5 Manfaat Air Nira Untuk Ibu Menyusui Agar Bayi Sehat

Bagi ibu menyusui, air susu ibu (ASI) adalah hal yang menjadi perhatian utama karena sangat erat kaitannya dengan pemenuhan nutrisi bagi bayi yang baru lahir. Lancarnya produksi ASI dengan kualitas yang baik dan dalam jumlah yang mencukupi dapat memperlancar juga proses pertumbuhan dan perkembangan bayi. Sehingga, sebagian besar ibu yang ingin memberikan ASI secara eksklusif kepada bayi, pastinya akan selalu muncul kekhawatiran tekait dengan lancar tidaknya produksi ASI.

Minuman dan makanan ibu menyusui dapat memberikan pengaruh terhadap produksi ASI. Untuk memperlancar produksi ASI, ibu dapat mengkonsumsi makanan dan minuman yang memiliki manfaat sebagai pelancar ASI. Salah satu minuman yang belum banyak diketahui manfaatnya sebagai salah satu cara memperbanyak ASI adalah Air Nira. Air Nira merupakan air yang didapatkan melalui penyadapan pada pohon aren. Air nira ini sering kita jumpai di berbagai daerah.

Air nira dapat dikonsumsi dalam kondisi segar maupun sudah diolah lebih dahulu. Pengolahan air nira dilakukan dengan cara pendiaman dalam waktu tertentu sehingga terjadi proses fermentasi secara alami. Fermentasi air nira ini sering disebut sebagai legen atau tuak (bila proses pendiamannya berlangsung lebih lama). Berbeda dengan air nira segar yan berasa manis, air nira hasil fermentasi akan memiliki kandungan alkohol sehingga rasanya menjadi asam. Air nira memiliki berbagai manfaat untuk kesehatan tak terkecuali bagi ibu menyusui,  berikut manfaat air nira untuk ibu menyusui.

  1. Merangsang produksi ASI

Salah satu manfaat yang sudah diketahui oleh orang adalah manfaat air nira sebagai perangsang keluarnya ASI. Bagi ibu menyusui pasca melahirkan, kadang kala dipusingkan dengan cara menyusui bayi baru lahir karena kondisi ASI yang tidak keluar. Untuk mengatasi masalh ini, Air nira sering direkomendasikan untuk dikonsumsi sebagai upaya perangsang keluarnya air ASI.

  1. Memperbanyak Jumlah ASI

Setiap bayi memiliki perbedaan terkait dengan jumlah ASI yang dikonsumsi, namun ibu harus mengetahui tanda bayi cukup ASI untuk mengetahui apakah jumlah Asi yang dihasilkan oleh ibu mencukupi. Selain sebagai perangsang munculnya ASI, air nira juga dapat bermanfaat untuk membantu memperbanyak jumlah produksi ASI yang dihasilkan oleh ibu menyusui.  Kandungan dalam air nira dapat mencegah terjadinya perubahan atau oksidasi nutrisi dalam proses produksi ASI.

  1. Meningkatkan stamina ibu menyusui

Air nira segar memiliki rasa yang sangat manis, hal ini menunjukan bahwa air tersebut memiliki kandungan gula yang cukup banyak. Kandungan gula yang banyak menjadikan air nira dapat di produksi sebagai gula aren. Bagi ibu menyusui, mengkonsumsi air nira segar dapat meningkatkan stamina serta menyegarkan badan karena kandungan gula yang cukup banyak.

  1. Menghangatkan tubuh

Selain dapat menyegarkan badan, meminum air nira juga dapat memberikan rasa hangat pada tubuh. Hangatnya tubuh mampu memberikan ketenangan bagi ibu menyususi serta dapat mengurangi rasa pegal dan letih yang diderita oleh ibu menyusui. 

  1. Mengurangi gejala kepala pusing

Ibu menyusui dalam kesehariannya sering kali mengalami gejala kepala pusing yang akan sangat menganggu. Gelaja pusing ini dapat dipicu oleh berbagai faktor salah satunya keletihan dan psikologis ibu menyusui.  Mengkonsumsi Air nira oleh beberapa orang dipercaya dapat mengurangi gejala pusing yang diderita oleh ibu menyusui.

Manfaat air nira tersebut dapat di dapatkan oleh ibu menyusui apabila mengkonsumsi air nira dalam kondisi segar dan belum mengalami fermentasi. Dari kelima manfaat yang ada, merangsang produksi ASI adalah manfaat air nira yang sering dianjurkan untuk ibu yang baru melahirkan. Namun sekarang ini, air nira mulai susah untuk didapatkan. Sebagai alternatif, manfaat air kelapa pada ibu menyusui juga dapat digunakan sebagai pelancar ASI.