Ciri Ciri Ibu Hamil Kurang Gizi Yang Harus Diperhatikan Dengan Baik

Kehamilan merupakan salah satu proses yang paling diinginkan terjadi pada setiap wanita setelah pernikahan. Proses kehamilan yang berlangsung selama kurang lebih 40 minggu tersebut merupakan langkah untuk mewujudkan tujuan pernikahan dalam mendapatkan keturunan. Dalam memperoleh kehamilan, beberapa usaha harus dilakukan oleh wanita dan pasangannya karena memang terkadang tidak mudah memperoleh kehamilan tersebut. Perlu usaha keras yang dapat menguras tenaga bahkan membutuhkan modal besar seperti program bayi tabung yang belum tentu juga berhasil.

Karena sulitnya mendapatkan kehamilan tersebut, setiap ibu hamil pasti akan senantiasa menjaga kondisi kehamilan agar selalu berkembang dengan baik dan normal sesuai usianya serta terhindar dari berbagai macam gangguan kehamilan. Untuk senantiasa menjadikan kondisi kehamilan selalu dalam kondisi yang baik dan normal tanpa adanya permasalahan baik pada kesehatan ibu maupun perkembangan janin, perlu adanya beberapa upaya dan usaha yang dilakukan.

Salah satu bentuk upaya tersebut adalah dengan memenuhi kebutuhan asupan nutrisi dan gizi melalui konsumsi makanan sehat untuk ibu hamil. Memenuhi gizi dan nutrisi pada ibu hamil tersebut sangat penting mengingat adanya bahaya yang dapat terjadi apabila ibu mengalami keadaan kurang gizi. Kondisi kurangnya gizi pada ibu hamil dapat terlihat melalui beberapa ciri ciri yang ada. Berikut ini beberapa ciri ibu hamil kurang gizi tersebut dalam penjelasan di bawah ini.

  1. Berat badan ibu hamil tidak bertambah

Salah satu bentuk perubahan fisik yang pasti terjadi pada ibu hamil adalah bertambahnya berat badan yang dimiliki seiring dengan bertambahnya usia kehamilan. Kondisi tersebut terjadi karena dengan penambahan usia kehamilan maka kondisi rahim dan janin di dalamnya akan semakin membesar. Salah satu tanda atau ciri ibu hamil kurang gizi dapat terlihat dari penambahan berat badannya yang tidak signifikan atau bahkan tidak bertambah sama sekali.

  1. Perkembangan janin lambat

Normalnya kehamilan dan kesehatan janin di dalam kandungan dapat terlihat dari perkembangan fisik yang dimiliki oleh janin mulai penambahan berat badan ataupun bentuk dan ukuran tubuhnya. Kondisi janin yang tidak mendapatkan gizi dengan baik dan dalam jumlah yang cukup dapat menyebabkan pelambatan pertumbuhan dan perkembangannya. Ibu hamil yang kekurangan gizi akan memberikan gejala berupa ukuran dan berat janin yang pertambah secara lambat bahkan jauh dari nilai normalnya.

  1. Anemia

Ciri ibu hamil kurang gizi selanjutnya adalah munculnya kondisi anemia yang terjadi dengan frekuensi cukup sering. Keadaan anemia tersebut muncul karena kurangnya zat besi, kalsium, dan beberapa mineral serta gizi lainya di dalam tubuh ibu. Anemia pada ibu hamil tentu dapat menimbulkan kondisi yang berbahaya bagi kesehatan dan perkembangan janin di dalam kandungan selain itu dapat menyebabkan ibu mengalami beberapa gejala anemia seperti pusing, mual, hingga kondisi tubuhnya yang sangat lemah atau mudah lelah.

  1. Sering sakit

Akibat dari kurangnya gizi atau nutrisi kehamilan pada tubuh ibu hamil adalah dapat menyebabkan pertahanan tubuh atau imunitas terhadap berbagai macam penyakit menjadi sangat rendah. Kondisi rentannya tubuh ibu hamil tersebut dapat menyebabkan keadaan ibu yang menjadi sangat mudah sakit baik ringan maupun mulai mengarah pada kondisi yang lebih berat.

  1. Munculnya masalah pada bibir dan daerah mulut ibu hamil

Kurangnya asupan mineral dan vitamin pada tubuh manusia sering ditandai dengan munculnya permasalahan di daerah mulut dan sekitarnya begitu juga pada ibu hamil. Kondisi ibu hamil yang mengalami kekurangan gizi atau nutrisi dapat ditandai dengan masalah pada daerah mulut seperti bibir pecah pecah, bibir kering, guzi berdarah, mudah mengalami sariawan, dan lain sebagainya.

  1. Tekanan darah rendah

Ciri selanjutnya yang juga dapat menandakan bawah ibu hamil mengalami kondisi kurang gizi di dalam tubuhnya adalah keadaan dimana terjadi tekanan darah yang rendah. Rendahnya tekanan darah tersebut dapat memperparah kondisi ibu hamil menjadi semakin lemas dan lemah serta sulit untuk melakukan aktivitas apapun dan lebih banyak berbaring serta beristirahat.

  1. Nafsu makan yang hilang

Nafsu makan ibu hamil yang hilang bukan hanya sebagai penyebab kurangnya nutrisi kehamilan di dalam tubuh ibu hamil melainkan juga dapat dijadikan pertanda bahwa kondisi tubuh ibu hamil memang mengalami kekurangan nutrisi.

Itulah beberapa ciri ibu hamil kurang gizi yang perlu diperhatikan oleh setiap ibu hamil mengingat banyaknya masalah kehamilan yang dapat muncul ketika memang asupan nutrisi kehamilan tidak dapat terpenuhi dengan baik. Untuk menghindari terjadinya bahaya maupun resiko ibu hamil yang mengalami kekurangan gizi maka dapat dilakukan dengan mengkonsumsi makanan sehat untuk ibu hamil dengan kandungan nutrisi tinggi dalam jumlah yang baik dan menghindari pantangan makanan ibu hamil serta jika kesulitan untuk mengkonsumsinya maka dapat diganti dengan suplemen makanan khusus ibu hamil yang banyak tersedia di apotek.