Berapa Minggu Usia Kehamilan Normal Dan Seberapa Penting Mengetahuinya ?

Kehamilan secara definisi merupakan proses yang akan dijalani oleh seorang ibu hamil dimana ada janin yang tumbuh dan berkembang di dalam rahim sebelum akhirnya lahir melalui proses persalinan tertentu. Mendapatkan kehamilan tentunya bukan perkara yang mudah terutama bagi beberapa orang yang memang memiliki kondisi tertentu. Dalam menjalani proses kehamilan, tentu setiap ibu hamil menginginkan agar tahapan demi tahapan yang terjadi selalu menunjukan keadaan yang sehat dan normal.

Selama menjalani proses kehamilan, tentu ada beberapa hal yang sebaiknya diperhatikan oleh ibu hamil demi kondisi hamil yang normal dan sehat. Ibu hamil diwajibkan untuk memiliki banyak informasi terkait segala hal yang berkaitan dengan proses kehamilan. Mengingat kebutuhan informasi tersebut, ibu hamil yang peduli dengan kehamilannya kerap mengajukan beberapa pertanyaan penting yang salah satunya terkait berapa minggu usia kehamilan normal dengan jawaban yang penjelasannya di bawah ini.

Berapa Minggu Usia Kehamilan Normal ?

Sebagai ibu hamil yang baik dan peduli akan kehamilannya, mengetahui usia kehamilan secara normal merupakan hal yang sepatutnya diperhatikan dengan baik. Usia kehamilan yang normal terjadi pada setiap ibu hamil adalah sekitar 40 minggu yang terbagi kedalam tiga trimester. Usia kehamilan yang dijalani setiap ibu hamil tentu berbeda satu sama lain yang perlu dikonsultasikan dengan dokter ketika usia yang terjadi melebihi usia normal kehamilan namun belum kunjung juga muncul tanda tanda proses persalinan.

Meksipun secara normal kehamilan akan berlangsung selama 40 minggu, tentu ada rentang tertentu yang masih dikatakan bahwa kehamilan terjadi dengan usia yang normal. Rentang usia kehamilan yang normal tersebut adalah 38 – 42 minggu. Kehamilan yang berlangsung lebih cepat dari 37 minggu disebut sebagai kelahiran prematur, sedangkan kehamilan yang berlangsung diatas 41 minggu merupakan kondisi postmatur. Kedua keadaan kehamilan tersebut merupakan kondisi yang tidak normal dan dapat membeirkan dampak buruk pada bayi yang dilahirkan.

Cara Menentukan Usia Kehamilan

Untuk dapat mengetahui usia kehamilan secara tepat maka ada metode yang dapat digunakan dalam menentukannya. Metode utama penentuan usia kehamilan adalah dengan melihat hari pertama haid terakhir atau HPHT. Penetapan Hari pertama haid terkahir tersebut dilakukan dengan menghitung hari pertama kehamilan saat ibu hamil memasuki hari pertama haid yang terjadi terakhir kali sebelum proses kehamilan diketahui. Dalam perhitungannya, hari perkiraan lahir atau HPL juga dapat ditentukan melalui HPHT tersebut.

Selain dengan cara tersebut, usia kehamilan juga dapat dihitung melalui ultrasonografi atau yang lebih dikenal dengan nama USG. Perhitungan usia kehamilan melalui cara USG biasanya dengan melihat kondisi pertumbuhan dan perkembangan janin di dalam kandungan. Beberapa dokter lebih suka menghitung usia kehamilan melalui USG. Kalkulator kehamilan juga dapat menjadi salah satu cara mengitung taksiran persalinan dan usia kehamilan.

Pentingnya Mengetahui Usia Kehamilan

Terkait dengan usia kehamilan, seorang ibu hamil diharapkan memahami dan mengetahui sudah berjalan berapa lama kehamilannya. Kondisi tersebut dibutuhkan untuk menjadikan ibu memahami setiap proses yang terjadi dan tindakan apa saja yang sebaiknya dilakukan oleh ibu hamil. Berikut ini penjelasan mengenai beberapa hal yang menjadikan pentingnya mengetahui usia kehamilan diantaranya seperti :

1. Menjadwalkan pemeriksaan

Pengetahuan akan usia kehamilan bagi ibu hamil dapat membantu menjadwalkan pemeriksaan yang lebih rutin dan konsisten setiap bulannya. Ibu perlu untuk memastikan bahwa janin dalam kondisi yang sehat di dalam kandungan di usia usia tertentu melalui jalan pemeriksaan medis dengan tim dokter termasuk melakukan USG.

2. Memastikan gejala yang muncul normal sesuai usia kehamilan

Hal penting lainnya yang menjadikan pemahaman terhadap usia kandungan secara akurat dibutuhkan adalah untuk memastikan bahwa apa yang terjadi pada kondisi tubuh ibu hamil dan perkembangan janin di dalam kandungan sesuai dengan usia kehamilan yang seharusnya.

3. Mempersiapkan persalinan

Proses persalinan merupakan bagian akhir dari kehamilan yang ditunggu tunggu kedatangannya dimana janin di dalam kandungan akan terlahir ke dunia. Demi mempersiapkan proses persalinan yang benar agar bayi dapat lahir melalui jalan melahirkan normal, ibu perlu untuk mengetahui usia kehamilan yang sudah dilewati.

4. Perlakuan yang berbeda dari ibu hamil

Dengan memahami usia kehamilan, ibu juga akan mampu memberikan usaha yang dibutuhkan pada setiap proses yang terjadi. Usaha usaha tersebut terkadang berbeda di setiap usia kehamilan sehingga ibu hamil diharuskan mengetahui secara akurat tentang lamanya proses hamil yang sudah di jalani.

Itulah beberapa penjelasan mengenai jawaban atas pertanyaan “berapa minggu usia kehamilan normal” akan dijalani oleh ibu hamil. Selain mengetahui waktu berapa lama kehamilan akan berlangsung, ibu harus memahami juga seberapa jauh usia kehamilan yang sudah di jalani untuk memastikan bahwa janin di dalam kandungannya dalam keadaan yang sehat serta memiliki perkembangan normal.