8 Menu Diet Ibu Hamil Trimester 1 Yang Mengandung Nutrisi Lengkap

Hamil merupakan salah satu proses yang banyak diharapakan terjadi oleh setiap wanita yang sudah menjalani penikahan secara resmi. Mendapatkan kehamilan bukanlah perkara yang mudah karena terkadang membutuhkan usaha dan kerja keras yang dapat dikatakan membutuhkan banyak energi hingga biaya yang tidak sedikit ketika dilakukan proses tindakan medis berupa inseminasi buatan dan bayi tabung. Dengan kondisi tersebut, setiap ibu hamil akan berusaha secara hati hati menjaga kehamilannya untuk selalu memiliki kondisi kesehatan yang baik sehingga perkembangan janin terjaga.

Selama masa kehamilan, beberapa ibu yang sebelumnya menjalani gaya hidup sehat dengan selalu memperhatikan aktivitas diet kerap kali mempertanyakan apakan diet pada ibu hamil dapat dilakukan. Dengan kondisi kehamilan yang masih memasuki usia trimester pertama, ibu hamil dapat menjalani aktivitas diet karena kebutuhan nutrisi ibu hamil pada awal kehamilan masih tidak terlalu tinggi namun harus memperhatikan jenis makanan yang dapat dikonsumsi. Berikut beberapa pilihan menu diet ibu hamil trimester 1 yang dapat dikonsumsi dalam penjelasan di bawah ini.

1. Sayur Bayam

Jenis makanan yang baik untuk diet ibu hamil di usia kehamilan yang baru memasuki trimester pertama adalah bayam. Sayuran hijau tersebut memiliki kandungan nutrisi yang tinggi dan baik untuk ibu hamil namun tidak mengandung kalori yang tinggi. Bayam kaya akan kalsium dan zat besi yang dapat membantu tubuh untuk memproduksi darah lebih banyak sehingga aliran darah ke bagian rahim menjadi lancar dan meningkat yang baik untuk perkembangan janin di awak kehamilan.

2. Kacang Almond

Kacang kacangan merupakan makanan yang baik untuk ibu hamil karena kandungan nutrisinya yang memang bermanfaat dalam membantu memenuhi kebutuhan nutrisi ibu hamil. Kacang almond kaya akan vitamin E, omega 3, dan protein yang dapat membantu memenuhi kebutuhan protein bagi perkembangan janin agar berlangsung secara normal dan sesuai dengan usia kehamilan yang sudah di jalani.

3. Daging Ayam

Menu diet ibu hamil trimester 1 yang juga sebaiknya dikonsumsi oleh ibu hamil adalah daging ayam. Daging ayam selain membantu memenuhi kebutuhan nutrisi dan protein bagi ibu hamil juga menjadi salah satu makanan yang paling aman dikonsumsi oleh ibu hamil dan tidak memperparah kondisi morning sickness yang kerap kali dialami oleh ibu hamil sebagai gejala hamil muda.

4. Ikan Salmon

Sumber protein lain yang juga sangat baik dikonsumsi oleh ibu hamil sebagai salah satu menu diet ibu hamil trimester 1 adalah ikan salmon. Ikan salmon selain memiliki kandungan protein yang tinggi juga ada omega 3 sebagai nutrisi yang dibutuhkan untuk perkembangan otak janin. Ikan salmon juga mengandung nutrisi lain seperti kalsium dan vitamin D yang juga dibutuhkan selama proses kehamilan.

5. Telur

Telur sebagai sumber protein kerap kali menjadi pilihan utama untuk mereka yang menjalani aktivitas diet karena mudah dikonsumsi maupun diolah. Telur memiliki kandungan protein, kalsium, dan vitamin D yang baik untuk proses perkembangan kehamilan. Karena manfaat yang positif bagi ibu hamil, telur disarankan untuk dikonsumsi oleh ibu hamil sebanyak dua butir sehari.

6. Ubi

Ibu hamil yang sedang menjalani aktivitas diet kerap kali tidak mengkonsumsi nasi dan memiliki alternatif karbohidrat lainya. Salah satu jenis karbohidrat yang baik untuk ibu hamil adalah ubi. Selain mengandung karbohidrat, ubi juga memiliki kandungan serat dan vitamin A yang dibutuhkan untuk pertumbuhan janin maupun untuk menjaga kesehatan saluran pencernaan ibu hamil.

7. Pisang

Selain sayuran yang baik untuk dikonsumsi oleh ibu hamil, buah buahan juga menjadi salah satu menu makanan sehat untuk membantu agar proses kehamilan dapat berlangsung dengan baik ditengah aktivitas diet yang dijalani oleh ibu hamil. Salah satu jenis buah untuk ibu hamil adalah pisang dengan kandungan kalsium sebagai mineral penting yang baik untuk membantu menjaga pasokan energi bagi ibu hamil serta mengatur keseimbangan cairan di dalam tubuh.

8. Produk olahan susu

Susu dan produk olahannya juga dapat dikonsumsi oleh ibu hamil untuk membantu menjaga kondisi kehamilannya agar tetap ternutrisi dengan baik. Susu dengan sumber kalsiumnya juga dapat menjadi salah satu bahan pemasok energi bagi tubuh yang sedang menjalani aktivitas diet. Olahan susu seperti yoghurt juga baik untuk ibu hamil karena kandungan probiotiknya dapat meningkatkan kondisi kesehatan tubuhnya dan mencegah terjadinya beberapa masalah pada pencernaan.

Itulah beberapa jenis makanan yang dapat menjadi bagian dari menu diet ibu hamil trimester 1 yang perlu diperhatikan dengan baik. Selain makanan yang dijelaskan diatas, ada beberapa menu lain yang juga dapat konsumsi diantaranya seperti okra, asparagus, buah berries, minyak ikan, dan lain sebagainya. Selama menjalani aktivitas diet, ibu perlu mengatur jumlah kalori dan nutrisi agar tetap seimbang untuk proses kehamilan sehingga tidak terjadi kondisi gangguan kehamilan yang tentunya beresiko menyebabkan dampak buruk.