Jangan Panik ! Begini 6 Cara Mengencerkan ASI yang Menggumpal pada Payudara

Dalam beberapa kasus ibu-ibu yang menyusui, ada banyak kejadian yang akan sering dialami ketika bayi mendapatkan ASI. Salah satunya adalah ASI yang menggumpal di dalam payudara. Akibat dari penggumpalan ini dapat menyebabkan ASI menjadi tersumbat.

Penyumbatan saluran ASI umumnya sering terjadi pada salah satu payudara saja. Namun, ada juga yang mengalami penyumbatan pada kedua payudara meskipun hal tersebut cukup jarang terjadi. Untuk mengencerkan ASI yang menggumpal tersebut, ada beberapa cara yang harus dilakukan. Berikut ulasannya untuk Anda.

1. Kompres menggunakan air hangat

Cara pertama yang cukup ampuh adalah mengompres payudara menggunakan air hangat. Namun, Anda harus memperhatikan suhu air yang digunakan. janganlah dibuat panas karena bisa menyebabkan kulit menjadi iritasi. Oleh karena itu, usahakan suhu air sehangat kuku jari.

Namun, jika ingin merasakan air panas yang lebih lama, Anda bisa mengompres payudara dengan ditutupi kain atau handuk kecil. Dengan cara ini, Anda dapat merasakan kompres air panas tapi tidak sampai melukai kulit.

2. Pijat payudara

Ketika proses kompres sudah selesai, selanjutnya adalah melakukan pemijatan pada daerah sekitar payudara. Pemijatan ini juga berfungsi untuk mengencerkan kembali ASI yang menggumpal setelah dilakukan kompres sebelumnya. untuk melakukan pemijatan pun tidak bisa dilakukan sembarangan. Perlu beberapa teknik khusus agar ASI cepat encer kembali.

Pertama sentuh dulu bagian mana yang dirasa ada yang keras pada sekitar puting. Jika sudah menemukannya, Anda tinggal lakukan pemijatan secara perlahan-lahan. Nantinya, Anda akan merasakan sendiri ASI akan terasa encer dan tidak terasa mengendap lagi.

3. Sesering mungkin susui terus oleh bayi

Salah satu penyebab ASI menjadi menggumpal di dalam payudara adalah ASI yang jumlahnya sangat banyak namun tidak keluar banyak. Oleh karena itu, sebaiknya susui terus pada bayi agar volume Asi bsa berkurang dan tidak terjadi endapan lagi. Jika bayi sudah merasa kenyang, Anda bisa keluarkan ASI dengan cara dipompa.

Posisi bayi ketika menyusui pun harus diperhatikan oleh Anda. Cara menyusui bayi yang benar adalah sebisa mungkin posisi dagu bayi mengarah pada bagian yang mengeras. Atau Anda bisa dengan cara “menggantung”. Artinya, tubuh Anda berada diatas sehingga payudara akan terlihat menggantung dibawah. Dengan posisi tersebut, biarkan bayi menyusui sepuas mungkin.

4. Menggunakan pompa ASI

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya bahwa ASI yang menggumpal bisa terjadi karena ASI yang masih ada di dalam payudara tidak dikeluarkan sehingga ASI mengendap di dalamnya. Salah satu cara melancarkan ASI yang tersumbat adalah dengan menggunakan pompa ASI.

Selain untuk mengeluarkan ASI, pompa ini juga dapat membantu ibu agar tidak terjadi penyumbatan di dalam payudara. Dengan begitu, saluran ASI bisa lebih lancar dan tidak membuat ibu kesakitan jika terjadi penyumbatan saluran ASI.

5. Merendamnya di dalam air hangat

Apabila Anda merasakan sakit pada daerah sekitar puting, bisa jadi ASI yang mengendap sudah terlalu mengeras sehingga upaya dengan kompres menjadi tidak bisa dilakukan. Cara selanjutnya bisa dilakuakn adalah dengan merendam payudara dengan menggunakan air hangat secara langsung. Upaya ini dilakukan agar ASI dapat cepat mengencer dan bisa dikeluarkan.

Caranya sendiri cukup mudah. Pertama siapkan baskom dan juga air hangat secukupnya saja atau sampai payudara terbenam di dalamnya. Setelah itu, masukan saja payudara yang dirasa ASI-nya mengendap. Pastikan Anda hati-hati ketika mencelupkannya di dalam air hangat agar tidak menyebabkan iritasi. Celupkan sampai payudara terasa lebih lembut saat ditekan atau ketika Anda tidak merasakan sakit lagi. Ketika Anda sudah tidak merasa sakit lagi, segera hentikan dan keringkan payudara Anda.

6. Istirahat yang cukup

Terkadang salah satu penyebab ASI menggumpal adalah karena Anda kurang istirahat. Memang tubuh yang kurang berisitirahat sangat berpengaruh terhadap sistem kekebalan tubuh. Oleh sebab itu, jika Anda seorang ibu yang bekerja sambil mengurus rumah tangga, ada baiknya Anda konsumsi makanan-makanan bergizi dan istirahat yang cukup.

Jika memngkinkan, Anda bisa menambahkan vitamin suplemen dalam keseharian Anda. Akan tetapi, Anda harus konsultasi dengan dokter agar tidak berpengaruh besar terhadap ASI pada bayi.

Itulah cara mengencerkan ASI yang menggumpal di dalam payudara dengan mudah. ASI yang menggumpal di dalam payudara memang akan terasa menyakitkan jika tidak dikeluarkan. Namun, Anda juga tetap harus memperhatikan beberapa asupan makanan yang dikonsumsi agar ciri ciri kualitas ASI buruk tidak sampai terjadi.

Apabila Anda merasakan ciri-ciri produksi ASI berkurang, sebaiknya Anda konsultasikan dengan dokter mengenai cara menambah ASI seperti sayuran penambah ASI maupun makanan lainnya. Nada juga sebaiknya konsultasikan pada dokter mengenai cara mengatasi payudara bengkak setelah berhenti menyusui agar tidak menjadi masalah pada Anda sendiri. Semoga artikel ini bermanfaat.