6 Buah Pembersih Rahim Setelah Keguguran Agar Rahim Sehat Lagi

Semua ibu yang pernah mengalami keguguran pasti merasa trauma. Ada rasa penyesalan mengapa tidak bisa menjaga kandungan. Namun yang terpenting dari kondisi ini adalah sehat lagi sehingga tidak sampai mengalami penyebab keguguran berulang. Menjaga kesehatan setelah mengalami keguguran yang pertama sangat penting. Ibu harus bangkit untuk menjaga tubuh sehingga siap untuk kehamilan berikutnya yang lebih sehat. Saat keguguran maka dokter akan melakukan kuret untuk membersihkan rahim. Setelah itu ibu bisa melakukan perawatan alami misalnya dengan makanan. Dibawah ini akan dijelaskan mengenai buah pembersih rahim setelah keguguran agar rahim sehat lagi.

  1. Buah kering

Selama mengalami keguguran maka cadangan kalsium dalam tubuh ibu sudah menurun. Ini bisa membuat pemulihan rahim menjadi lebih lama. Bahkan ibu bisa mengalami beberapa masalah kesehatan seperti risiko jantung lemah, kesehatan gigi yang buruk dan juga tulang yang lebih rapuh. Bahkan rahim juga menjadi kurang sehat dan tidak siap untuk hamil lagi. Buah kering menjadi pilihan buah yang  baik untuk membuat rahim lebih bersih dan mengatasi pendarahan berlebihan. Buah kering yang bisa dikonsumsi ibu termasuk seperti kismis, aprikot, cery dan jenis buah lain. Ini juga termasuk sebagai makanan untuk kesuburan wanita.

  1. Alpukat

Alpukat bisa menjadi pilihan buah yang sangat sehat untuk ibu yang baru keguguran. Alpukat mengandung asam folat yang sangat tinggi. Manfaat asam folat tidak hanya untuk mempersiapkan kehamilan selanjutnya tapi juga memberi energi untuk tubuh ibu. Dengan asam folat yang tinggi maka rahim ibu juga menjadi lebih sehat. Buah ini juga menjadi makanan untuk mendorong  menstruasi pertama setelah keguguran tanpa kuret. Akhirnya rahim kembali sehat dan siap untuk hamil lagi.

  1. Buah jeruk

Lalu juga ibu sebaiknya mengonsumsi buah jeruk dan semua jenis buah yang mengandung vitamin C. Vitamin C akan berfungsi sebagai bahan antioksidan yang akan mencegah radikal bebas dalam tubuh ibu. Buah yang mengandung rasa asam berkat vitamin C nya ini juga akan membersihkan rahim, membuat masa nifas lebih cepat dan bisa meningkatkan sistem kekebalan tubuh ibu. Bahkan buah juga sangat baik sebagai cara melancarkan darah nifas secara alami.

  1. Stroberi

Stroberi menjadi buah yang sangat menyehatkan untuk ibu yang baru mengalami keguguran. Efek dari buah stroberi sebenarnya karena buah mengandung vitamin C yang cukup tinggi. Campuran rasa asam dan manis dari buah ini juga bisa membuat pencernaan ibu menjadi lebih sehat. Selain bisa memberikan efek membersihkan rahim juga akan mempengaruhi suasana hati ibu yang biasanya sedih setelah keguguran. Depresi dan sedih sering menjadi efek samping kuret karena merasa rahim kurang sempurna. Ibu bisa mengonsumsi stroberi yang dibuah menjadi jus atau sari buah.

  1. Apel

Apel terkenal karena tidak hanya mengandung vitamin C tapi juga kandungan bahan antioksidan yang sangat tinggi. Apel akan membuat jantung ibu menjadi lebih sehat karena biasanya ibu yang baru keguguran sering mengalami gangguan pada jantung. Apel memiliki rasa menyegarkan sehingga juga baik untuk meringankan depresi ibu. Dan manfaat yang terpenting adalah apel bisa membuat ibu menjalani masa nifas dengan bersih sehingga rahim kembali sehat dan siap hamil lagi.

  1. Anggur

Buah lain yang bisa dikonsumsi ibu yang ingin membersihkan rahim setelah keguguran adalah anggur. Anggur sangat kaya dengan vitamin E yang menjadi sumber antioksidan. Sebenarnya buah yang kata dengan antioksidan ini bisa membantu mengeluarkan jaringan darah di rahim yang seharusnya keluar melalui masa nifas. Karena itu ibu bisa makan buah anggur sebagai camilan.

Itulah beberapa buah pembersih rahim setelah keguguran agar rahim sehat lagi. Ibu yang baru keguguran dan sedang bersiap untuk hamil lagi sebaiknya mengonsumsi beberapa buah tersebut.