11 Manfaat Telur Bagi Ibu Hamil

Telur merupakan makanan yang enak dan praktis untuk di makan. Hanya dengan di goreng saja sudah enak. Cocok untuk sarapan, makan siang, makan malam, lauk, dan pelengkap makanan apa saja. Baik anak anak sampai orang tua menyukainya. Tidak salah jika wanita yang tengah hamil juga menyukainya. Meski jarang ada wanita yang ngidam makan telur, sebab mudahnya makanan ini di jangkau juga tidak terlalu memberatkan suami untuk mencarinya.

Gizi ibu hamil yang ada pada telur juga banyak. Dilengkapi pula dengan harga yang mudah di jangkau, serta manfaat lain untuk tubuh juga banyak. Jangan salah jika banyak ahli merekomendasikan makanan ini, menjadi makanan yang pas dan pantas bagi ibu hamil. Sebab manfaatnya bukan hanya untuk ibu hamil namun juga untuk anak yang ada di kandungnya.

Kandungan dari Telur

Telur merupakan makanan yang kaya dengan kandungan protein, bahkan di katakan sebagai makanan dengan protein tinggi. Selain itu, juga banyak lemak, mineral, serta kolin tinggi yang sangat baik untuk ibu hamil.

1. Membantu perkembangan syaraf otak dan janin

Siapa sangka jika telur merupakan makanan yang baik untuk menjaga dan merawat perkembangan bayi? Telur memiliki segudang manfaat dan kandungan yang pantas di konsumsi untuk ibu hamil, seperti kolin. Kandungan ini ternyata mampu mempertahankan dan menjaga perkembangan syaraf otak janin yang ada di dalam perut. Untuk itulah mengapa ibu hamil di sarankan untuk memakan telur

2. Memperbaiki sel tubuh yang rusak

Ibu hamil sangat rentan dengan kondisi atau kesehatannya. Beban berat yang ditanggung perutnya, mampu memicu gangguan kehamilan karena kerusakan sel yang ada di dalam tubuh. Oleh sebab itu di sarankan oleh dokter untuk memakan telur. Sebab khasiatnya mampu memperbaiki sel yang rusak. Bukan hanya itu, namun telur juga berguna untuk merawat sel, memperbaiki, dan menjaga kualitas sel agar tetap baik.

3. Mengurangi resiko cacat tabung syaraf bagi bayi

Menurut studi yang sudah banyak dilakukan menyebutkan bahwa, sekitar 72% bayi atau di bawahnya memiliki resiko penyebab janin cacat atau kecenderungan lahir cacat. Hal ini di sebabkan karena ibu hamil tersebut mengalami kekurangan kolin. Kondisi ini akan mempengaruhi struktur fisiologis seperti cacatnya neurologis, cacatnya spina tulang belakang serta anencephaly. Tentu saja sebagai calon ibu tidak bisa tinggal diam melihat anak tersayangnya seperti itu bukan?

4. Anak cenderung cerdas

Siapa yang tidak mau melahirkan anak yang cerdas? Semua orang tua pasti menginginkan hal tersebut! Anak cerdas merupakan harapan dan keinginan untuk semua orang tua. Lalu bagaimana? Menurut penelitian yang sudah di uji lab menyebutkan bahwa cara membuat anak cerdas sejak dalam kandungan.

Terutama ibu perlu menambah makanan yang mengandung kolin, akan cenderung melahirkan anak yang memiliki kemampuan kognitif lebih tinggi. Pengujian serupa ini juga di buktikan pada tikus dan beberapa hewan lainnya, yang mana hasilnya adalah positif.

5. Mengatasi kecemasan dan depresi

Wanita yang tengah berada dalam masa kehamilan akan memiliki tingkat kecemasan dan depresi yang tinggi. Seperti telur yang memiliki kandungan kolin, di berikan pada ibu hamil akan mempengaruhi DNA serta aktivitas hormon yang ada di dalam tubuh. Menurut Prof. Eva Pressman menyebutkan bahwa gen yang mengatur hormon kortisol atau hormone yang menyebabkan stress, depresi, dan kecemasan dapat di lawan dengan kandungan kolin. (Baca juga : aktivitas berbahaya untuk ibu hamil)

Bahkan beliau menambahkan dengan adanya penambahan asupan kolin yang banyak pada ibu hamil, bisa mempengaruhi ekspresi perkembangan janin sampai ia dewasa. Setelah Prof tersebut di tanyai mengenai efek samping dari kolin, ia menyebutkan bahwa telur tidak memiliki efek samping.

6. Mencegah kanker

Ibu yang sudah dalam kondisi normal, terutama bagi mereka yang usai melahirkan (sudah memiliki anak) akan cenderung memiliki resiko terkena kanker payudara dan kanker hati lebih tinggi. Hal ini dipengaruhi dengan kadar hormon esterogen dan progesteron yang ada dalam tubuhnya. Untuk menghindarinya adalah dengan mengkonsumsi telur salah satunya. Kandungan kolin mampu berguna sebagai tameng dari kanker payudara dan kanker hati.

7. Berguna untuk Memperlancar ASI

Menurut data yang tertera pada USDA menyebutkan bahwa wanita yang tengah hamil membutuhkan kandungan kolin minimal sebanyak 450 mg. Sedangkan wanita yang tengah masa menyusui membutuhkan kadar kolin sebanyak 550 mg. hal ini berguna karena ternyata kolin menjadi jenis makanan untuk memperbanyak ASI atau membuat lancar ASI yang sudah ada.

8. Mengurangi resiko bayi lahir dengan penyakit

Bayi yang lahir akan sangat mudah terkena penyakit. Dunia yang ada di luar rahim bukan dunia biasa. Maka bayi harus beradaptasi lagi untuk menyesuaikan diri dengan lingkungannya. Kesehatan bayi yang terpenuhi asupan kolin (melalui ibunya), lebih sedikit terkena gangguan atau penyakit saat ia keluar dari perut ibunda.

9. Mencegah inflamasi

Bayi serta ibunya akan sangat memungkinkan terkena beberapa gangguan. Salah satunya tidak berfungsinya dengan normal darah seperti gangguan anti inflamasi. Untuk itu menggunakan telur bisa jadi alat atau sarana mencegah terjadinya anti inflamasi pada tubuh wanita tersebut sekaligus bayi yang lahir.

10. Merawat jantung

Jantung merupakan bagian yang paling mutlak dan harus di jaga. Sebab kita akan memakai jantung dari sekarang sampai nanti tua, hingga jantung ini sendiri yang tidak bisa bekerja. Untuk itulah mengapa kita harus merawat dan menjaga kesehatan jantung. Menurut penelitian dan riset terkait menyebutkan bahwa wanita dan anak anak yang terbiasa makan telur setiap hari mengalami resiko terkena penyakit jantung lebih rendah. (Baca juga : kelainan jantung pada bayi baru lahir)

11. Energi yang cukup

Telur merupakan makanan yang pas sebab mengandung manfaat dan asupan energi yang cukup untuk diri anda. Seperti vitamin, mineral, lemak, serta beberapa asupan tambahan lainnya. Hal ini menjadi salah satu nilai plus untuk telur. Kalori yang cukup juga tidak membuat yang mengkonsumsinya merasa terlalu banyak makan makanan berat.

Makanan sehat untuk ibu hamil ini bahkan menjadi rekomendasi para dokter. Baik untuk anak anak yang akan meningkatkan kemampuan memori atau dapat mengurangi resiko bayi lahir dengan cacat. Untuk para pria agar memiliki body sixpack dan berbagai alasan lainnya.