Sponsors Link

31 Manfaat Mangga untuk Ibu Hamil dan Janin

Sponsors Link

Apakah anda sedang menikmati masa trimester awal kehamilan? Kehamilan akan menjadi momen paling bahagia bagi sebuah keluarga. Banyak hal yang bisa terjadi sepanjang kehamilan hingga bayi Anda lahir ke dunia. Salah satu bagian yang paling sering dibicarakan yakni, larangan ibu hamil untuk mengkonsumsi beberapa jenis buah. Salah satunya adalah buah mangga. Tapi, apakah benar bahwa buah mangga itu berbahaya bagi kandungan atau bahkan bermanfaat? Jadi, mari kita bahas mengenai seluk-beluk kebenaran mengenai buah mangga ini.

ads

Nutrisi Buah Mangga

manfaat mangga untuk ibu hamilBuah mangga memang menjadi buah yang sangat segar dan biasanya banyak ditemukan pada musim kemarau. Meskipun beberapa jenis mangga bisa ditemukan pada musim penghujan. Buah dengan cita rasa yang manis dan sangat lembut ini menjadi keinginan rata-rata semua ibu hamil. Salah satunya adalah tradisi makan mangga muda saat masuk ke trimester pertama, terutama satu terjadi morning sickness. Tapi apakah semua mangga aman untuk semua usia kehamilan?

Mangga mengandung berbagai macam nutrisi yang sangat penting untuk ibu hamil. Dibawah ini adalah berbagai nutrisi yang sangat penting dari buah mangga per 100 gram penyajian, sesuai jumlah yang disarankan untuk ibu hamil per hari

  • Vitamin A 1584 IU 3300 IU
  • Vitamin B6 0,228 mg 1,9 mg
  • Vitamin C 57,6 mg 85 mg
  • Kalori 60 Kkal 300 – 350 Kkal (500 untuk bulan ke 6 hingga 9)
  • Protein 1,07 gram 75 gram
  • Magnesium 19 mg 350 – 400 mg
  • Tembaga 0,228mg 1 mg
  • Serat 3,8 mg 25 gram

Jika Anda lihat maka buah mangga memiliki sumber nutrisi yang sangat lengkap. Mangga mengandung vitamin A, vitamin B, vitamin C, kalori dan berbagai jenis mineral. semua jenis nutrisi ini memiliki manfaat dan dampak yang sangat baik untuk ibu hamil dan janin. Jadi, mari kita mengenal manfaat mangga untuk ibu hamil serta janin. Berikut ini manfaat mangga berdasarkan sumber vitamin dan nutrisi yang ditemukan di dalamnya.

Vitamin A

Mangga menjadi salah satu buah yang kaya dengan kandungan vitamin A. Vitamin A adalah salah satu jenis vitamin yang dibutuhkan selama kehamilan dan menjadi asupan gizi ibu hamil yang wajib dari mulai trimester awal hingga akhir. Kekurangan vitamin A akan sangat berbahaya untuk kesehatan ibu hamil dan janin yang akan dilahirkan. Berikut ini manfaat vitamin A yang ditemukan dalam mangga.

  1. Vitamin A yang ditemukan dalam buah mangga akan membuat tubuh ibu hamil menjadi lebih kuat. Vitamin A akan bekerja sama dengan nutrisi lain untuk membentuk sistem kekebalan tubuh yang dibutuhkan lebih banyak pada ibu hamil.
  2. Buah mangga memiliki warna kuning yang kaya dengan kandungan karoten. Zat karoten berperan dalam kehamilan terutama untuk mencegah serangan penyakit yang disebabkan karena tubuh ibu hamil lebih rentan terhadap infeksi bakteri dan kuman.
  3. Vitamin A dalam mangga juga akan membantu tubuh dalam menjaga kesehatan mata untuk ibu hamil dan perkembangan janin.
  4. Mangga juga akan membantu proses perkembangan dan pertumbuhan janin karena mengandung vitamin A yang cukup tinggi.
  5. Vitamin A dari buah mangga juga berperan dalam meningkatkan pertumbuhan dan kesehatan organ dalam pada janin seperti organ pernafasan, pengembangan saraf neurologi dan motorik serta memelihara perkembangan kesehatan jantung.
  6. Manfaat mangga untuk ibu hamil memberikan vitamin A yang penting untuk menjaga perkembangan organ pada janin seperti mata, ginjal, paru-paru dan tulang.

