12 Tanda-Tanda Rahim Bersih Setelah Keguguran 1 Kali

Keguguran adalah salah satu kejadian yang tidak pernah dibayangkan oleh semua wanita. Namun jika anda mengalami keguguran, maka perhatikan frekuensi cairan yang keluar dari serviks agar dokter atau bidan mampu memberikan tindakan yang tepat. Pada beberapa kasus keguguran tidak membutuhkan tindakan kuretase, namun pada beberapa kasus lain kegugura memerlukan tindakan kuretase. Namun keguguran tanpa kuret memiliki resiko yang lebih berat termasuk penyebab keguguran berulang. Tindakan kuretase umumnya bisa menjamin bersih nya rahim anda dari sisah embrio, namun tidak demikian dengan wanita keguguran tanpa melakukan kuretase. Umumnya mereka hanya akan diberikan obat, dan diperintahkan untuk memperhatikan frekuensi darah yang keluar. Dan jika keluar banyak darah dari serviks, kemungkinan proses pembersihan sudah total, adapun tanda-tanda rahim bersih setelah keguguran adalah sebagai berikut.

  1. Menstruasi teratur

Pasca keguguran seorang wanita akan mengalami gangguan menstruasi yang tidak menentu. Hal ini bisa jadi disebabkan belum bersihnya rahim pada wanita tersebut. Menstruasi yang teratur adalah tanda dari bersihnya rahim wanita setelah keguguran, dan jika anda sudah mendapatkan menstruasi secara teratur, maka artinya sudah tidak ada lagi sisah embrio dalam rahim anda. Apabila anda tidak mengalami menstruasi hingga 3 bulan, atau bahkan pendarahan terjadi hingga 1 bulan, maka sebaiknya anda segera mengonsultasikan hal tersebut kepada dokter atau bidan terdekat. Karena hal tersebut akan sangat berbahaya bagi kesehatan anda. Ini juga bisa terjadi menstruasi pertama setelah keguguran tanpa kuret yang sangat lancar dan tidak menunjukkan adanya tanda macam-macam gangguan haid.

  1. Tidak ada gumpalan darah

Salah satu tanda bersihnya rahim dari sisah embrio adalah makin berkurangnya gumpalan darah yang keluar dari serviks. Ketika anda mengalami keguguran, maka sebaiknya perhatikanlah bagaimana darah yang keluar, dan seperti apa tekstur darah tersebut. Darah yang keluar mempengaruhi apakah embrio sudah keluar seluruhnya atau belum. Jika anda masih menemukan gumpalan darah, maka artinya proses pembersihan rahim masih belum selesai. Dan jika proses tersebut belum selesai, maka anda bisa memebersihkan rahim dengan bantuan air kelapa, air asam jawa dan bahkan air godokan daun sirsak. Beberapa cara tersebut sangat alami dan bisa anda gunakan saat masih ada gumpalan yang keluar dari serviks anda. Perhatikan juga jika ada masalah seperti darah haid berwarna hitam pekat disertai penyebab nyeri haid berlebihan.

  1. Tidak nyeri perut

Pada umumnya orang yang mengalami keguguran akan merasakan sakit perut. Sakit perut ini sebenarnya berasal dari rahim, karena dalam rahim terjadi sebuah kontraksi hebat. Ketika anda masih mengalami sakit perut pasca keguguran, maka artinya rahim anda masih belum bersih dan anda harus melakukan pembersihan rahim secara total. Ada banyak sekali cara yang bisa anda lakukan untuk membersihkan rahim, diantaranya dengan melakukan kuretase, dengan mengonsumsi obat antibiotik, dan bahkan dengan menggunakan cara alami. Cara tersebut bisa anda lakukan sesuai dengan hasil konsultasi pada dokter. Jangan memaksakan sisah embrio keluar dengan pijat ke dukun bayi, karena hal tersebut akan sangat berbahaya bagi kesehatan dan bahkan nyawa anda. Rasa sakit biasanya juga disertai dengan berbagai penyebab haid tidak teratur yang sering membuat ibu lebih khawatir.


  1. Tidak merasa nyeri pada pinggang

Pada umumnya orang yang mengalami keguguran akan merasa nyeri pada bagian pinggang nya. Jika anda merasa nyeri pada bagian pinggang, itu artinya masih ada sisah embrio atau gumpalan darah dalam rahim. Jika anda merasa sakit pada pinggang, maka artinya masih ada sisah embrio atau darah yang belum keluar dari rahim. Konsultasikanlah pada dokter kandungan atau bidan terdekat, tanyakan apakah anda harus mengonsumsi obat atau menggunakan cara tradisional untuk mengeluarkan sisah darah pada rahim anda. Terkadang nyeri ini juga bisa menjadi pertanda gejala adanya kista di rahim sehingga membutuhkan perawatan yang cepat.

  1. Tidak merasa mual

Rasa mual bisa menjadi sebuah pertanda jika rahim anda sudah bersih. Karena bisa jadi rahim anda belum bersih atau dalam tubuh anda masih ada hormon HCG. Konsultasikanlah apa yang anda rasakan pada dokter atau bidan, dan mintalah saran dokter cara apa yang harus anda lakukan untuk menghilangkan rasa mual. Dan jika anda sudah tidak mengalami muntah atau mual, maka artinya rahim anda sudah bersih pasca mengalami abortus atau keguguran. Mual ini sama seperti yang terjadi seperti efek samping operasi miom.

