Gambaran Hasil Usg Kehamilan 5 Minggu Yang Perlu Diperhatikan

Seorang wanita yang sedang menjalani proses kehamilan tentu akan memiliki tanggung jawab yang kuat dan muncul secara alami agar janin yang berkembang di dalam rahimnya dapat selalu memiliki kondisi sehat dan tumbuh secara normal disetiap usia kehamilan. Sikap wanita yang disebut sebagai ibu hamil tersebut harus selalu tertanam dan diaplikasikan dalam setiap tindakan dan usaha yang dilakukan olehnya dari awal proses kehamilan hingga datangnya persalinan dengan tempo waktu kurang lebih 40 minggu.

Dalam setiap proses perkembagannya, tentu akan ada berbagai macam bentuk perubahan yang terjadi pada ibu hamil terkait dengan usia kandungannya. Perubahan perubahan yang terjadi pada ibu hamil sebagai gejala hamil muda maupun tua merupakan petunjuk bagi dokter dan bidan untuk memastikan apakah proses kehamilan berjalan dengan normal atau malah mengarah pada gangguan kehamilan. Oleh karena itu, pemeriksaan terkait perubahan tersebut akan dilakukan secara konsisten dan berulang.

Salah satu dari bentuk pemeriksaan yang dilakukan terkait perkembangan kehamilan tersebut adalah dengan menggunakan USG atau ultrasonografi. Melalui ultrasonografi maka akan ada pengambaran bagian dalam rahim yang dapat menujukan secara jelas bagiamana kondisi yang terjadi di dalamnya. Ultarsonografi utamanya akan dilakukan pada awal kehamilan maupun tahapan tahapan lanjutan. Untuk memahaminya lebih jauh, berikut penjelasan mengenai gambaran hasil USG Kehamilan 5 minggu yang perlu diperhatikan dalam ulasan di bawah ini.

Hasil USG kehamilan 5 Minggu Yang Normal

USG menjadi salah satu metode pemeriksaan yang dapat menentukan apakah seorang wanita benar hamil atau tidak dan dalam perkembangan kehamilannya akan mengambarkan bagaimana keadaan dari perkembangan janin di dalam rahim ibu hamil. Melakukan pemeriksaan USG pada awal kehamilan tentu sangat penting untuk memastikan bahwa perubahan fisik yang ditunjukan sebagai tanda kehamilan memang benar adanya bahwa ada proses kehamilan yang berlangsung di dalam rahim ibu  hamil.

Dokter kandungan akan melakukan pemeriksaan USG ketika ibu hamil mulai merasakan tanda kehamilan sebagai pemicu untuk berkonsultasi dengan dokter kandungan. Hasil dari gambaran yang ditunjukan oleh pemeriksaan USG pada awal kehamilan tersebut menjadi pertimbangan utama dalam diagnosis dokter. Pada kehamilan 5 minggu tentu gambaran yang ditunjukan oleh rahim ibu hamil masih sangat minim. Berikut beberapa kondisi gambaran yang menjadi hasil USG kehamilan 5 minggu diantaranya seperti :

1. Adanya kantong kehamilan

Kehamilan dengan usia kandungan 5 minggu tentu masih sangat awal dari proses kehamilan yang setidaknya akan berlangsung selama 40 minggu secara umum. Pada usia kehamilan 5 minggu tersebut, hal yang paling akan terlihat dari gambaran hasil yang ditunjukan oleh pemeriksaan USG adalah adanya kantung janin yang terlihat seperti lubang di dalam bagian rahim. Kantung janin tersebut memang menjadi bagian dari tahapan perkembangan awal kehamilan sebelum terbentuknya bakal janin yang akan berada dan berkembang di dalam kantung kehamilan tersebut.

2. Kantong kehamilan tidak terlihat

Selain kondisi adanya kantung kehamilan yang dapat terlihat dalam pemeriksaan USG kehamilan 5 minggu, beberapa ibu hamil juga terkadang belum terlihat kantung kehamilannya. Kondisi tersebut tentu tidak perlu langsung menjadi keadaan yang mengharuskan ibu hamil khawatir mengingat usia kehamilan yang masih muda menjadikan kantong kehamilan memang belum dapat terlihat. Jika dalam pemeriksaan USG tersebut tidak ada kantong kehamilan maka dokter kandungan akan menyarankan ibu hamil untuk melakukan pemeriksaan ulang pada minggu berikutnya.

3. Janin mulai terlihat

Selain dua kondisi gambaran hasil USG kehamilan 5 minggu yang ditunjukan diatas, beberapa ibu hamil terkadang sudah dapat terlihat adanya janin di dalam kantung kehamilan. Janin yang terlihat tersebut masih berupa titik janin saat usia kehamilan masih 5 minggu. Meskipun belum dapat melihat dengan utuh bagaimana kondisi bayinya nanti namun adanya penampakan janin tersebut dapat memberikan perasaan yang sangat lega dan menyenangkan pada ibu hamil.

4. Ukuran kantung janin yang normal

Selain melihat ada tidaknya kantung janin di dalam rahim ibu hamil, ukuran dari kantong tersebut akan diukur untuk membandingkannya dengan ukuran yang normal. Pengukuran kantong janin yang lebih akurat dilakukan dengan teknik ultasonografi atau USG trasvaginal. Dalam kondisi yang normal, ukuran kantong janin usia 5 minggu akan berkisar 6 – 12 mm. Pengamatan ukuran kantung janin juga dilakukan untuk mencari ada tidaknya tanda gangguan kehamilan seperti blighted ovum atau kehamilan kosong.

Itulah beberapa pemahaman terhadap kondisi gambaran hasil USG kehamilan 5 minggu yang perlu diperhatikan oleh ibu hamil. Melalui penjelasan diatas, dapat diketahui bahwa hasil USG pada kehamilan 5 minggu akan memperlihatkan kantong kehamilan dengan ukuran yang dapat diperhatikan apakah sesuai dengan ukuran normlanya atau tidak. Pada beberapa kehamilan, ukuran kantong janin terkadang tidak dapat terlihat atau belum terlihat dan tetap saja masih dalam kondisi normal kecuali ada tanda bahaya lainnya.  Teknik USG transvaginal dapat lebih memberikan gambaran hasil yang jelas dalam pemeriksaan kehamilan 5 minggu dan hasilnya pasti berbeda dengan hasil usg kehamilan 6 minggu.