10 Manfaat Bengkoang untuk Ibu Hamil dan Janin

manfaat bengkoang untuk ibu hamilApakah anda pernah makan bengkoang saat hamil? Semua ibu hamil pasti pernah merasakan bengkoang karena biasanya dijadikan buah campuran untuk hidangan rujak. Makanan khas ini menjadi menu favorit ibu hamil saat masuk ke trimester satu. Banyak ibu hamil yang menghilangkan rasa mual dengan makan buah-buahan seperti bengkoang. Bagi ibu hamil menjauhi bengkoang saat masuk trimester satu pasti akan sulit. Bengkoang tidak hanya menyegarkan, namun juga banyak mengandung sumber mineral dan vitamin. Tapi semua ibu hamil pasti selalu ingin mengkonsumsi makanan yang sehat dan aman untuk janin. Jadi, apakah bengkoang aman untuk ibu hamil?

Saat hamil ada berbagai larangan ibu hamil yang berikan oleh keluarga, teman atau tetangga. Beberapa orang juga melarang untuk makan buah bengkoang tapi, apakah larangan ini harus diikuti?? Bengkoang adalah buah menyegarkan yang dipenuhi dengan mineral dan vitamin. Berikut ini adalah fakta-fakta mengenai manfaat bengkoang untuk ibu hamil.

1. Sumber Tenaga Ibu Hamil

Bengkoang mengandung zat gula yang cukup tinggi. jenis gula yang dimiliki oleh bengkoang ternyata sangat baik untuk ibu hamil. Gula alami dari buah ini bisa dirubah menjadi sumber tenaga dan membantu tubuh ibu hamil agar lebih kuat. Gula juga menjadi asupan yang bisa mendukung kesehatan ibu hamil. Zat gula merupakan makanan sehat untuk ibu hamil yang penting untuk produksi tenaga bersama dengan karbohidrat dan protein.

2. Membantu Pertumbuhan Tulang Janin

Manfaat bengkoang untuk ibu hamil dan janin mengandung mineral kalsium yang sangat penting. Manfaat kalsium bagi ibu hamil diperlukan untuk membentuk sistem jaringan dan tulang bagi janin. Selain itu asupan kalsium yang cukup juga akan membantu pertumbuhan gigi bagi bayi . Ibu hamil juga membutuhkan kalsium untuk membantu proses penyerapan vitamin D.

3. Melancarkan Peredaran Darah Ibu Hamil

Bengkoang menjadi sumber kalsium yang sangat baik untuk ibu hamil. Saat perempuan hamil maka membutuhkan jumlah darah yang lebih tinggi dibandingkan wanita yang tidak hamil. Peredaran darah yang baik juga akan membentuk kesehatan ibu hamil dan janin.

Baca juga, manfaat tomat untuk ibu hamil yang kaya akan kalsium.

4. Mendukung Proses Perkembangan Otot Janin

Janin membutuhkan jumlah kalsium yang cukup besar untuk membentuk sistem kerangka dan syaraf. Proses ini banyak dilakukan pada saat janin masuk ke semester satu dan dua. Asupan kalsium yang didapatkan dari manfaat bengkoang untuk ibu hamil,  ternyata sangat efektif untuk mendukung pembentukan sistem syaraf, sinyal syaraf, otot jantung dan tubuh yang sehat.

5. Mengatasi Gangguan Pencernaan

Masalah pencernaan memang menjadi salah satu gangguan kehamilan saat memasuki semester pertama. Sembelit biasanya menjadi keluhan yang sangat biasa. Ibu hamil bisa mengkonsumsi berbagai jenis sayuran dan buah untuk mengatasi masalah pencernaan. Namun bengkoang ternyata juga efektif untuk mengatasi masalah ini. Bengkoang mengandung serat dengan kandungan zat inulin yang cukup besar. dalam sebuah penelitian ditemukan fakta bahwa inulin mampu melancarkan fungsi usus, mengatasi sembelit dan melancarkan peredaran darah dalam saluran pencernaan.

6. Menjaga Kekebalan Tubuh

Saat hamil banyak wanita yang mengalami masalah dengan kekebalan tubuh. Wanita hamil lebih rentan terhadap infeksi kuman dan bakteri. Terkadang ibu hamil juga sering merasa lelah berlebihan meskipun tidak banyak melakukan aktifitas.

Untuk mengatasi masalah ini maka ibu hamil bisa mengkonsumsi bengkoang yang ternyata mengandung antioksidan dan vitamin C. Kedua macam zat ini sangat berperan untuk menjaga sistem kekebalan tubuh. Selain itu bengkoang ternyata juga sangat baik untuk ibu hamil yang mengalami gangguan kolesterol berlebihan selama kehamilan. Konsumsi 1 buah bengkoang berukuran sedang sangat disarankan untuk menurunkan kadar kolesterol dalam darah. Hal ini juga didukung konsumsi buah buahan untuk ibu hamil yang sehat.