  1. Tidak merasa pusing

Pusing pasca keguguran adalah hal yang wajar terjadi, karena bisa jadi anda mengalami pusing karena terlalu banyak cairan yang keluar. Pusing sendiri bisa terjadi jika rahim anda belum bersih, bisa jadi masih ada gumpalan darah atau sisah placenta embrio yang tertinggal dalam rahim anda. Jika anda mengalami hal ini, maka cobalah untuk menggunakan cara alami untuk memebersihkan rahim. Misalnya saja dengan mengonsumsi kapsul kulit manggis, madu, minyak zaitun dan bahkan meminum  air godokan asam jawa.

  1. Suhu tubuh normal

Tanda-tanda rahim bersih setelah keguguran adalah suhu tubuh kembali normal. Umumnya orang yang mengalami keguguran akan mengalami peningkatan atau penurunan suhu tubuh. Hal ini bisa menyebabkan wanita demam dan bahkan pingsan mendadak. Jika anda merasa demam hingga lebih dari 3 hari, maka sebaiknya segera konsultasikan pada dokter. Karena bisa jadi tidak normalnya subuh tubuh anda, adalah tanda jika rahim anda belum bersih secara sempurna. Terlebih jika Anda pernah mengalami keguguran 2 kali berturut- urut maka semua gejala ini harus diperhatikan.

  1. Tidak ada hormon HCG dalam tubuh

HCG adalah hormon yang hanya dimiliki wanita yang sedang hamil, dan bahkan wanita yang usai melakukan kuretase pasca keguguran, juga bisa memiliki hormon ini untuk beberapa waktu. Adanya hormon HCG juga bisa menjadi tanda bahwa masih ada sisah embrio pada rahim anda. Untuk mengetahi apakah dalam tubuh anda masih ada hormon HCG atau tidak, anda bisa menggunakan bantuan test pack. Karena alat pendeteksi kehamilan inilah yang bisa membantu anda untuk melihat apakah rahim sudah bersih atau belum. . Jika anda menemukan hasil negatif pada test pack, maka artinya sudah tidak ada lagi hormon HCG dalam tubuh anda, sehingga rahim anda bisa dikataan sudah bersih. Anda juga harus ingat bahwa adanya hormon ini juga bisa menjadi tanda-tanda hamil kosong.

  1. Tidak merasa lemas

Umumnya pasca keguguran wanita akan merasa lemas dan bahkan tidak mampu untuk berdiri. Jika anda masih merasa lemas, sebaiknya konsumsilah air kelapa hijau atau minuman yang mengandung elektrolit lainnya. Air kelapa mampu membuat tubuh anda kembali segar, dan bahkan air kelapa ini mampu melancarkan pendarahan pasca mengalami keguguran. Jika anda sudah tidak merasa lemas, maka artinya rahim anda sudah bersih dan anda sudah aman dari rasa sakit akibat keguguran.

  1. Darah berkurang dari hari-ke hari

Salah satu tanda bersihnya rahim adalah frekuensi darah yang keluar semakin berkurang. Jika anda mengalami keguguran, maka sebaiknya perhatikan frekuensi darah yang keluar. Apakah darah yang keluar dari serviks anda banyak atau sedikit. Jika anda menemukan kejanggalan setelah keguguran, sebaiknya konsultasikan pada dokter atau bidan terdekat. Kenali juga berbagai cara cara melancarkan darah nifas dan tanda bahaya masa nifas yang bisa muncul setelah keguguran.


  1. Tidak ada cairan dengan bau menyengat

Frekuensi darah yang berkurang semakin hari adalah tanda jika rahim sudah bersih, tidak hanya itu saja tapi juga cairan sudah tidak berbau lagi. Jika anda menemukan masih ada cairan yang berbau keluar dari serviks, itu artinya proses pembersihan rahim masih belum sempurna. Anda bisa mengonsumsi jamu peluntur atau air kelapa muda untuk memperlancar darah atau membersihkan rahim anda secara total. Dan jika sudah tidak ada cairan dengan bau menyengat, maka artinya rahim anda sudah bersih. Cairan yang berbau bisa menjadi salah satu ciri ciri keputihan yang berbahaya.

  1. Mulut rahim sudah tertutup

Jika anda ingin mengetahui apakah rahim sudah bersih atau tidak, adalah dengan melihat mulut rahim. Jika mulut rahim masih belum menutup, artinya rahim anda belum kembali secara total. Dan sebaliknya jika mulut rahim anda sudah menutup, itu artinya rahim anda sudah jauh lebih bersih dari sebelumnya. Cara ini bisa dilakukan oleh bidan atau dokter kandungan, dan sebaiknya anda tanyakan dahulu pada pasangan sebelum ingin melakukan pemeriksaan mulut rahim tersebut.

Setiap wanita tidak ingin mengalami keguguran, namun tidak ada satupun manusia yang bisa menolak hal tersebut. Jika anda mengalami keguguran, maka sebaiknya segera hubungi dokter atau bidan terdekat. Anda tidak perlu panik atau bahkan merasa bersalah, karena segala yang terjadi memang kehendak tuhan. Jika anda mengalami keguguran, sebaiknya kuatkan diri anda dan berpikirlah positif untuk menghindari terjadinya gangguan psikis pada diri anda.

, , ,
Post Date: Friday 06th, October 2017 / 03:15 Oleh :
Kategori : Keguguran
MUST READ
Perkembangan Janin / Bulan : 1, 2, 3, 4, 5, 6, 7, 8, 9
Perkembangan Bayi/ Bln : 1, 2, 3, 4, 5, 6, 7, 8, 9, 10,11, 12

Recommeded

Popular