11 Khasiat Lobak Putih untuk Ibu Hamil dan Janin  

Makanan untuk ibu hamil memiliki peran yang sangat penting untuk kesehatan ibu dan janin dalam kandungan. Ketika ibu hamil kurang nutrisi maka itu juga bisa menyebabkan janin kurang nutrisi. Dampaknya sangat buruk terutama kelainan pada janin yang sedang tumbuh,  penyebab ibu meninggal saat melahirkan dan janin yang meninggal dalam kandungan. Jadi mengkonsumsi makanan sehat awal kehamilan sangat bermanfaat untuk ibu hamil. Salah satunya adalah sayuran seperti lobak putih yang biasanya disukai ibu hamil. Berikut ini adalah informasi mengenai khasiat lobak putih untuk ibu hamil dan janin dalam kandungan.

  1. Baik untuk pertumbuhan tulang dan gigi janin

Mengkonsumsi lobak putih atau lobak daikan sangat baik untuk kesehatan janin. Lobak mengandung nutrisi kalsium yang bisa membuat pertumbuhan tulang janin sangat baik. Bahkan ketika sudah lahir maka gigi bayi bisa tumbuh dengan baik. Anda tidak perlu memberikan vitamin penumbuh gigi anak karena gigi sudah sesuai dengan pertumbuhan. Jadi lobak putih menjadi salah satu jenis makanan yang mengandung kalsium untuk ibu hamil yang sangat disarankan untuk ibu hamil.Manfaat kalsium bagi ibu hamil tidak hanya untuk tulang dan gigi janin tapi juga untuk kekuatan tulang serta otot tubuh ibu hamil.

  1. Mencegah cacat janin

Melahirkan bayi yang sehat tentu sudah menjadi keinginan semua ibu hamil. Karena itu nutrisi yang sehat seperti lobak putih sangat baik untuk ibu hamil. Lobak putih mengandung asam folat yang bisa mencegah ibu terkena akibat kekurangan asam folat pada ibu hamil. Dampak kekurangan nutrisi ini termasuk cacat spina bifida dan kelainan pada sistem syaraf. Kekurangan nutrisi asam folat juga bisa menjadi penyebab bayi lahir cacat yang berhubungan dengan fungsi otak bayi.

  1. Mencegah ibu hamil mudah sakit

Ketika sedang hamil maka tubuh ibu menjadi lebih mudah lemah dan sakit. Hal ini terjadi karena perubahan hormon dan pertumbuhan janin dalam rahim dianggap sebagai hal yang tidak normal pada tubuh. Karena itulah ini menjadi penyebab ibu hamil cepat lelah. Kemudian ibu menjadi mudah sakit atau bahkan pingsan saat hamil. Menurut sebuah penelitian yang diadakan di Jepang ternyata lobak putih mengandung myrosinasi yaitu sebuah enzim yang berfungsi mencegah infeksi kuman, virus, bakteri dan jamur pada tubuh. Karena itulah konsumsi lobak putih sangat baik untuk tubuh ibu hamil.

  1. Membantu menyembuhkan flu dan batuk

Ketika ibu hamil sedang lemak maka virus seperti virus flu sangat mudah masuk ke tubuh ibu. Akibatnya ibu hamil batuk pilek dan merasa tidak nyaman. Batuk pilek akan membuat ibu menjadi lebih lemah dan terkadang juga mual serta muntah yang parah. Karena itu ibu bisa mengkonsumsi sup lobak putih yang bisa menjadi obat batuk saat hamil dan terhindar dari bahaya flu bagi ibu hamil. Bahkan sup lobak putih juga sangat penting untuk mengatasi sesak nafas akibat alergi atau asma. Peran enzim myyrosinase sangat penting untuk mengeluarkan semua virus dalam tubuh ibu hamil.

  1. Membantu membuang racun tubuh

Mengkonsumsi lobak putih yang sudah dimasak juga sangat baik untuk ibu karena bisa membantu mengeluarkan racun tubuh. Hal ini terjadi ketika tubuh ibu hamil banyak menerima bahan yang berbahaya untuk tubuh. Tapi setelah makan lobak maka akan sering kencing saat hamil. Hal ini terjadi karena ginjal bekerja lebih baik untuk mengeluarkan zat yang tidak diperlukan oleh tubuh. Sebuah penelitian membuktikan jika beberapa enzim seperti diastase, amilase dan esterase. Semua enzim ini akan bekerja untuk merubah lemak, protein, dan karbohidrat menjadi senyawa yang mudah diserap oleh tubuh.

