukan berapa lama bayi akan tertidur. Pola tidur itu masih bisa bergeser dan memiliki pola yang tidak menentu.
  • Pola tidur bayi ada dua fase. Fase itu adalah aktif dan juga Rapid Eye Movement atau disingkat menjadi REM.
  • Untuk mengenali dan mengetahui pola tidur bayi yang anda miliki sebaiknya anda mengetahui ciri-ciri ketika bayi anda mengantuk.
  • Saat minggu pertama sampai dengan minggu kelima ( lebih dari 1 bulan ), bayi hanya akan bisa berinteraksi dengan orang di sekitarnya selama dua jam saja. Selebihnya bayi anda akan menghabiskan waktunya untuk tidur.
  • Bayi dengan umur 1 bulan, hanya akan bangun dan menangis saat dia merasakan lapar, mengantuk dan ada suatu hal yang mengganggu tidurnya.
  • Yang harus dilakukan oleh kedua orangtua adalah mengajarkan kepada bayinya mana siang dan mana malam.
  • Hal yang diajarkan oleh orangtua tersebut akan bermanfaat bagi bayi untuk mengetahui kapan waktunya tidur dan kapan waktunya untuk berinteraksi.
  • Orangtua tidak hanya berperan dalam penentuan pola tidur yang baik untuk bayinya, namun orangtua juga harus mampu memberikan tidur yang berkualitas kepada bayinya.
  • Tidur yang berkualitas sangat bermanfaat untuk bayi, terutama untuk petumbuhan dan juga merangsang pertumbuhan otak bayi.
  • Tidur disebut sebagai tumbuh kembang otak pada bayi dalam meningkatkan kecerdasan yang dimilikinya.
  • Tidur juga merupakan tumbuh kembang bayi untuk berfikir jernih dan memiliki akal yang cerdas.
  • Tidur yang berkualitas merupakan hal yang penting, untuk merangsang pertumbuhan jaringan di dalam tubuh bayi dan juga pertumbuhan tulang. Saat tidur, sebanyak 75 persen hormon pertumbuhan akan disusun.
  • Bayi yang tidak memiliki tidur yang berkualitas serta jam tidur yang bagus, bayi tersebut akan memiliki berbagai masalah. Masalah itu adalah daya tahan tubuh menurun, infeksi yang masuk ke dalam tubuh bayi mengalami peningkatan serta sel darah putih di dalam tubuh bayi akan mengalami penurunan.

Cara Membuat Tidur Bayi 1 Bulan menjadi Berkualitas

Pentingnya tidur berkualitas tersebut membuat orangtua harus ikut andil dalam berperan menciptakan pola tidur yang berkualitas pada bayi. Jika pola tidur sehat tidak dapat diterapkan, mustahil bahwa bayi anda akan mendapatkan tidur yang berkualitas.

Berikut ini cara yang dilakukan oleh orangtua untuk mrmbuat pola tidur yang berkualitas untuk bayi yang berumur 1 bulan :

1. Popok Bayi

Agar bayi bisa tidur nyenyak dan tidak terbangun di dalam tidurnya, orangtua harus selalu mengecek kondisi popok bayi. Pastikan bahwa popok bayi dalam kondisi kering. Jika popok bayi dibiarkan dalam kondisi basah dengan rentang waktu yang lama, bayi bisa terbangun dari tidurnya dan menyebabkan iritasi di bagian kulitnya sebab lembab dalam waktu lama.

2. Melatih Tidur

Orangtua juga bisa melatih bayinya untuk tidur. Melatihnya dengan cara pelan-pelan. Salah satu cara yang bisa dilakukan adalah dengan melatih membedakan mana siang dan mana malam. Sehingga saat malam hari, bayi akan terbiasa dengan jam tidurnya sedangkan saat siang hari bayi akan mencoba berinteraksi dengan orang-orang di sekelilingnya.

3. Tanda Mengantuk

Salah satu hal yang bisa membantu orangtua dalam menerapkan pola tidur yang berkualitas adalah dengan mengenali tanda-tanda jika bayinya telah mengantuk. Jika ibu atau orangtua tidak peka dengan tanda-tanda mengantuk dari bayi, akibatnya adalah bayi tidak bisa mendapatkan pola tidur yang bagus.

4. Letakkan di Tempat Tidur

Biasakan pada bayi untuk mengenali waktu tidurnya, sehingga saat malam hari bayi akan tahu jika waktunya tidur. Saat bayi anda mengantuk, segera letakkan bayi di tempat tidurnya meskipun mata bayi masih terbuka. Kebiasaan itu akan membuat bayi tahu jika diletakkan di tempat tidur berarti dia harus segera tidur.

