7 Manfaat Daun Kelor Untuk Anak Sebagai Sumber Nutrisi Lengkap

Pertumbuhan dan perkembangan anak merupakan hal yang penting untuk dipahami dengan baik. Perkembangan anak merupakan salah satu tanggung jawab penting orang tua yang perlu diperhatikan dan dilakukan dengan sebaik baiknya. Orang tua terutama ibu, memiliki andil yang sangat besar terhadap kondisi perkembangan dan pertumbuhan anak sejak masih dalam kandungan, terlahir, hingga nantinya dewasa. Ada banyak bentuk usaha yang dapat dilakukan oleh orang tua untuk menghindarkan buah hatinya dari gangguan tumbuh kembang anak.

Salah satu bentuk usaha yang perlu diperhatikan oleh setiap orang tua adalah terkait kebutuhan nutrisi. Kebutuhan akan nutrisi anak haruslah tercukupi dengan baik untuk dapat membantu dan menjaga agar proses pertumbuhan dan perkembangannya dapat berjalan secara normal. Demi terpenuhinya nutrisi bagi anak, ibu harus menyiapkan kebutuhan makanan yang seimbang gizinya. Salah satu bahan makanan yang belakangan mencuat sebagai daun dengan nutrisi tinggi adalah daun kelor.

Pengolahan daun kelor menjadi sayuran ditengarai dapat membantu menjadikan anak lebih mendapatkan nutrisi dalam jumlah cukup. Daun kelor bahkan merupakan salah satu jenis dedaunan yang jumlah nutrisinya 25 kali lebih banyak dibandingkan dengan daun bayam.  Untuk lebih memahami khasiat dan dampak positif yang dapat diperoleh dari daun kelor, berikut ini beberapa manfaat daun kelor untuk anak yang perlu diketahui oleh setiap orang tua terutama yang mengalami kekurangan gizi.

1. Memenuhi kebutuhan zat besi bagi anak

Manfaat pertama yang dapat diperoleh anak ketika mengkonsumsi daun kelor adalah terpenuhinya zat besi harian untuk anak. Zat besi merupakan salah satu nutrisi yang penting dalam proses pertumbuhan dan perkembangan anak. Zat besi memang dapat diperoleh dari manfaat asi untuk bayi atau makanan anak lainnya. Namun dengan mengkonsumsi daun kelor saja, kebutuhan zat besi tersebut dapat terpenuhi. Semakin berkembangnya anak, kebutuhan zat besi juga menjadi lebih banyak.

2. Menjaga sistem kekebalan tubuh

Anak memiliki ketahanan tubuh yang masih lebih rentan dibandingkan dengan orang dewasa. Kondisi ketahanan tubuh yang rentan tersebut menjadikan anak kerap mengalami sakit dengan mudah. Konsumsi daun kelor dapat menjadi salah satu cara untuk dapat menjaga sistem kekebalan tubuh agar lebih kuat. Konsumsi daun kelor secara rutin akan membantu menangkal banyak jenis penyakit yang berbahaya bagi anak termasuk infeksi. Daun kelor mengandung banyak vitamin untuk daya tahan tubuh anak.

3. Melancarkan pencernaan anak

Manfaat lainnya yang dapat muncul dari daun kelor untuk anak adalah melancarkan pencernaan. Dengan pencernaan yang lancar, maka kondisi kesehatan tubuh dapat semakin bagi. Bukan hanya kesehatan, pencernaan yang lancar membantu proses penyerapan nutrisi menjadi lebih baik sehingga secara tidak langsung dapat membantu menjaga perkembangan tubuh anak anak. Manfaat daun kelor untuk anak tersebut muncul karena kandungan kalsium dan serat yang tinggi.

4. Detoksifikasi pada anak

Selama menjalani aktivitas sehari harinya, anak dapat berinteraksi dengan banya benda yang kotor. Kondisi tersebut dapat menyebabkan racun dan bakteri berkembang di dalam tubuh anak. Untuk mengatasi hal tersebut perlu adanya proses detoksifikasi yang membantu menghilangkan racun dan bakteri. Daun kelor merupakan salah satu bahan yang baik untuk proses detoksifikasi. Kandungan antioksidan yang tinggi juga akan membantu menjaga agar anak tidak mudah mengalami sakit.

5. Menjaga kebutuhan nutrisi bagi tubuh anak

Konsumsi daun kelor bagi anak dalam olahan sayur dapat bermanfaat dalam hal membantu menjaga agar kebutuhan nutrisi bagi tubuh anak dapat terpenuhi dengan baik. Kandungan nutrisi di dalam daun kelor dapat dikatakan cukup melimpah. Kandungan yang melimpah tersebut penting untuk membantu menjaga agar kebutuhan nutrisi anak terjaga dengan baik. Melalui nutrisi yang terjaga, anak dan tumbuh dan beraktifitas secara normal.

6. Mempertahankan kesehatan tulang anak

Manfaat daun kelor untuk anak yang lainnya adalah untuk mempertahankan kesehatan tubuh pada anak termasuk menjaga proses perkembangan tulang terjadi secara normal. Pertumbuhan tulang pada anak merupakan salah satu proses perkembangan yang penting. Manfaat pada tulang dari daun kelor tersebut dapat terjadi karena adanya kandungan nutrisi penting seperti kalsium yang 4 kali lebih besar dari susu serta vitamin K dan protein.

7. Manfaat daun kelor lainnya

Selain beberapa manfaat yang disebutkan diatas, ada dampak positif lain yang dapat diberikan oleh daun kelor, Beberapa manfaat positif yang dimaksud tersebut adalah membantu menyehatkan mata, mencegah pertumbuhan sel kanker pada anak, menambah tenaga bagi anak, serta mempertahankan masa otot. Daun kelor memiliki manfaat yang lebih baik dibandingkan dengan multivitamin agar otak anak cerdas.

Itulah beberapa penjelasan mengenai manfaat daun kelor untuk anak yang perlu dipahami setiap orang tua. Ada banyak manfaat penting yang perlu dipahami setiap orang tua dari daun kelor. Manfaat dan dampak positif dari daun kelor tersebut dapat muncul karena adanya kandungan nutrisi dan senyawa yang lebih banyak. Daun kelor mengandung zat besi 25 kali lebih banyak dibanding bayam dan kalsiumnya 4 kali lebih besar daripada susu.