Bolehkah Ibu Hamil Berenang ? Ini Tips yang Perlu Diketahui

Ibu hamil tentunya perlu menjaga kesehatan diri dan janin yang dikandungnya. Maka dari itu ibu hamil tetap perlu untuk melakukan olahraga yang menyehatkan. Salah satu olahraga yang bisa dilakukan oleh ibu hamil adalah berenang. Namun ada juga yang mengatakan berenang bagi ibu hamil itu berbahaya. Lalu sebenarnya bolehkah ibu hamil berenang? Jika boleh, apa saja tips atau syarat yang harus dipenuhi? Berikut penjelasannya.

Bahaya Berenang bagi Ibu Hamil

Banyak yang mengatakan bahwa berenang bagi ibu hamil itu tidak diperkenankan. Hal ini dikarenakan ibu hamil yang berenang memiliki risiko yang cukup membahayakan. Berikut ini beberapa Bahaya Berenang bagi Ibu Hamil yang perlu diketahui.

  1. Kolam yang mengandung klorin

Kolam renang biasanya memang diberikan tambahan zat seperti kaporit atau klorin. Hal inilah yang seringkali dikhawatirkan oleh para pakar kesehatan sehingga mereka merekomendasikan untuk tidak boleh berenang saat hamil. Klorin memang merupakan salah satu obat kimia yang bisa menciptakan kondisi higienis pada kolam. Namun bahaya klorin juga bisa menurunkan sistem imun pada janin.

  1. Risiko dehidrasi

Mungkin hal ini juga sudah cukup banyak diketahui, bahwa berenang bisa menyebabkan dehidrasi. Apalagi jika berenang dilakukan di cuaca yang sangat panas. Dan yang lebih berbahaya lagi, orang yang berenang seringkali tidak sadar bahwa tubuhnya sedang dehidrasi, karena mereka merasa tubuhnya sedang berendam di dalam air yang sejuk. Hal ini bisa membahayakan janin, karena tubuh ibu kekurangan cairan.

  1. Jika teknik renang salah

Hal berbahaya berikutnya dari berenang saat hamil adalah jika teknik renang yang digunakan salah. Gerakan yang salah bisa membuat kehamilan menjadi bermasalah, dan ini juga sering dikhawatirkan.

  1. Bahaya terpeleset

Selain itu, ibu hamil yang berenang juga dikhawatirkan akan terpeleset, mengingat kolam renang dan area di sekitar kolam renang itu sangatlah licin. Jika ibu jatuh, maka hal ini juga akan membahayakan janin.

Manfaat Berenang bagi Ibu Hamil

Mungkin masih banyak yang bertanya, jika berenang bagi ibu hamil ternyata berbahaya, lalu mengapa masih banyak rekomendasi untuk bernenang saat hamil? Lalu sebenarnya bolehkah ibu hamil berenang? Ternyata berenang bagi ibu hamil juga memiliki banyak sekali manfaat yang bisa didapatkan. Baik itu manfaat bagi ibu sekaligus Manfaat Berenang untuk Bayi. Berikut ini ada beberapa manfaat berenang bagi ibu hamil yang perlu diketahui.

  1. Sirkulasi udara menjadi lancar

Salah satu manfaat dari berenang adalah melancarkan sirkulasi udara di dalam tubuh. Jika ibu hamil berenang, maka sirkulasi udara yang lancar akan berefek baik bagi janin dan juga ibu, karena oksigen tersebar merata dengan lebih sehat. Dan janin pun juga bisa mendapat asupan oksigen terbaik dari ibunya.


  1. Sirkulasi darah menjadi lancar

Tidak hanya sirkulasi udara, sirkulasi darah di dalam tubuh ibu juga menjadi lebih lancar. Tentunya sirkulasi darah yang lancar juga bisa memaksimalkan asupan nutrisi kepada janin sehingga janin bisa berkembang dengan normal.

  1. Pembakaran kalori

Salah satu Manfaat Berenang Bagi Ibu Hamil adalah membakar kalori. Selama masa kehamilan, mungkin ibu hamil akan mengurangi aktivitas fisiknya. Sehingga hal ini menimbulkan risiko obesitas pada ibu hamil. Dengan melakukan olahraga seperti berenang, maka risiko obesitas itu bisa ditekan, karena pembakaran kalori tetap terjadi, sehingga berat badan ibu tetap seimbang.

  1. Latihan untuk jantung dan paru-paru

Dalam mempersiapkan masa persalinan normal, jantung dan paru-paru ibu haruslah kuat untuk kelancaran masa persalinan. Selain itu jantung dan paru-paru yang kuat juga bisa membantu mengurangi pembengkakan saat masa kehamilan. Oleh karena itu, berenang bisa melatih organ jantung dan paru-paru agar lebih sehat.

