16 Cara Menunda Kehamilan Secara Alami dan Aman

Menunda kehamilan adalah salah satu pilihan bagi beberapa pasangan yang sudah menikah, atau bahkan pasangan yang memang sudah memiliki anak. Namun pada beberapa orang akan merasa takut untuk menggunakan alat kontrasepsi seperti kondom, jarum susuk, spiral, dan lain sebagainya. Hal ini membuat banyak wanita memutar otak untuk mencari cara aman yang bisa dilakukan. Adapun cara menunda kehamilan secara alami adalah sebagai berikut.

  1. Menggunakan perhitungan kalender

Menggunakan perhitungan kalender untuk menunda kehamilan adalah cara tepat dan alami. Anda bisa menggunakan perhitungan kalender dengan menghitung sejak kapan anda menstruasi, anda harus menandai tanggal tersebut hingga masa akhir menstruasi. Selanjutnya anda juga akan lebih mudah untuk menghitung perkiraan kapan masa ovulasi, dan dengan menggunakan perhitungan tersebut anda akan lebih aman dari kehamilan.

Cara ini akan lebih aman dibandingkan menggunakan kontrasepsi seperti suntik KB dan pil KB. Selain itu anda bisa menggunakan kalender khusus untuk menghitung masa ovlasi, dan pastikan jika cara yang anda gunakan tepat dan perhitungan juga sesuai dengan cara yang dokter atau bidan ajarkan. (baca: tanda tanda ovulasi – cara menghitung masa subur wanita – masa tidak subur setelah haid)

  1. Mengeluarkan penis sebelum ejakulasi

Mengeluarkan penis sebelum ejakulasi adalah salah satu cara yang aman dilakukan oleh pasangan suami istri. Mengeuluarkan penis sebelum ejakulasi akan membuat cairan ( mani ) keluar diluar vagina anda, dan dengan begitu kemungkinan terjadinya pembuahan juga sangat minim. Anda sebaiknya menyiapkan tisu bersih jika ingin menggunakan cara ini, dan jagalah kebersihan penis, vagina dan juga tempat anda berhubungan agar tidak ada kuman yang menmpel dan membahayakan kesehatan anda. Sebaiknya anda juga memperkirakan kapan cairan akan keluar agar tidak terlanjur keluar di dalam vagina anda. (baca: kekurangan dan kelebihan bayi tabung – bayi tabung dalam islam – proses bayi tabung)

  1. Gunakan metode cek lendir serviks

Salah satu cara untuk menunda kehamilan bisa anda lakukan dengan cara mengecek lendir servisk. Cara ini memang agak sulit dan membutuhkan ketelitian yang baik. Anda bisa melakukan cek lendir serviks ini sebelum berhubungan, pertama masukkan jari anda yang bersih ke dalam ujung dinding serviks. Kemudian perhatikan lendir yang menempel, jika lendir bening dan encer artinya masa ovulasi anda belum dekat. Dan jika lendir bening, kental dan mirip seperti susu, maka itu artinya anda akan memasuki masa ovulasi.

Ketika anda memasuki masa ovulasi, dan anda melakukan hubungan suami istri, maka besar sekali kemungkinan terjadinya pembuahan di dalam rahim anda. Dan jika anda ingin menunda kehamilan, maka anda bisa menunda untuk berhungan seksual bersama pasangan anda atau menggunakan cara alami lainnya.

Informasi keputihan:

  1. Berikan ASI pada bayi

Memberikan ASI pada bayi anda sama saja dengan diet alami, dan tidak hanya diet saja tapi juga KB alami. Ketika anda ingin menunda kehamilan di usia anak yang 1 tahun, maka anda bisa melakukannya dengan menyusui anda secara intens. Jika anda malas menyusui bayi anda, maka akan besar sekali kemungkinan terjadinya hamil pada anda. Selain itu anda juga akan mendapatkan banyak manfaat dari hamil alami ini. Pertama tubuh anak tidak akan terkontaminasi dengan zat-zat yang terkandung dalam kontrasepsi, dan kedua anda juga akan lebih sehat.(baca: tanda hamil saat menyusui)


Informasi ASI dan susu formula:

  1. Gunakan metode ukur suhu tubuh

Gunakan metode ukur suhu tubuh untuk menunda kehamilan secara alami. Cara ini akan sangat berguna jika anda tidak menggunakan alat kontrasepsi seperti suntik KB, pil KB, spiral, susuk KB dan lain sebagainya. Cara menerapkan metode ini juga sangat mudah, anda bisa mengecek suhu tubuh anda setelah bangun tidur. Umumnya manusia akan memiliki suhu tubuh sekitar 35°C hingga 36°C, dan jika suhu tubuh anda lebih dari itu, maka besar kemungkinan jika anda dalam masa ovulasi atau masa subur.

Jika anda tidak ingin terjadi kehamilan, maka sebaiknya hindari berhubungan seksual dengan suami. Gunakan kondom pria atau kondom untuk wanita, dan jika anda ingin cepat hamil, maka anda bisa melakukan hubungan suami istri dalam suhu tubuh tersebut.

Informasi alat kontrasepsi:

  1. Jongkok setelah berhubungan

Jongkok di kamar mandi setelah berhubungan adalah cara yang alami untuk menunda kehamilan. Cara ini bisa anda terapkan setelah berhubungan, dan bisa langsung ke kamar mandi usai berhubungan dengan suami anda. Fungsi dari jongkok adalah untuk mengeluarkan cairan mani yang ada dalam vagina, selain itu gunakan air bersih dan sabun untuk mencuci vagina anda usai berhubungan suami istri.

