Penjelasan Terkait Kondisi Janin Usia 5 Minggu Seperti Apa Yang Perlu Diperhatikan

Melihat janin di dalam kandungan yang sehat menjadi suatu hal yang diharapkan terjadi setiap bulannya oleh ibu hamil. Dengan kondisi janin yang sehat serta perkembangan normal maka harapan ibu hamil agar nantinya janin terlahir sebagai bayi dalam kondisi prima, sehat, dan sempurna dapat terwujud. Selama kehamilan, ibu hamil tidak dapat secara langsung memperhatikan kondisi janinnya karena memang berada di dalam rahim ibu dan hanya dapat memastikan kesehatannya melalui gejala hamil muda maupun tua.

Selain melalui gejala yang ada, ibu hamil juga dapat mengetahui apakah kondisi janin di dalam kandungannya dalam keadaaan yang normal dan sehat adalah melalui proses pemeriksaan USG. Dalam pemeriksaan USG atau ultrasonografi tersebut, janin dapat dilihat terkait beberapa kondisi perkembangan janin sesuai dengan usia kehamilannya oleh dokter kandungan. Setiap usia kehamilan, perkembangan janin tentunya berbeda beda termasuk saat memasuki kehamilan 5 minggu. Berikut beberapa kondisi yang mengambarkan janin usia 5 minggu seperti apa dalam penjelasan di bawah ini.

Perkembangan Janin 5 Minggu

Usia kehamilan 5 minggu merupakan proses awal kehamilan yang terjadi pada ibu hamil. Di usia tersebut, belum banyak yang dapat dilihat dari kondisi kehamilan 5 minggu kecuali gejala hamil atau tanda kehamilan yang muncul pada ibu hamil. Kondisi janin usia 5 minggu memang masih sangat awal mengingat kehamilan yang baru memasuki satu bulang terhitung dari hari pertama haid terakhir. Bahkan pada kehamilan 5 minggu beberapa ibu hamil belum dapat melihat adanya perkembangan janin dan baru ditemukan kantong kehamilan saja.

Untuk melihat adanya perkembangan yang terjadi pada janin usia 5 minggu, dapat diobservasi melalui pemeriksaan USG atau ultrasonografi. Dengan pemeriksaan USG tersebut maka kondisi janin di dalam kandungan dapat terlihat dengan jelas bagaiman bentuk, ukuran, dan kondisinya. Ada dua macam pemeriksaan USG yang dapat dilakukan yakni melalui USG transvaginal dan transabdominal. Berikut beberapa kondisi yang dapat menjelaskan keadaan janin usia 5 minggu seperti apa dalam penjelasan di bawah ini.

1. Ukuran janin

Kondis yang kerap dipertanyakan oleh ibu hamil terkait perkembangan kehamilannya adalah ukuran dari janin. Janin yang ada di dalam kandungan memang akan selalu diukur dengan pasti melalui pemeriksaan USG sebagai salah satu kondisi yang dapat menyatakan apakah keadaan janin dalam kondisi yang sehat atau tidak. Memasuki kehamilan awal 5 minggu, ukuran janin yang normal baru seperti biji lada dengan ukuran panjang 1,2 mm dan berat kurang dari satu gram. Ukuran dari setiap janin tentu berbeda beda pada kondisi berbagai proses kehamilan.

2. Bentuk janin

Di awal kehamilan atau ketika ibu hamil 5 minggu, tentu bentuk dari janin belum dapat terlihat sempurna seperti bayi pada umumnya. Ukuran janin yang kecil tersebut masih akan berbentuk embrio saja. Pada bentuk embrio tersebut, janin akan mulai mengalami pembentukan di beberapa bagian tubuhnya ketika memasuki usia 5 minggu keatas. Sepertiga dari bagian bentuk bayi tersebut merupakan organ kepala.

3. Perkembangan organ janin

Kondisi lainnya yang juga perlu diperhatikan oleh setiap ibu hamil untuk menjawab keadaan janin usia 5 minggu seperti apa yang kerap menjadikan ibu sangat ingin tau adalah perkembangan organ organnya. Meskipun baru dapat dilihat dan kondisi yang tidak signifikan, beberapa organ pada janin memang akan mulai berkembang pada usia kehamilan yang mulai memasuki bulan kedua. Berikut beberapa bentuk perkembangan organ pada janin dengan usia kehamilan 5 minggu diantaranya seperti :

  • Bagian wajah pada bayi mulai terbentuk secara perlahan termasuk bagian telinga yang mulai tumbuh cikal bakalnya berupa lipatan kecil kulit sebagai bagian yang nanti tumbuh menjadi organ pendengaran bayi. Wajah primitif dari janin juga akan mulai terlihat.
  • Tunas tunas kecil mulai muncul dibagian tempat dimana nantinya akan berkembang menjadi kaki dan tangan dari bayi. Pertumbuhan tunas tersebut akan dimulai ketika memasuki bulan kedua kehamilan.
  • Jantung menjadi organ pertama yang akan berfungsi setelah terbentuknya sel darah merah ditandai dengan mulai dapat dirasakannya detak jantung dari bayi.
  • Beberapa organ lain dari embrio juga akan mulai berkembang diantaranya seperti bagian saluran pencernaan janin, usus buntupun sudah berada di tempat yang seharusnya, tabung saraf mulai terbentuk beserta bagian bagiannya seperti tempat dimana otak akan tumbuh, medula spinalis, dan tulang belakangpun mulai terlihat tumbuh.

Untuk dapat mengamati perkembangan janin secara detail dan menjawab kondisi janin 5 minggu seperti apa memang kerap sulit dilakukan secara jelas. Kondisi perkembangan tersebut dapat teramati karena memang adanya penelitian yang secara langsung menggunakan alat lengkap melihat perubahan perubahan setiap bulannya dari janin di dalam kandungan. Setiap kehamilan juga memiliki kondisi yang berbeda sehingga ibu hamil tidak perlu merasa khawatir dan terlalu stres pada kondisi kehamilannya selagi dokter kandungan sudah menyatakan bahwa janin di dalam rahim ibu memiliki kondisi  perkembangan normal tanpa adanya gejala gangguan kehamilan berbahaya.