Apa Yang Terjadi Pada Janin Saat Ibu Menangis ? Yang Patut Diwaspadai

Kehamilan menjadi sebuah peristiwa penting yang akan dilewati oleh setiap wanita dalam prosesnya untuk dapat memperoleh keturunan. Fase demi fase dalam proses kehamilan akan dilewati oleh setiap ibu hamil penuh dengan keajaiban dan hal yang akan menjadikannya terus berucap syukur melihat anugerah yang diberikan oleh sang penguasa. Dalam proses kehamilan, ibu harus melewati banyak hal yang tentunya akan dilalui secara ikhlas agar janin di dalam kandungannya dapat berkembang normal hingga proses persalinan tiba.

Selama menjalani proses kehamilan, ibu hamil tentu akan mengalami banyak perubahan pada tubuhnya akibat adanya perkembangan janin di dalam kandungan. Janin yang ada di dalam kandungan akan sangat bergantung pada tubuh ibu hamil sehingga kondisi kesehatan dan kebutuhan nutrisi ibu hamil harus selalu terjaga demi perkembangan janin yang normal di dalam kandungan. Banyak yang memberikan anggapan bahwa selama proses kehamilan, apa yang dirasakan oleh ibu hamil juga akan dirasakan oleh janin.

Adanya keadaan yang terjadi pada ibu hamil akan berdampak secara lurus dengan janin di dalam kandungan menjadikan ibu harus senantiasa memastikan agar selama proses kehamilan tubuhnya selalu dalam kondisi yang positif baik secara psikis maupun fisik. Dengan analogi yang sama maka muncul pertanyaan terkait apa yang terjadi pada janin saat ibu menangis karena perasaan sedih yang dijelaskan jawabnya melalui uraian ulasan dibawah ini untuk menjadi bahan yang dapat dipelajari oleh ibu hamil.

1. Tidak terjadi apa apa pada janin

Menangis merupakan salah satu bentuk ungkapan kesedihan yang dapat mengarahkan seseorang pada kondisi stres. Ketika ibu hamil hanya menangis satu dua kali saja dan tidak berlangsung sangat hebat maka seharusnya tidak akan menyebabkan janin di dalam kandungan mengalami kondisi yang berbahaya. Janin dalam bahaya ketika seorang ibu mengalami kondisi stres yang mendalam dan berlangsung dalam waktu yang berlarut larut.

2. Bayi lahir dengan berat badan rendah

Respon bayi terhadap tangisan dan kondisi stres yang dialami oleh ibu hamil kerap memang tidak akan langsung terlihat namun dapat menyebabkan kondisi berbahaya. Salah satu pengaruh yang dapat terjadi pada janin ketika ibu mengalami stres adalah beresiko menyebabkan bayi lahir dengan berat badan rendah sebagai salah satu bahaya janin jika ibu stres. Permasalahan berat badan ini terjadi karena kurang optimalnya fungsi plasenta yang dipengaruhi oleh kondisi stres pada ibu hamil.

3. Nutrisi dan Oksigen pada bayi kurang

Menangis menyebabkan tubuh ibu hamil memproduksi kortisol dan hormon stres secara berlebihan terutama jika keadaan stres berlangsung hingga berlarut larut. Stres pada ibu hamil akan menyebabkan kondisi berbahaya pada janin dan bisa mengganggu proses perkembangan janin di dalam kandungan. Stres akan menghalangi masuknya nutrisi dan oksigen kepada bayi sehingga menjadikan janin di dalam kandungan hanya akan mendapat sedikit oksigen serta nutrisi atau bahkan tidak sama sekali yang dibutuhkannya untuk hidup dan  berkembang.

4. Keguguran atau kelahiran prematur

Jawaban dari pertanyaan apa yang terjadi pada janin saat ibu menangis ? yang paling ditakutkan dan berbahaya adalah terjadinya keguguran atau kondisi kelahiran prematur pada bayi. Dua keadaan berbahaya tersebut terjadi karena pada saat ibu hamil menangis maka aliran darah akan terganggu termasuk yang menuju ke janin. Kondisi tersebut menyebabkan janin kekurangan nutrisi serta oksigen yang memicu keguguran. Kelahiran prematur juga dapat terjadi karena keputusan tim dokter untuk mempercepat kelahiran bayi yang dalam kondisi bermasalah akibat ibu stres.

5. Masalah pada perkembangan otak janin

Keadaan lain yang juga termasuk dari akibat ibu menangis pada janin di dalam kandungan adalah munculnya resiko besar masalah pada perkembangan otak janin.  Banyak penelitian yang menyatakan bahwa kondisi stres yang terjadi pada tubuh ibu hamil dapat menyebabkan masalah yang serius pada perkembangan otak janin. Janin yang ibunya sering mengalami stres dapat memiliki kecerdasan yang kurang dibandingkan dengan bayi lainnya.

6. Pengaruh pada kepribadian anak

Kondisi lainnya yang juga akan terjadi ketika ibu hamil mengalami kondisi stres yang berlarut larut adalah munculnya masalah pada kerpibadian anak ketika tumbuh dewasa. Pengaruh pada kepribadian tersebut dapat menyebabkan anak mengalami kondisi perilaku yang kurang baik seperti hiperaktif, attention defect disorder, dan penyakit mental lainnya.

Itulah beberapa bentuk kondisi yang terjadi sebagai jawaban atas pertanyaan apa yang terjadi pada janin saat ibu menangis. Melihat keadaan dan pengaruh buruk yang dijelaskan diatas, ibu hamil sebaiknya menghindari kondisi stres yang berkepanjangan karena dapat menyebabkan keadaan yang berbahaya bagi perkembangan janin. Ibu harus benar benar memperhatikan apa yang terjadi pada janin ketika mengalami kondisi stres sehingga menjadi peringatan bagi ibu hamil untuk menjaga kondisi tubuhnya agar jauh dari stres. Apa yang terjadi pada ibu hamil memang dapat berpengaruh pada kondisi janin.