 5. ASI

Sampai usianya satu bulan, aktivitas yang bisa dilakukan bayi adalah tidur. Bayi yang baru dilahirkan pun hanya bisa tidur sepanjang harinya. Langkah yang harus dilakukan ibu saat bayinya terbangun adalah dia harus memberikan ASI dengan segera. Lakukan cara memperbanyak ASI untuk ibu dengan kondisi ASI sedikit.

Hindari menyalakan lampu sangat terang ketika bayi anda terbangun. Biarkan kondisi ruangan tetap remang-remang agar bayi tahu jika saat itu masih malam hari.

6. Ketahui Tanda Bayi Mengantuk

Hal yang bermanfaat untuk orangtua dalam mengenali waktu tidur pada bayi adalah dengan mengenali tanda bayi mengantuk. Orangtua harus peka kapan bayi mulai mengantuk, berikut ini adalah tanda jika bayi anda sedang mengantuk :

  • Rewel – Bayi yang sedang mengantuk dia akan mudah rewel dan mudah menangis. Saat bayi anda rewel, segera berikan ASI dan letakkanlah di tempat tidurnya agar dia segera tidur.
  • Mengusap Matanya – Bayi yang sedang mengantuk juga akan sering mengusap-usap matanya. Bayi juga akan menggosok matanya menggunakan tangannya.
  • Gerakan Menurun – Bayi juga memiliki gerakan yang menurun saat mengantuk, bayi yang tadinya suka menggerakkan kaki dan tangannya menjadi menurun gerakan kaki dan tangannya.
  • Menguap – Bayi yang sedang mengantuk, akan lebih sering menguap saat mengantuk. Jika hal itu terjadi segera berikan ASI dan letakkan di tempat tidur.

7. Membedakan Siang dan Malam

Mengajarkan kepada bayi tentang perbedaan siang dan malam sangat diperlukan untuk bayi. Bayi yang baru lahir akan berbeda dengan anak-anak, anak-anak dengan sendirinya bisa membedakan mana siang dan mana malam melalui cahaya di luar rumah. Sedangkan untuk bayi yang baru lahir, diperlukan bantuan orangtua untuk bisa membedakannya. Berikut ini cara membedakan siang dan malam hari pada bayi :

  • Letakkan Di Ayunan/Kereta Dorong – Saat siang hari, anda bisa meletakkan bayi di kereta dorongnya atau di ayunannya. Sedangkan jika malam hari anda bisa meletakkan bayi di tempat tidurnya. Melakukan ini terus menerus akan membuat bayi bisa tahu mana waktu siang dan mana waktu malam.
  • Cahaya – Saat siang hari, letakkan bayi di posisi atau ruangan yang banyak terkena cahaya. Dengan cahaya tersebut bayi sendirinya akan tahu kalau hari itu adalah siang hari. Sedangkan pada malam hari, biarkanlah posisi cahaya dalam kondisi remang-remang sehingga bayi akan tahu jika saat itu adalah malam hari.
  • Suara – Saat siang hari biarkan suara-suara bising di sekitar bayi anda. Anda bisa menyalakan tv dan radio dalam keadaan menyala. Saat bayi mendengarkan suara bising, dia akan tahu jika saat itu adlaah siang hari. Pada malam hari, jangan terlalu membuat kebisingan. Biarkan radio dan televisi dalam kondisi mati.

Pola tidur bayi 1 bulan harus diketahui oleh ibu muda yang belum pernah memiliki bayi sebelumnya. Ibu baru harus bisa menyesuaikan diri dengan pola tidur bayinya.Banyak ibu muda dan ibu baru yang kaget dengan pola tidur bayinya, sehingga dia tidak bisa menyesuaikan diri dengan pola tidur bayi yang dimilikinya. Saat hamil, ibu tidak hanya menyiapkan mentalnya untuk melahirkan saja, namun ibu hamil juga harus menyesuaikan dengan pola tidur bayinya kelak.

Kesiapan mental akan membuat ibu hamil lebih rileks dalam menjalani perannya sebagai ibu. Untuk ibu yang tidak siap mental, akibatnya dia akan mengalami stress yang mendalam dan berlarut-larut. Tidak hanya itu saja, ibu juga akan mengalami sindrom baby blues dimana sang ibu tidak mengenali dirinya sendiri dan tidak mau mengurus bayi yang dilahirkannya.

,
Post Date: Saturday 20th, June 2015 / 03:29 Oleh :
Kategori : Bayi