Bolehkah Ibu Hamil Makan Kepala Ikan Kakap dan Apa Manfaatnya?

Makan ikan bisa jadi salah satu sumber nutrisi yang sangat baik untuk tubuh. Terlebih jika ibu hamil makan ikan yang baik untuk ibu hamil. Ibu hamil sering takut makan ikan terutama karena ikan mengandung beberapa racun yang didapatkan dari alam. Misalnya saja ikan laut yang terkadang mengandung merkuri dan berbahay untuk janin. Bagian ikan yang dimakan juga sangat bervariasi salah satunya adalah kuliner kepala ikan. Kepala ikan memiliki rasa yang sangat lezat dan berbeda dengan bagian ikan yang lain. Tapi bolehkah ibu hamil makan kepala ikan kakap dan apa manfaatnya? Simak ulasan berikut ini.

Boleh Tidak ?

Manfaat makanan laut bagi ibu hamil memang sangat besar. Termasuk jika ibu makan bagian kepala ikan kakap. Namun ada saja ibu hamil yang ragu karena kepala ikan dikatakan mengandung racun. Racun tersebut disebut dengan ciguatoksin. Racun ini sangat berbahaya karena didapatkan dari mikroorganisme kecil yang menumpuk pada karang. Tapi ternyata racun ini hanya didapatkan dari ikan yang ada di bagian laut dengan perkembangan alga yang besar, juga ikan yang mengonsumsi zooplankton dan fitoplankton. Tapi ikan kakap cukup aman karena area penangkapan ikan kakap di laut tidak sampai bagian tersebut. Jadi jelas makan kepala ikan kakap sangat bermanfaat dan aman untuk ibu hamil dan janin.

Manfaat Kepala Ikan Kakap

Makan ikan kepala kakap memang sangat baik untuk ibu hamil. Dibawah ini bukti bahwa kepala ikan kakap bisa memenuhi kebutuhan gizi ibu hamil berdasarkan trimester kehamilan.

  1. Sumber selenium

Kepala ikan kakap mengandung selenium yang sangat tinggi. Kandungan selenium sangat penting untuk menangkal radikal bebas yang bisa merusak DNA janin sehingga menjadi penyebab janin cacat sejak dalam kandungan. Bahkan selenium sangat penting untuk mengatasi berbagai efek penyakit berbahaya seperti gangguan jantung selama hamil.

  1. Sumber vitamin A

Vitamin A adalah jenis sumber vitamin yang sangat penting untuk kehamilan. Vitamin A untuk ibu hamil memiliki peran untuk menjaga kesehatan tulang, mata dan reproduksi sel yang sehat. Konsumsi vitamin A yang cukup selama hamil juga sangat penting untuk menjaga ibu hamil dari kerusakan mata. Bahkan vitamin A juga penting untuk menjaga proses penyerapan lemak sehat dalam tubuh.

  1. Sumber kalium

Ikan kakap mengandung kalium yang sangat tinggi. Kalium sangat penting untuk membuat tubuh ibu hamil penuh dengan energi. Ini juga mineral yang sangat penting untuk menjaga fungsi jantung yang sehat. Bahkan sumber kalium yang sehat bisa menjaga tekanan darah ibu hamil seimbang, mengatasi masalah ginjal dan juga menurunkan risiko kerusakan sistem pembuluh darah.

  1. Sumber asam lemak omega 3

Kepala ikan kakap juga mengandung asam lemak omega 3. Ini jenis nutrisi yang sangat penting untuk menurunkan risiko gangguan jantung, mengatasi masalah pada pembuluh darah termasuk penyumbatan akibat lemak jahat dan juga bisa menjaga jumlah kolesterol yang sehat. Ibu hamil membutuhkan nutrisi ini untuk menjaga kesehatan janin.

Tips Makan Kepala Ikan Kakap

Ibu hamil sebaiknya makan kepala ikan kakap dengan cara dibakar atau dipanggang dengan wajan anti lengket. Cara masak seperti ini lebih sehat dibandingkan dengan cara digoreng. Kemudian jangan mengonsumsi kepala ikan kakap yang dimasak dengan santan misalnya gule kepala ikan. Dan jangan terlalu sering atau cukup dua kali seminggu saja.

Itulah pengertian tentang bolehkah ibu hamil makan kepala ikan kakap dan apa manfaatnya? Ibu hamil bisa makan kepala ikan kakap namun harus mengikuti aturan yang sesuai sehingga tidak terkena bahayanya.