Makanan Sehat Untuk Penderita Penebalan Dinding Rahim Yang Harus Dikonsumsi

Penebalan dinding rahim merupakan salah satu bentuk masalah pada rahim yang dapat terjadi berkaitan dengan siklus menstruasi. Penebalan dinding rahim yang normal terjadi pada siklus mentruasi wanita akan mengalami peluruhan sendiri pada saat terjadinya haid ditandai dengan keluarnya darah. Penebalan dinding rahim yang normal terjadi tersebut merupakan proses biologis dalam siklus mestruasi sebagai bentuk persiapan pada rahim bisa proses pembuahan sel telur oleh sel sprema berhasil terjadi.

Kondisi penebalan dinding rahim yang bermasalah disebut dalam bahasa medis sebagai hiperlasia endometrium atau endometriosis. Hiperlasia endometrium dijelaskan sebagai salah satu kondis penebalan bagian endometrium yang terjadi secara tidak normal atau berlebihan dan tidak dapat meluruh secara normal seperti pada kondisi penebalan dinding rahim yang terjadi sepanjang siklus menstruasi. Tidak meluruhnya dinding rahim tersebut disebabkan oleh perkembangan biakan sel endometrium yang terlalu banyak dan menjadi penyebab haid tidak teratur.

Kondisi penebalan dinding rahim yang tidak normal tentu harus diatasi agar tidak menyebabkan masalah pada organ reproduksi wanita yang tentunya akan menghalagi terjadinya proses kehamilan. Dalam prosesnya untuk menangani penebalan dinding rahim yang tidak normal tersebut ada langkah pendukung selain tindakan medis yang dapat dilakukan yakni dengan mengkonsumi makanan tertentu. Berikut ini beberapa jenis makanan sehat untuk penderita penebalan dinding rahim yang tidak normal.

  1. Makanan yang dapat mempengaruhi hormon

Jenis makanan pertama yang sebaiknya diprioritaskan dalam pola makan penderita penebalan dinding rahim adalah makanan yang dapat mempengaruhi hormon untuk selalu seimbang dan tidak berlebihan. Ketidakseimbangan hormon estrogen maupun progesteron pada wanita memang menjadi salah satu penyebab terjadinya penyakit hiperplasia endometrium dan memicu gejala endometriosis. Beberapa jenis makanan yang dapat membantu menghambat reseptor estrogen dan menjadikan kadarnya tidak berlebih diantaranya seperti :

  • Kacang-kacangan
  • Buncis
  • Buah arbei
  • Apel
  • Bawang putih
  • Kubis
  • Wortel
  • Seledri
  • Beras merah
  1. Makanan tinggi serat

Makanan yang memiliki kandungan serat tinggi juga disarankan untuk selalu dikonsumsi oleh para penderita penyakit penebalan dinding rahim. Kandungan serat yang tinggi mampu membantu proses metabolisme di dalam tubuh berjalan dengan normal serta membantu mengurangi jumlah hormon estrogen di dalam tubuh. Berkurangnya hormon estrogen tersebut dapat membantu proses penyembuhan penyakit penebalan dinding rahim yang terjadi akibat tingginya kadar estrogen di dalam tubuh. Asupan serat dapat diperoleh dari sayuran, buah buahan, dan whole grain.

  1. Makanan yang meningkatkan imunitas

Jenis makanan selanjutnya yang baik untuk penderita penebalan dinding rahim adalah makanan yang meningkatkan imunitas atau daya tahan tubuh. Hal ini dikarenakan salah satu faktor yang menyebabkan terjadinya penyakit hiperplasia endometrium adalah daya tahan tubuh yang lemah. Meskipun tidak secara langsung mengatasi penebalan dinding rahim namun dengan meningkatnya sistem imun tubuh maka keparahan dari penyakit tersebut dapat dicegah dan membantu penyembuhan dari dalam tubuh. Beberapa jenis makanan yang dapat memberikan pengaruh positif pada sistem imunitas tubuh diantaranya :

  • Buah yang mengandung vitamin C tinggi seperti jeruk, jambu biji, pepaya, kiwi, stroberi, dan lain lain.
  • Sayuran dengan kandungan vitamin C tinggi seperti kubis, brokoli, kembang kol, dan lainnya.
  • Bawang putih, murbei, teh hijau, cabe rawit, dan lain sebagainya.
  1. Makanan yang rendah lemak

Berbagai jenis makanan yang memiliki kandungan lemak tinggi menjadi salah satu makanan penyebab penebalan dinding rahim yang harus dihindari dalam proses penyembuhan hiperplasia endometrium. Untuk membantu penyembuhan maka sebaiknya penderita hiperplasia endometrium lebih banyak memilih makanan yang tidak mengandung lemak tinggi seperti ikan laut maupun ikan air tawar, daging tanpa lemak, ayam tanpa kulit dan jerohan.

  1. Makanan yang mengandung lemak omega 3

Konsusmi makanan berlemak memang menjadi pantangan untuk penderita penebalan dinding rahim namun makanan yang mengandung lemak omega 3 sangat disarankan untuk dikonsumsi. Lemak omega 3 banyak terdapat di berbagai jenis ikan yang memiliki manfaat mengurangi resiko terjadinya hiperplasia endometrium atau endrometrosis. Ikan yang memiliki kandungan lemak omega 3 tinggi diantaranya tuna albacore, makarel, salmon dan herring.

  1. Makanan yang mengandung lycopene

Buah semangka, tomat, dan jeruk bali merupakan makanan yang mengandung senyawa lycopene di dalamnya. Makanan yang mengandung lycopene tersebut telah dibuktikan dalam penelitian menggunakan hewan coba dapat membantu mengatasi masalah penebalan dinding rahim. Buah yang disebutkan diatas juga memiliki kandungan vitmain yang baik untuk kesehatan tubuh secara umum.

Itulah beberapa jenis makanan sehat untuk penderita penebalan dinding rahim atau yang disebut sebagai kondisi hiperplasia endometrium. Penebalan dinding rahim yang tidak nomal karena berbagai penyebab tentu dapat mempengaruhi kondisi kesehatan reproduksi wanita dan menyebabkan haid menjadi tidak normal. Kondisi kesehatan reproduksi yang bermasalah dan haid yang tidak normal dapat menghambat keinginan wanita untuk mendapatkan kehamilan. Konsumsi makanan yang disebutkan diatas dapat membantu proses penyembuhan penebalan dinding rahim yang tidak normal atau hiperplasia endometrium yang merupakan salah satu faktor penghambat kehamilan untuk wanita.