Penyebab Kehamilan 7 Minggu Baru Terlihat Kantung Yang Patut Diwaspadai

Mengkonsumsi makanan sehat dan bergizi tinggi untuk memenuhi kebutuhan nutrisi ibu hamil, menghindari aktivitas yang berat dan merupakan larangan ibu hamil, memberikan waktu tubuh untuk beristirahat dengan kualitas yang baik, serta berkonsultasi dengan dokter kandungan merupakan usaha yang perlu dilakukan oleh setiap ibu hamil agar kondisi kehamilannya dapat berjalan dengan sehat dan normal. Kehamilan yang sehat dan normal secara langsung akan berkolerasi dengan perkembangan janin yang juga normal.

Untuk memastikan bahwa usaha yang dilakukan oleh ibu hamil bermanfaat menjadikan janin di dalam kandungan dalam kondisi yang sehat dapat dengan memperhatikan tanda tanda fisik yang ada maupun gambaran yang ditunjukan dalam pemeriksaan USG.  Pada sebuah kondisi tertentu, ada keadaan dimana ibu dengan usia kehamilan 7 minggu baru terlihat kantung tanpa adanya perkembangan janin di dalamnya. Berikut penjelasan mengenai kondisi yang terjadi pada ibu hamil 7 minggu tersebut apakah merupakan keadaan yang normal atau tidak melalui ulasan di bawah ini.

Normalkah Kehamilan 7 Minggu Baru Terlihat Kantung

Kantung janin merupakan bagian dari perkembangan janin yang akan muncul pertama kali dan akan terlihat lebih awal melalui pemeriksaan USG, Kantung janin tersebut menjadi salah satu tanda yang dapat memastikan bahwa seorang wanita memang benar sedang hamil meskipun sebelumnya sudah ada pemerikaan HCG dan tanda tanda kehamilan. Memastikan kantung janin muncul di awal kehamilan sangat penting untuk memastikan bahwa janin yang telah dibuahi menempel benar di dinding rahim.

Kantung kehamilan secara normal dapat muncul di usia kehamilan 4 minggu, itu mengapa biasanya pemeriksaan USG baru dapat dilakukan pada usia tersebut. Kondisi kehamilan 7 minggu baru terlihat kantung janinnya merupakan keadaan yang bisa saja normal dan bisa juga menjadi tanda adanya bahaya pada kehamilan yang sedang dijalani. Untuk memastikan kondisi yang terjadi pada ibu hamil dengan baru terlihatnya kantung kehamilan tersebut biasanya dokter akan melakukan pemeriksaan ulang satu sampai dua minggu kedepan.

Penyebab Kantung Janin Tidak Terlihat

Seperti dalam pembahasan diatas, kantung janin yang baru terlihat diusia 7 minggu bisa jadi merupakan keadaan yang normal namun bisa juga mengarah pada kondisi berbahaya tergantung penyebabnya. Berikut beberapa hal yang dapat menjadi penyebab kantung janin tidak terlihat ketika kehamilan memasuki usia 7 minggu yang diantaranya seperti :

  • Kesalahan perhitungan usia kehamilan

Penyebab pertama yang dapat menjadikan kantung kehamilan pada usia 7 minggu baru mulai terlihat adalah karena kesalahan dalam perhitungan usia kehamilan. Kondisi tersebut menjadikan kehamilan yang dijalani oleh ibu hamil sebenarnya belum memasuki usia 7 minggu sehingga kantung janin tidak akan terlihat. Keadaan ini dapat diketahui ketika beberapa minggu kedepan kantung janin sudah bisa dilihat dalam pemeriksaan USG. Usia kehamilan yang salah tersebut dipengaruhi oleh karena siklus menstrusi yang tidak teratur, testpack yang menunjukan hasil salah, dan kondisi kehamilan ibu yang lemah. Kesalahan perhitungan yang salah menyababkan usia kehamilan berbeda dengan hasil USG.

  • Gejala blighted ovum

Blighted ovum atau yang secara definsi merupakan kondisi dimana sel telur yang berhasil di buahi oleh sel sperma tidak berkembang sehingga tidak ada kehamilan yang terjadi. Meskipun tidak ada janin maupun kantung janin pada rahim, ibu tetap akan merasakan berbagai macam bentuk gejala kehamilan yang memang biasa dirasakan oleh wanita hamil. Beberapa blighted ovum dapat menunjukan adanya kantong kehamilan namun tidak ada janin dan beberapa lainnya sama sekali tidak menunjukan apapun di rahim. Jika pada usia kehamilan 7 minggu benar tidak menunjukan adanya janin di dalam kantung kehamilan maka sebaiknya percayakan apa yang akan menjadi tindakan tim dokter untuk membantu menjaga agar proses kehamilan yang dijalani tetap normal dan kesehatan ibu juga tetap terjaga.

  • Alat dan metode pemeriksaan yang kurang tepat

Penyebab lainnya yang menjadikan kehamilan 7 minggu baru terlihat kantung janin adalah karena alat dan metode pemeriksaan yang mungkin kurang tepat dan kurang peka sehingga sebenarnya kantung janin sudah dapat terlihat sebelum memasuki usia kehamilan 7 minggu. Alat USG yang kurang peka biasanya sulit menunjukan dengan jelas adanya kantong kehamilan atau kantong janin diusia yang tepat dan baru terlihat ketika memang kantung tersebut sudah sangat jelas untuk dilihat.

Itulah beberapa penjelasan mengenai penyebab kehamilan 7 minggu baru terlihat kantung dan apakah kondisi tersebut menjadi keadaan yang normal atau tidak. Kantung kehamilan yang baru terlihat pada usia 7 minggu secara umum masih dapat dikatakan normal selagi tidak ada tanda pendukung lainnya yang menujukan adanya kondisi berbahaya pada perkembangan janin. Kantong kehamilan yang baru terlihat diusia 7 minggu dapat disebabkan oleh beberapa hal yang harus dipahami setiap ibu hamil dalam penjelasan diatas. Untuk memastikan bahwa kondisi kehamilan yang dijalani dalam keadaan yang baik baik saja maka ibu dapat berkonsultasi dengan dokter kandungan.