Bolehkah Ibu Hamil Mandi Malam Dan Adakah Efek Sampingnya ?

Menjadi hamil merupakan salah satu keinginan terbesar pada wanita yang sudah menikah secara resmi. Seorang wanita yang hamil dapat menyandang status sebagai wanita yang sempurna dan berubah menjadi seorang ibu ketika proses persalinan telah berhasil dilakukan. Mendapati kehamilan pada seorang wanita bukanlah perkara yang mudah karena ada beberapa pasangan yang harus melewati berbagai macam tahapan program hamil yang dilaksanakan oleh dokter kandungan hingga ada yang harus melakukan tindakan medis seperti inseminasi buatan dan bayi tabung dengan kebutuhan biaya yang sangat besar.

Beratnya usaha untuk mendapatkan proses kehamilan pada seorang wanita tersebut menjadikannya akan melakukan berbagai macam usaha serta upaya agar kondisi kehamilannya selalu dalam kondisi yang benar baik dalam hal kesehatan diri dan janin maupun proses perkembangan janin yang ada di dalam kandungannya dapat berjalan dengan normal serta selalu berkembang seiring bertambahnya usia kehamilan. Usaha dan upaya yang dilakukan oleh seorang ibu hamil tersebut bersifat spontan dan alamiah sebagai bentuk tanggung jawabnya terhadap janin.

Beberapa aktivitas yang akan dilakukan ibu sebagai usaha untuk menjaga kesehatan dan perkembangan janinnya tersebut diantaranya adalah dengan mengkonsumsi makanan sehat ibu hamil dan menghindari pantangan makannya sesuai usia kehamilan, melakukan konsultasi dengan dokter kandungan maupun bidan berkaitan dengan perkembangan kehamilan, beristirahat yang cukup, serta menghindari berbagai macam hal yang berbahaya. Selain itu ibu hamil juga membutuhkan informasi melalui pertanyaan pertanyaan,  salah satunya adalah “bolehkah ibu hamil mandi malam” yang akan dijelaskan dalam artikel ini.

Bolehkah Ibu Hamil Mandi Malam ?

Mandi pada malam hari yang dilakukan oleh ibu hamil biasanya bertujuan untuk membersihkan diri bagi mereka yang memiliki aktifitas hingga malam hari maupun untuk menghilangkan keringat, kegerahan, dan mengurangi perasaan stres. Sejauh ini belum pernah ada larangan dari dokter kandungan maupun penelitian yang menyebutkan bahwa mandi di malam hari berbahaya secara langsung. Meskipun tidak berbahaya, ibu hamil harus tetap waspada dan tidak terlalu sering melakukannya. Selain itu untuk menghindari adanya efek samping berbahaya tersebut maka perhatikan dua uraian dibawah ini berkaitan dengan proses mandi malam yang dilakukan oleh ibu hamil.

  • Selalu hati hati dan waspada

Kondisi yang paling ditakutkan terjadi pada ibu hamil saat mandi malam adalah hilangnya konsentrasi dan kesadaran. Hilangnya konsentrasi dan kesadaran tersebut disebabkan oleh kondisi yang sudah larut malam dan kelelahan pada ibu hamil yang dapat beresiko menyebabkan ibu hamil terjatuh ke lantai seingga bisa jadi akan menganggu perkembangan janin dan kesehatannya.

  • Gunakan suhu yang benar

Suhu merupakan hal yang harus diperhatikan pada ibu hamil yang akan melakukan aktivitas mandi malam. Kondisi suhu harus benar benar dicek pada kondisi yang normal karena suhu air yang dingin dapat menyebabkan ibu kedinginan sedangkan sushu yang terlalu panas dapat membahayakan kehamilannya. Nilai  suhu yang cocok untuk ibu hamil mandi malam berkisar di angkat 37 derajat celcius sehingga tidak akan terlalu panas dan tidak dingin.

Efek samping ibu hamil mandi di malam hari

Seperti yang dijelaskan dalam jawaban pertanyaan bolehkah ibu hamil mandi malam diatas bahwa mandi pada malam hari oleh ibu hamil dapat dikatakan tidak akan menimbulkan gangguan kehamilan yang berarti, namun jika kondisi air yang digunakan pada saat mandi memiliki suhu yang dingin. maka ada beberapa efek samping yang diantaranya adalah sebagai berikut ini.

  • Kedinginan dan menggigil, Kondisi dimana ibu hamil akan mengalami kedinginan yang dapat menimbulkan rasa tidak nyaman dan bisa jadi malah menyebabkan ibu hamil mengalami penyakit tertentu merupakan efek samping yang dapat muncul . Untuk menghindari bahaya dari kondisi kedinginan pada ibu hamil, maka sebaiknya gunakan air dalam kondisi yang hangat dan usahakan tidak terlalu lama melakukan proses mandinya. Mandi mala yang dilakukan oleh ibu hamil ini merupakan salah satu penyebab ibu hamil mengigil kedinginan
  • Resiko terpeleset atau terjatuh, Efek samping ibu yang mandi pada malam hari lainnya adalah munculnya resiko terpeleset atau terjatuh akibat ibu yang kurang berhati hati dan berkonsentrasi. Resiko terpeleset atau terjatuhnya ibu hamil harus dihindari dan selalu diperhatikan karena jika terjadi akan sangat berbahaya bagi perkembangan janin di dalam kandungan.
  • Ibu hamil mengalami flu, munculnya flu saat hamil dapat disebabkan oleh suasana dingin yang terjadi akibat ibu hamil mandi malam menggunakan air biasa atau air dingin. Flu yang terjadi pada ibu hamil dapat mengakibatkan kondisi kesehatan ibu menurun sehingga pastinya dapat menganggu proses perkembangan kehamilan.
  • Ibu hamil mengalami demam, penyakit atau gejala lainnya yang juga dapat terjadi pada ibu hamil yang melakukan aktivitas mandi di malam hari selain flu adalah gejala demam atau panas pada tubuh ibu hamil. Kondisi demam yang terjadi tersebut disebabkan oleh ibu hamil yang kedinginan disertai dengan mengigil akibat suhu sekitar dan suhu air yang dingin. Kondisi ini termasuk  ke dalam salah satu bahaya ibu hamil mandi malam yang harus diperhatikan.

Beberapa uraian diatas digunakan untuk membantu ibu hamil yang masih memiliki pertanyaan berkaitan dengan mitos mandi malam pada saat kehamilan. Meskipun tidak dilarang, sebaiknya ibu tetap membatasi kegiatan mandi di malam hari sebagai bentuk upaya pencegahan kondisi berbahaya.