Cara Minum Pil KB Microgynon Setelah Haid Yang Efektif

Mandapatkan kehamilan menjadi salah satu kondisi yang diinginkan oleh hampir semau wanita di dunia ini. Proses kehamilan merupakan kondisi yang harus terjadi di dalam tubuh dalam sistem reproduksi manusia yang akan memberikan hasil akhir kelahiran seorang bayi sebagai keturunan langsung atau keturunan darah daging dari seorang wanita yang disebut sebagai ibu. Peran ibu tersebut yang akan menjadikan wanita memiliki peranan maksimal sebagai seorang wanita sempurna.

Dalam prosesnya mendapatkan kehamilan tersebut perlu berbagai macam cara yang harus diperhatikan mulai dari memperhatikan kondisi haid dan kesehatan tubuh maupun kesehatan reproduksinya hingga mengikuti berbagai macam cara cepat hamil yang dapat dilakukan lewat program hamil dengan dokter spesialis kandungan. Dalam program hamil tersebut tentu akan dilalui berbagai macam tahap mulai dari yang sederhana  hingga yang komplek dan tak jarang yang rela melakukan tindakan medis seperti inseminasi buatan serta bayi tabung dengan biaya yang tinggi.

Meskipun kondisi kehamilan merupakan keadaan yang penting untuk dicapai, beberapa wanita ada yang ingin melakukan cara menunda kehamilan secara alami ataupun secara medis karena berbagai macam hal diantaranya seperti memberikan jarak pada anak sebelumnya, alasan mental dan kesiapan psikis, memiliki hal yang ingin di capai terlebih dahulu sebelum menjadi sosok ibu, dan lain sebagainya. Salah satu hal yang dapat dilakukan untuk menunda kehamilan tersebut adalah dengan mengkonsumsi pil kB namun tidak banyak yang memahami bagaimana menggunakannya. Berikut ini penjelasan terkait cara minum pil KB Microgynon setelah haid agar manfaatnya benar terjadi.

  1. Memahami pil KB Microgynon

Langkah pertama yang perlu dilakukan dalam cara minum pil KB microgynon setelah haid adalah dengan mengetahui apa itu pil KB Microgynon tersebut. Pil KB Microgynon menggunakan dua hormon kombinasi yakni Ethinylestradiol 0,03 mg (hormon estrogen) dan Levonorgestrel 0,15 mg (hormon progestin). Pil KB Microgynon terdiri dari 28 pil yang 7 diantaranya adalah plasebo. Pada kemasan pil KB Microgynon terdapat beberapa tanda untuk membantu meminum pil KB tersebut. Ada dua kolom pil KB Microgynon yakni yang berwarna biru dan tidak berwarna biru dengan  tanda anak panah serta nama nama hari.

  1. Pahami tanda hari pertama haid

Untuk sukses dalam menggunakan pil KB yang sebenarnya memiliki efektifitas perlindungan kontrasepsi sebesar 97 % tersebut maka pemahaman terhadap ciri dan tanda hari pertama haid sangat penting diperlukan oleh setiap wanita mengingat penggunaan pil KB yang efektif bergantung pada hal tersebut. Konsumsi pil KB yang terjadi setelah haid cukup sulit dipastikan efektifitasnya sehingga harus menggunakan alat kontrasepsi tambahan namun tetap dapat dilakukan dengan cara yang akan dijelaskan dibawah ini.

  1. Langkah konsumsi yang tepat

Seperti dalam penjelasan pengenalan pil KB Microgynon diatas terdapat beberapa label dan anak panah yang dapatm membantu dalam menggunakan pil KB tersebut. Pil KB harus digunakan sesuai dengan arah yang ada dan sebaiknya dimulai pada warna biru ketika sedang menstruasi atau saat haid.  Cara penggunaanya cukup mudah yakni dengan mengkonsumsi pil KB pada saat hari pertama haid dan memiliki pil yang sesuai harinya pada kolom berwarna biru. Konsumsi pil selanjutnya mengikuti arah yang ada setiap hari tanpa terlewat dan harus dikonsumsi atau diusahakan diminum pada jam yang sama setiap harinya agar efektifitas pil KB tersebut lebih baik.

  1. Yang perlu dilakukan bila lupa

Lupa mengkonsumsi pil KB bisa saja terjadi dan menjadi kondisi yang dapat menimbulkan masalah efektifitas dari pil KB Microgynon tersebut. Jika wanita lupa mengkonsumsi pil KB kurang dari 12 jam maka segera konsumsi pil KB pada saat ingat segera namun jika wanita lupa tepat satu hari atau 24 jam dapat mengkonsumsi pil KB sebanyak dua pil sekaligus. Ketika lupa terjadi lebih dari 24 jam maka konsumsi 2 pil dapat dilakukan namun perlu tambahan alat kontrasepsi karenan efektifitas pil KB berkurang atau bahkan hilang.

  1. Cara konsumsi jika haid sudah terlewat

Jika wanita ingin mengkonsumsi pil KB langsung tanpa harus menunggu menstruasi atau hai maka dapat dilakukan dengan cara memilih pil pertama sesuai dengan hari pada saat akan mengkonsumsinya pada kolom yang tidak berwarna biru. Efektifitas pil KB yang dikonsumsi setelah haid sebenarnya kurang baik sehingga sebaiknya didukung dengan alat kontrasepsi atau dengan beberapa jenis KB pria selama kurang lebih 1 minggu pertama setelah mengkonsumsi pil KB tersebut. Cara penggunannya sebenarnya sama dengan cara minum pil KB Andalan setelah haid karena kandungannya yang juga sama.

Itulah beberapa penjelasan mengenai cara minum pil KB Microgynon setelah haid yang tepat agar setidaknya efektifitas dari kontrasepsinya tetap ada meskipun secara fungsi akan mengalami penurunan dan tidak lebih baik ketika konsumsi pil KB pertama kali dikonsumsi pada saat menstruasi atau haid. Hal yang dijelaskan diatas perlu dipahami agar keinginan untuk menunda kehamilan dapat terjadi asalalkan cara minum pil kb agar tidak hamil dilakukan dengan benar.