Vitamin B6

Selain rasanya yang manis dan menyegarkan, mangga juga ternyata mengandung vitamin B6. Ibu hamil dan janin yang berada dalam kandungan membutuhkan makanan sehat ibu hamil yang mengandung vitamin B6. Kekurangan vitamin B6 akan menyebabkan resiko cacat yang lebih tinggi pada janin. Manfaat vitamin B6 dalam mangga antara lain adalah:

  1. Mangga menjadi sumber vitamin B6 yang berperan untuk meningkatkan perkembangan fungsi kognitif pada bayi. Selain itu vitamin B6 juga penting untuk menjaga agar saraf janin tumbuh dengan baik dan normal.
  2. Ibu hamil membutuhkan asupan vitamin B6 untuk menjaga agar tubuh tetap sehat, menjaga sistem kekebalan tubuh, dan membantu dalam pembentukan sel-sel darah.
  3. Ibu hamil yang rajin mengkonsumsi mangga sejak awal trimester satu akan memiliki resiko yang lebih ringan dari gejala mual, muntah dan lemah yang biasanya terjadi pada trimester pertama.
  4. Vitamin B6 dalam buah mangga juga penting untuk membantu produksi sel darah merah, menjaga perkembangan sistem syaraf bayi dan perkembangan sistem syaraf.
  5. Asupan vitamin B6 yang cukup akan mengahindarkan bayi atau janin dari cacat mental dan gangguan sistem darah. Salah satunya bisa dicukupi dengan manfaat mangga untuk ibu hamil ini. (Baca juga : makanan untuk mencegah bayi cacat lahir)

Vitamin C

Vitamin C memiliki peran yang sangat penting untuk kehamilan dan janin yang ada dalam kandungan. Vitamin C menjadi salah satu agen antioksidan yang membentuk sistem kekebalan tubuh dan mencegah ibu hamil dari infeksi bakteri dan kuman. Berikut ini beberapa manfaat mangga yang kaya dengan kandungan vitamin C.

  1. Vitamin C yang terdapat dalam buah mangga menjadi salah satu agen penting untuk menolak dan menyerang semua zat atau radikal bebas yang membahayakan kesehatan ibu hamil dan janin.
  2. Vitamin C yang ditemukan dalam buah mangga menjadi salah satu zat yang bisa mencegah penyebab kanker pada ibu hamil dan janin. Janin yang mendapatkan asupan vitamin C penuh selama kehamilan memiliki resiko yang kecil untuk terserang kanker. (Baca juga : cara menjaga kehamilan agar tetap sehat)
  3. Mangga akan mendorong perkembangan dan fungsi dari sistem syaraf pusat dan kemampuan kognitif bayi.
  4. Kesehatan janin yang mendapatkan asupan dari mangga menjadi lebih tinggi dan membentuk kesehatan gusi sejak dalam kandungan.
  5. Vitamin C dalam mangga juga membantu ibu hamil agar tubuhnya mampu menyerap berbagai nutrisi penting dari sumber makanan lain, terutama untuk cara mengatasi mual saat hamil muda.
  6. Mangga mendorong tubuh ibu hamil agar mampu menyerap zat besi yang penting untuk pertumbuhan janin dan kesehatan selama kehamilan.
ads

Mineral Tembaga

Tahukah anda, bahwa ibu hamil membutuhkan asupan yang mengandung tembaga sepanjang kehamilan. Meskipun tembaga dibutuhkan dalam jumlah yang kecil namun memiliki peran yang sangat besar untuk ibu hamil dan janin. Manfaat tembaga yang ditemukan pada mangga adalah:

  1. Tembaga menjadi sumber yang penting untuk ibu hamil terutama untuk mendorong produksi sel darah merah bersama manfaat zat besi dan vitamin B. Kekurangan tembaga akan menyebabkan ibu hamil mudah lelah dan stres.
  2. Tembaga yang terdapat pada buah mangga juga membantu dalam pembentukan berbagai macam organ yang sangat penting pada janin seperti sistem pembuluh darah, sistem pembentukan tulang dan hati.
  3. Manfaat mangga untuk ibu hamil menjadi asupan yang sangat baik untuk menjaga kesehatan dan sistem tulang. Ibu hamil memiliki kebutuhan asupan yang penting untuk tulang karena akan bermanfaat untuk mendukung sistem janin dan kekuatan tubuh selama kehamilan.
  4. Ibu hamil biasanya membutuhkan produksi darah yang lebih tinggi dibandingkan wanita yang tidak hamil. Kondisi ini harus diseimbangkan dengan jumlah tembaga dalam tubuh sehingga tubuh ibu hamil tetap sehat.

Baca juga manfaat buah nangka untuk ibu hamil yang kaya akan mineral tembaga ini.

Serat

Mangga menjadi makanan yang sangat menyenangkan untuk ibu hamil. Rasa mangga yang manis dan sedikit asam akan membantu pencernaan ibu hamil menjadi lebih baik. Jika  sedang diet selama periode akhir kehamilan maka mangga bisa menjadi camilan yang sangat bermanfaat karena kandungan seratnya. Berikut ini manfaat mangga untuk ibu hamil, karena kandungan seratnya.

  1. Mangga yang mengandung serat sangat baik untuk membantu sistem pencernaan ibu hamil terutama pada saat mengalami ciri-ciri orang hamil muda. Ibu hamil akan menghadapi beberapa kondisi pencernaan yang berbeda seperti sembelit dan rasa lapar yang berlebihan.
  2. Konsumsi mangga juga sangat disarankan untuk ibu hamil yang mengalami beberapa masalah dengan tekanan darah, seperti hipertensi dalam kehamilan. Kandungan serat dalam buah mangga juga bermanfaat untuk membantu menormalkan tekanan darah tinggi sehingga menurunkan resiko preklamsia pada ibu hamil.

Folat dan Kalium

Buah mangga juga mengandung kalium dan folat seperti dalam manfaat alpukat untuk ibu hamil. Meskipun ditemukan dalam jumlah yang kecil, namun juga membantu ibu hamil agar tetap sehat sepanjang kehamilan. Berikut ini manfaat kalium dan folat yang ditemukan dalam buah mangga.

  1. Kalium yang terdapat dalam buah mangga memiliki peran yang sangat penting untuk membantu tekanan darah dan sistem detak jantung pada ibu hamil dan janin.
  2. Kalium yang ditemukan dalam buah mangga juga penting untuk menjaga agar jumlah elektrolit dalam tubuh ibu hamil selalu seimbang dan sesuai dengan kebutuhan tubuh.
  3. Kalium akan membuat tubuh ibu hamil menjadi lebih nyaman, tidak mudah lelah dan terhindar dari kram perut atau kaki.
  4. Kalium juga membantu ibu hamil untuk meningkatkan sistem kerja syaraf dan otot.
  5. Manfaat asam folat yang terdapat dalam buah mangga akan membantu janin agar terhindar dari resiko cacat tabung syaraf dan membantu dalam produksi sel darah merah, sistem jantung dan protein untuk DNA janin.

Kalori

Kalori dibutuhkan oleh ibu hamil sebagai sumber tenaga. Sepanjang kehamilan maka ibu hamil harus tetap melakukan berbagai aktivitas termasuk bekerja dan kegiatan lain. Kekurangan asupan kalori akan menyebabkan tubuh ibu hamil menjadi lebih lemah dan mudah sakit. Selain itu, kebutuhan kalori untuk ibu hamil akan lebih tinggi ketika memasuki trimester ketiga.

Hal ini diperlukan untuk mempersiapkan proses kelahiran, produksi ASI dan sumber tenaga. Jadi, konsumsi buah buahan untuk ibu hamil seperti mangga ini, sangat penting untuk menjadi sumber tenaga yang penting selama kehamilan.