Informasi cara cepat hamil:

  1. Gunakan posisi yang tepat saat berhubungan

Posisi berhungan seks juga mempengaruhi kehamilan anda. Jika anda ingin menunda kehamilan maka anda bisa menggunakan posisi seks yang tepat, misalnya dengan duduk, membungkuk dan beberapa posisi lainnya. Ketika anda melakukan hubungan seks, dan menggunakan beberapa posisi untuk menunda kehamilan, maka sebaiknya perhatikan juga kenyamanan anda dalam berhubungan seks. Jangan pernah merasa terpaksa, atau menahan rasa sakit saat berhubungan. Karena hal tersebut tidak baik bagi kesehatan dan juga psikis anda.

Informasi kehamilan ektopik:

  1. Lari kecil setiap pagi

Lari kecil setiap pagi bisa membantu proses penundaan kehamilan. Anda bisa lari kecil disekiatar kompleks rumah anda, dengan lari kecil anda bisa meminimalisir terjadinya kehamilan. Selain itu anda juga bisa melakukan olahraga fisik lain nya seperti berenang, bersepeda dan lain sebagainya.

  1. Beraktivitas setiap hari

Beraktivitaslah susai melakukan hubungan seksual bersama suami. Jika anda melakukan aktivitas seusai berhubungan suami istri, maka bisa jadi hal tersebut menjadi salah satu cara untuk menunda kehamilan anda secara alami. Anda bisa mencuci pakaian, memasak, mengepel dan lain sebagainya. Selain itu bagi anda yang bekerja juga bisa jalan kaki menuju tempat kerja, dan cara tersebut dinilai lebih efektif dibandingkan anda harus diamk saja dirumah dengan melompat-lompat tidak jelas.

Informasi olahraga ibu hamil:

  1. Berhubungan di 3 hari setelah menstruasi

Masa ovulasi umumnya terjadi sekitar 6-7 hari sebelum waktu menstruasi datang. Dan itu artinya setelah masa menstruasi, masa ovulasi masih jauh. Di masa setelah menstruasi inilah anda bisa melakukan hubungan suami istri dengan pasangan, karena di waktu tersebut otomatis masa ovulasi masih jauh. (baca: cara menghitung masa subur wanitaciri-ciri wanita subur setelah haid – masa tidak subur setelah haid )

Informasi menstruasi:

  1. Makan buah nanas

Beberapa orang percaya jika buah nanas bisa menunda kehamilan, karena buah ini bisa membuat perut wanita menjadi panas. Anda bisa mencoba cara ini untuk menunda kehamilan, dan anda juga bisa mengonsumsi buah nanas dengan cara di buat rujak. Nanas sebenarnya tidak selalu buruk karena mengandung bromelain yang sangat baik untuk rahim Anda.

Baca: bahaya buah nanas bagi ibu hamil dan janin – manfaat nanas bagi ibu hamilbahaya nanas untuk ibu hamil

  1. Makan buah pepaya muda

Jika anda ingin menunda kehamilan, maka anda bisa menggunakan buah pepaya muda. Buah pepaya muda bisa membuat perut anda lebih panas, sehingga hal ini dapat menunda terjadinya kehamilan pada rahum. Anda bisa menggunakan pepaya muda untuk sayur, rujak, manisan dan lain sebagainya.


  1. Makan buah kelengkeng

Jenis buah lain yang bisa dimanfaatkan untuk menunda kehamilan adalah buah kelengkeng. Buah kelengkeng akan sangat berbahaya bagi ibu hamil, karena buah ini bersifat panas dan bisa menyebabkan keguguran. Dan bagi anda yang ingin menunda kehamilan, anda bisa menggunakan buah kelengkeng ini untuk es atau lain sebagainya.

  1. Minumlah jamu peluntur

Salah satu cara mencegah kehamilan secara alami adalah dengan mengonsumsi jamu peluntur. Jamu ini bisa anda temukan dibeberapa tukang jamu yang ada di kota anda. Namun jamu sebaiknya perlu dihindari karena terkadang juga bisa menyebabkan bahaya untuk organ wanita. Salah jamu justru bisa menyebabkan berbagai penyakit reproduksi wanita. (baca: bolehkah ibu menyusui minum jamu– manfaat kunyit asam untuk ibu hamil)

  1. Minum air asam jawa

Asam jawa ternyata juga bisa dimanfaatkan untuk mencegah kehamilan, dan cara ini juga sangat alami. Anda bisa merebus asam jawa ditambahkan dengan sedikit gula merah. Minumlah ramuan asam jawa sebelum dan setelah berhubungan suami istri dengan pasangan anda.

Informasi penyakit reproduksi wanita:

  1. Minum soda

Cara menunda kehamilan selanjutnya bisa anda lakukan dengan mengonsumsi minuman bersoda setelah dan sebelum berhubungan seks bersama suami anda. Namun jika anda sudah terlanjur hamil, maka sebaiknya hindari untuk minum soda karena akan berbahaya untuk anda dan juga bayi anda.

Jadi inilah berbagai cara  menunda kehamilan secara alami dan aman. Sebaiknya Anda memilih cara yang paling sesuai dengan kondisi tubuh dan tidak terlalu memaksa. Pilihlah cara yang aman dan konsultasikan dengan dokter terlebih dahulu. Selain itu juga penting untuk berbicara dengan pasangan.

, , ,
Post Date: Wednesday 04th, October 2017 / 06:40 Oleh :
Kategori : Kehamilan