  1. Otot rahim dan panggul menjadi lebih kuat

Gerakan-gerakan renang adalah gerakan olahraga yang cocok untuk memperkuat otot pada bagian rahim dan juga panggul. Hal ini juga tentunya bisa memberikan manfaat bagi ibu hamil agar kandungannya menjadi semakin kuat.

  1. Menciptakan kesan relaksasi dan menghindari stress

Berenang adalah salah satu kegiatan yang menyenangkan, dan tentunya bisa memberikan kesan relaksasi tersendiri. Hal ini tentunya bisa memberikan manfaat bagi ibu hamil agar tidak mudah stress dalam menjalani masa kehamilan.

Tips Berenang bagi Ibu Hamil

Sudah diketahui beberapa penjelasan mengenai bahaya dan manfaat dari berenang saat hamil. Maka dari itu, bisa diambil kesimpulan bahwa berenang saat hamil tentu saja diperbolehkan, mengingat manfaatnya juga banyak sekali. Namun, tentunya ibu hamil perlu memikirkan beberapa hal agar kegiatan berenang saat hamil tetap aman untuk dilakukan. Berikut ini beberapa tips berenang bagi ibu hamil yang perlu dilakukan.

  • Lakukan pemanasan untuk menghindari kram otot ketika berenang.
  • Pilih kolam renang yang benar-benar higienis, dalam artian bersih, dan sebisa mungkin tidak menggunakan zat kimia berbahaya pada airnya.
  • Berhati-hatilah selalu saat berenang agar terhindar dari bahaya terpeleset.
  • Jangan berenang saat kondisi perut sedang kenyang.
  • Gunakan tabir surya untuk menghindari kulit gelap dan kusam.
  • Lakukan gerakan renang yang ringan dan santai, tidak perlu melakukan gerakan ringan yang terlalu bersemangat. Gaya renang yang disarankan untuk ibu hamil adalah gaya bebas dan gaya dada.
  • Jika kolam memiliki tangga kolam, turun atau naik tangga tersebut harus dilakukan secara hati-hati.
  • Jangan melompat langsung dari tepi kolam saat masuk ke dalam kolam.
  • Sebelum masuk ke kolam, adaptasikan tubuh dengan suhu air kolam itu sendiri. Jangan sampai tubuh menjadi terlalu terkejut dengan suhu kolam renang yang terlalu dingin.
  • Jika saat berenang, perut bagian bawah terasa menegang atau mengencang, segera istirahatlah dan keluarlah dari kolam.
  • Saat berenang, usahakan tetap minum air putih yang cukup untuk mencegah dehidrasi. Misalnya setiap 30 menit sekali jadwalkan untuk minum air putih.
  • Jika kegiatan renang sudah selesai, segera bilas dan mandi dengan bersih agar bakteri dan kuman dari kolam segera hilang dari tubuh.

Itulah beberapa tips yang perlu diperhatikan. Olahraga untuk Ibu Hamil yang satu ini memang perlu dilakukan dengan sangat hati-hati. Selain itu, ibu hamil dalam kondisi tertentu lebih baik tidak melakukan olahraga renang selama masa kehamilan. Ibu hamil yang dilarang berenang adalah mereka yang berada kondisi:

  • Ibu hamil yang sering merasa sakit kepala atau pusing dengan detak jantung yang seringkali terasa cepat atau tidak teratur.
  • Ibu hamil yang memiliki riwayat keguguran 3 kali atau lebih.
  • Ibu hamil yang memiliki riwayat persalinan dini.
  • Ibu hamil dengan kondisi serviks yang lemah.
  • Ibu hamil dengan kondisi kehamilan multipel
  • Ibu hamil dengan kelainan jantung atau paru-paru

Demikianlah beberapa penjelasan mengenai Bolehkah ibu hamil berenang? serta bahaya, manfaat, dan juga tips-tips yang perlu diperhatikan. Jaga selalu masa kehamilan Anda dengan tetap menjaga aktivitas yang bermanfaat. Hindari hal-hal yang bisa membahayakan janin. Ikuti rekomendasi dokter untuk menjaga kesehatan ibu dan janin. Semoga bermanfaat.

, , ,
Post Date: Thursday 05th, October 2017 / 05:27 Oleh :
Kategori : Tips Olahraga
MUST READ
Perkembangan Janin / Bulan : 1, 2, 3, 4, 5, 6, 7, 8, 9
Perkembangan Bayi/ Bln : 1, 2, 3, 4, 5, 6, 7, 8, 9, 10,11, 12

Recommeded

Popular