Protein

Protein yang terdapat pada buah mangga memiliki peran yang sangat penting untuk menjaga agar ibu hamil selalu sehat. Protein yang terdapat pada manfaat mangga untuk ibu hamil, memiliki peran untuk menjadi sumber tenaga dan mengurangi rasa lelah yang berlebihan. Hal inilah yang membuiat mangga menjadi buah yang sangat menyegarkan dan membuat sistem pencernaan menjadi lebih baik.

Magnesium

Ibu hamil memiliki berbagai kebutuhan dan perubahan yang sangat berbeda dengan wanita yang tidak hamil. Ibu hamil membutuhkan asupan magnesium yang lebih tinggi untuk menghilangkan rasa stress selama kehamilan. Magnesium yang ditemukan pada buah mangga juga penting untuk menjaga agar otot-otot tubuh menjadi rileks sehingga ibu hamil tidak mudah lelah. Kekurangan magnesium dapat menyebabkan ibu hamil mudah stres karena rasa lelah dan tekanan dari perubahan hormon. (Baca juga : aktivitas berbahaya untuk ibu hamil)

Sponsors Link


Tips Konsumsi Buah Mangga untuk Ibu Hamil

Buah mangga memang menjadi buah yang sangat menyegarkan, namun buah mangga di Indonesia umumnya tidak ditemukan sepanjang musim. Jadi ibu hamil yang ingin makan buah mangga di luar musim mangga sebaiknya memilih mangga dengan sangat hati-hati. Berikut ini beberapa tips untuk konsumsi buah mangga.

1. Hindari semua jenis mangga yang dimatangkan atau diperam dengan kalsium karbida (karbid). Bahan kimia ini memiliki efek kesehatan yang sangat besar untuk ibu hamil dan janin. Keracunan kalsium karbida dapat menyebabkan cacat janin dan keguguran. Beberapa gejala keracunan dari kalsium karbida adalah sebagai berikut :

  • Terjadi gangguan pencernaan seperti rasa sakit perut, diare, mual dan muntah.
  • Kepala akan terasa sedikit pusing, mengantuk dan kejang pada tahap yang parah.
  • Terjadi gangguan saraf seperti kesemutan pada kaki dan tangan.

2. Selalu konsumsi mangga yang memang sudah matang di pohon atau di peram secara alami.
3. Cuci buah mangga sebelum di kupas untuk menghilangkan semua kuman dan bakteri.
4. Kupas mangga dengan pisau yang bersih dan jangan pernah makan buah mangga yang belum di kupas atau makan secara langsung dari kulit.
5. Cuci tangan sebelum makan buah mangga atau pakai perlengkapan makan yang sudah bersih.


Mangga Aman dikonsumsi Saat Hamil

Mangga menjadi salah satu buah yang sangat baik untuk ibu hamil. Berbagai jenis mitos yang mengatakan bahwa mangga bisa menyebabkan keguguran ternyata tidak benar. Mangga mengandung semua jenis nutrisi, vitamin dan mineral yang dibutuhkan oleh ibu hamil. Namun konsumsi buah mangga juga harus tetap diatur agar tidak berlebihan.

Berikut ini beberapa efek samping buah konsumsi buah mangga, jika ibu hamil melanggar beberapa aturan atau cara konsumsi buah mangga yang tepat, yaitu :

  • Ibu hamil dilarang untuk makan buah mangga yang dimatangkan dengan memakai bahan kimia seperti karbid. Mangga yang di karbid, bisa menyebabkan keracunan dan membahayakan nyawa janin
  • Ibu hamil yang menderita diabetes harus mengkonsumsi buah mangga dalam batas tertentu untuk menjaga kadar gula dalam darah.
  • Disarankan untuk makan buah mangga segar atau jus tanpa gula, karena buah mangga sudah mengandung kalori sehingga bisa menyebabkan ibu hamil rentan terhadap diabetes.

Jadi, mangga pada dasarnya sangat disarankan untuk ibu hamil. Hanya saja untuk memanfaatkan semua kandungan nutrisi dan mineral dalam buah mangga sebaiknya konsumsi buah mangga yang sehat, segar dan matang secara alami tanpa bahan kimia.


Sponsors Link

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , , ,
Post Date: Tuesday 14th, April 2015 / 09:54 Oleh :
Kategori : Buah Sehat