  1. Membantu mengatasi bahaya obesitas bagi ibu hamil

Kenaikan berat badan untuk ibu hamil memang sangat wajar. Tapi biasanya kenaikan berat badan terjadi secara tidak berlebihan. Pola makan yang salah bisa membuat ibu hamil menjadi lebih gemuk atau berpotensi obesitas. Jika sudah seperti ini sangat berbahaya karena bisa menyebabkan ibu terkena gestational diabetes. Lobak sangat baik untuk menjadi cara menurunkan berat badan saat hamil karena mengandung serat yang tinggi. Kemudian kandungan enzim diastase juga sangat baik untuk membantu pencernaan lebih sehat. Jadi salah satu khasiat lobak putih untuk ibu hamil bisa menjadi makanan diet ibu hamil agar bayi tidak besar dalam kandungan dan menu diet ibu hamil dengan obesitas .

  1. Sebagai cara alami menurunkan kolesterol pada ibu hamil

Lobak termasuk salah satu jenis makanan yang mengandung serat sangat tinggi. Setiap 300 gram lobak mengandung 18 kalori. Kalori bisa menjadi sumber tenaga untuk tubuh ibu hamil. Tapi jika terlalu banyak kalori maka ibu bisa terkena resiko obesitas dan penyakit diabetes saat hamil. Kemudian konsumsi makanan tertentu yang mengandung lemak juga bisa membuat tubuh ibu kelebihan kolesterol. Karena itu lebih baik untuk makan lobak putih selama hamil.

  1. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Salah satu penyebab ibu hamil menggigil kedinginan adalah ketika tubuh ibu menjadi sangat lemah. Berbagai jenis virus dan bakteri juga mudah masuk ke tubuh ibu. Kemudian bahaya bisa terjadi pada janin karena infeksi menyebar sampai ke janin. Konsumsi lobak putih sangat baik untuk membuat tubuh cepat sehat. Lobak putih mengandung zat glukosinates yang sangat baik untuk membuat sel-sel tubuh bekerja lebih aktif. Bahkan senyawa ini juga bisa melawan radikal bebas yang akan melawan pembentukan sel kanker atau tumor dalam tubuh ibu hamil dan janin.

  1. Membantu keseimbangan cairan tubuh

Ibu hamil sering buang air kecil karena tekanan pertumbuhan janin dalam tubuh ibu hamil. Kemudian ini bisa memicu kekurangan cairan jika tubuh ibu tidak mendapatkan cairan yang cukup. Berbagai tanda tanda dehidrasi pada ibu hamil bisa dikenali sejak awal agar tidak terkena bahaya dehidrasi bagi ibu hamil. Kemudian mengkonsumsi lobak putih sangat penting untuk keseimbangan cairan tubuh. Lobak tidak hanya mencegah tubuh kehilangan cairan tapi juga menjaga kadar pH dalam darah ibu hamil.

  1. Membantu memperbaiki sel tubuh yang rusak

Kerusakan sel tubuh saat hamil memang paling sering terjadi. Hal ini terjadi ketika tubuh ibu hamil menjadi lebih mudah lemah dan sakit. Lobak putih adalah salah satu jenis makanan yang mengandung vitamin C untuk ibu hamil. Peran vitamin C sangat penting karena bisa memperbaiki sel tubuh yang rusak dan menjaga agar jaringan tubuh ibu menjadi lebih kuat. Ini juga sangat baik untuk menjaga agar pertumbuhan janin tetap normal.

  1. Menyembuhkan migrain pada ibu hamil

Salah satu penyebab migrain saat hamil adalah karena perubahan hormon dalam tubuh ibu hamil. Dampaknya sangat buruk karena bisa membuat ibu terus menerus mengalami sakit kepala. mengkonsumsi lobak putih akan menjadi obat sakit kepala yang sangat alami. Khasiat lobak putih untuk ibu hamil adalah membantu sirkulasi darah menjadi lebih sehat sehingga bisa melebarkan sistem pembuluh darah. Kemudian juga sangat penting untuk mengatasi penyempitan pembuluh darah akibat  tekanan darah tinggi pada ibu hamil.

Jadi inilah berbagai khasiat lobak putih untuk ibu hamil dan janin yang bisa menjaga kesehatan hingga proses persalinan. Hanya saja untuk ibu hamil disarankan untuk mengkonsumsi lobak putih yang memang sudah dimasak. Hindari mengkonsumsi lobak putih yang mentah karena bisa terkena keracunan dari bakteri yang berbahaya untuk tubuh ibu dan janin.