Bahayakah Setelah Caesar Hamil Lagi Yang Perlu Diperhatikan Setiap Wanita

Melahirkan normal merupakan salah satu proses persalinan yang tentunya menjadi keinginan setiap wanita agar dapat terjadi. Melahirkan normal menjadi kondisi persalinan yang banyak diharapkan terjadi setelah ibu hamil melewati masa kehamilan yang akan berlangsung kurang lebih 40 minggu. Melahirkan normal lebih banyak diharapkan terjadi dikarenakan beberapa faktor seperti biaya yang lebih rendah, dampak atau resiko lanjut yang cepat hilang, proses recovery atau penyembuhan yang berlangsung lebih cepat.

Selain melahirkan normal, proses persalinan lain yang dapat terjadi adalah melalui operasi caesar. Operasi caesar menjadi salah satu kondisi persalinan yang dapat dipilih oleh ibu hamil baik dari awal kehamilan ataupun karena kondisi yang terjadi pada saat usia kehamilan sudah mendekati akhir. Persalinan caesar seringkali dianggap sebagai jenis persalinan yang mudah dan hanya meninggalkan sakit sesaat serta proses operasi persalinannya menjadi lebih cepat dan mudah meskipun recovery penyembuhan dan dampak pada reproduksi dapat berlangsung lebih lambat.

Seorang ibu hamil yang telah menjalani proses persalinan caesar seringkali merasakan adanya ketakutan ketika kemudian di waktu yang memang masih berdekatan mengalami kehamilan berikutnya. Kekhawatiran pada ibu hamil tersebut memang sangat wajar mengingat pada operasi caesar ada rekayasa medis yang dilakukan melalui pembedahan. Berikut ini penjelasan mengenai jawaban atas pertanyaan yang sering kali muncul yakni bahayakah setelah caesar hamil lagi ?.

Bahayakah Setelah Caesar Hamil Lagi ?

Melahirkan normal dan persalinan caesar memiliki perbedaan terbesar bukan hanya kecepatan proses dan rasa sakit serta usaha yang dibutuhkan pada saat persalinan tersebut berlangsung namun juga berkaitan dengan proses penyembuhannya. Penyembuhan operasi caesar memiliki waktu yang lebih panjang dan memerlukan proses perawatan tertentu dibandingkan dengan melahirkan normal. Pada masa penyembuhan tersebut tentu kondisi rahim ibu belum siap untuk dimaksimalkan fungsinya.

Oleh karena itu, kehamilan setelah operasi caesar harus dihalangi terlebih dahulu setidaknya hingga kondisi rahim dalam keadaan yang baik dan berfungsi secara maksimal untuk tempat berlangsungnya proses kehamilan. Wanita pasca melahirkan secara caesar setidaknya membutuhkan waktu kurang lebih 24 bulan seperti kebanyakan dokter kandungan merekomendasikannya meskipun setiap wanita memiliki waktu penyembuhan yang berbeda. Dalam prosesnya memastikan apakah wanita siap untuk hamila lagi maka perlu dilakukan konsultasi dengan dokter terlebih dahulu.

Resiko Atau Dampak Kehamilan Segera Setelah Caesar

Seperti dalam penjelasan diatas, kehamilan seorang wanita beberapa bulan pasca melahirkan caesar merupakan kondisi yang membahayakan. Keadaan bahaya tersebut dapat muncul karena adanya beberapa resiko yang dapat dialami oleh ibu hamil. Berikut beberapa resiko yang dapat terjadi pada wanita yang hamil segera setelah melahirkan secara normal seperti :

  1. Resiko ruptur uteri

Salah salah satu resiko berbahaya yang perlu diperhatikan oleh setiap wanita ketika segera hamil pasca operasi caesar adalah kondisi ruptur uteri. Ruptur Uteri merupakan keadaan dimana robeknya dinding uterus yang dapat berbahaya bagi ibu maupun bayi. Robeknya dinding uterus tersebut dapat menyebabkan terjadinya kondisi pendarahan yang mengancam nyawa ibu terutama pada saat persalinan.

  1. Kelahiran prematur

Resiko lainnya yang dapat menjadikan jawaban atas pertanyaan bahayakah setelah caesar hamil lagi menjadi iya adalah kondisi kelahiran prematur. Ketidaksiapan rahim dalam menghadapi proses kehamilan menjadikan pertumbuhan bayi berlangsung kurang efektif dan maksimal sehingga resiko kelahiran prematur dapat terjadi. Wanita yang terlalu cepat hamil pasca menjalani operasi caesar dapat menyebabkan berat badan bayi yang dilahirkannya nanti dibawah normal.

  1. Tidak dapat melahirkan secara normal

Kondisi resiko selanjutnya yang pasti akan terjadi pada ibu hamil yang terlalu cepat pasca melahirkan caesar adalah pasti akan menjalani persalinan caesar lagi saat melahirkan nanti. Kondisi persalinan caesar kembali memang akan terjadi pada ibu hamil yang memiliki riwayat operasi caesar namun dapat saja melahirkan normal ketika jarak kehamilannya sangat jauh (kurang lebih 4 tahun).

  1. Trauma dan ketakutan

Operasi ceasar tentu memberikan luka dan trauma yang cukup besar dibandingkan dengan melahirkan normal. Resiko lanjutan dari kehamilan yang terlalu cepat pasca melahirkan secara caesar adalah munculnya trauma dan ketakutan sehingga ibu dapat lebih mudah stres dan mengalami berbagai macam gangguan kehamilan baik secara fisik maupun psikisnya. Bayangan persalinan caesar selanjutnya yang lebih sakit dan berat tentu menjadikan ibu hamil semakin stres dan ketakutan menghadapi kehamilannya.

Itulah beberapa penjelasan mengenai jawaban atas pertanyaan bolehkah setelah cesar hamil lagi ? dalam ulasan diatas. Dari uraian yang disampaikan diatas dapat disimpulkan bahwa kehamilan yang terjadi terlalu cepat pasca melahirkan caesar dapat beresiko dan berbahaya bagi ibu hamil maupun janin yang berkembang di dalam kandungannya mengingat adanya efek samping melahirkan caesar. Wanita sebaiknya menunda terlebih dahulu kehamilan selanjutnya dalam waktu minimal 2 tahun untuk memberikan kesempatan bagi tubuh dan organ reproduksi agar kembali pulih serta bekerja secara optimal.