7. Mengatasi Nyeri Lambung

Ketika ibu hamil masuk ke trimester pertama maka biasanya akan menghadapi beberapa hambatan seperti mual dan muntah. Terkadang ada beberapa ibu hamil yang sama sekali tidak bisa mengkonsumsi makanan dan akibatnya terkena nyeri lambung. Nyeri lambung bisa disebabkan karena gangguan pada organ lambung atau jumlah asam lambung yang terlalu tinggi.

Manfaat bengkoang untuk ibu hamil, memiliki sifat yang sangat baik untuk menetralkan dan mendinginkan lambung. Ibu hamil bisa mengkonsumsi bengkoang untuk mengatasi nyeri lambung dan gangguan mual selama kehamilan.

8. Menjadi Sumber Vitamin B Kompleks

Semua ibu hamil membutuhkan vitamin B kompleks untuk mendukung kesehatan tubuh dan janin. Bengkoang bisa menjadi camilan sehat yang sangat kaya dengan kandungan vitamin B kompleks. Vitamin B bagi ibu hamil sangat penting terutama untuk membantu mempertahankan kesehatan ibu hamil dan produksi sel darah merah. Ibu hamil membutuhkan semua asupan vitamin B kompleks untuk membantu perkembangan janin pada neurotransmiter dan sistem syaraf pada otak janin. (baca juga : cara menjaga kehamilan agar tetap sehat)

9. Membantu Pembentukan Sistem Syaraf Janin

Bengkoang menjadi buah segar, murah dan banyak manfaat untuk ibu hamil. Salah satunya adalah kandungan folat yang diperlukan untuk membangun sistem syaraf pada bayi. Asupan folat yang cukup merupakan gizi ibu hamil berperan untuk mencegah cacat otak pada bayi. Konsumsi bengkoang pada trimester satu sangat baik untuk ibu hamil.

10. Tidak Mengandung Lemak

Salah satu hal yang paling ditakuti oleh ibu hamil adalah masalah berat badan. Berat badan ibu hamil biasanya akan terus naik hingga menjelang proses kelahiran. Hal ini diperlukan untuk membentuk tubuh yang nyaman untuk bayi dan mempersiapkan proses persalinan untuk bayi. Tapi banyak ibu hamil yang merasa sulit untuk menghilangkan lemak setelah melahirkan.

Manfaat bengkoang untuk ibu hamil ternyata bisa menjadi camilan yang cukup ringan dan sehat selama kehamilan, tanpa perlu takut akan menjadi gemuk. Bengkoang tidak mengandung lemak dan juga jumlah kalori yang sangat kecil. Jadi, bengkoang bisa menjadi camilan yang sehat.

Baca juga manfaat asparagus untuk ibu hamil, namun juga digunakan dalam program diet.

[tab title=”Tips Konsumsi Bengkoang yang Aman

Pada dasarnya bengkoang menjadi buah yang sangat aman untuk ibu hamil. Isu yang berkembang bahwa bengkoang bisa mengGanggu kesehatan janin ternyata tidak terbukti. Namun untuk mengkonsumsi bengkoang dengan cara yang aman, maka ibu hamil bisa mengikuti beberapa cara dibawah ini.

  • Kupas bengkoang dengan pisau yang sudah dibersihkan sebelum bengkoang disajikan.
  • Cuci bengkoang dengan air bersih untuk menghindari kontaminasi bakteri yang terdapat dalam akar bengkoang.
  • Konsumsi bengkoang yang masih segar dan hindari bengkoang yang sudah dipetik selama berhari-hari untuk melindungi janin dari gangguan bakteri.
  • Ibu hamil yang memiliki gangguan penyakit diabetes harus membatasi konsumsi bengkoang untuk menghindari kadar gula yang tinggi.
  • Pilih bengkoang yang masih segar dengan ciri akar yang kering, permukaan kulit bengkoang yang masih utuh atau tidak terkelupas.
  • Bagi ibu hamil hindari mengkonsumsi bengkoang yang sudah disimpan dalam kulkas selama lebih dari 24 jam, karena kemungkinan bengkoang sudah tercemar oleh bakteri.

[/tab]
[tab title=”Karakter Tanaman Bengkoang

Bengkoang adalah salah satu tanaman umbi dengan bentuk kecil, sedang dan besar. Beberapa bagian akar bengkoang yang berada di dalam tanah akan tumbuh dan menjadi umbi. Umbi inilah yang akan diambil dan dikonsumsi sebagai bengkoang.

Bengkoang memiliki karakter yang renyah dan biasanya mengandung banyak air. Selain ibu buah ini juga memiliki rasa manis yang menyegarkan. Kulit buang bengkoang sangat tipis dan bisa dikupas dengan mudah. Daging buah memiliki warna putih dan struktur kepadatan yang sangat renyah. Salah satu ciri khas dari buah bengkoang adalah kandungan air yang sangat tinggi. bengkoang juga bisa bertahan lama saat disimpan dan selalu aman di konsumsi. Buah ini dapat ditemukan sepanjang musim dan hampir bisa ditemui di seluruh daerah.

[/tab]