7 Reaksi Setelah Makan Nanas Muda Bagi Ibu Hamil Paling Berbahaya

Menjaga kehamilan agar sehat sampai melahirkan sudah pasti akan dilakukan semua ibu hamil. Hal ini bisa dipertimbangkan dari makanan dan minuman yang masuk ke dalam tubuh. Nutrisi yang masuk ke dalam tubuh ibu juga bisa memberikan efek untuk janin dalam kandungan. Salah satu makanan yang dianggap kurang sehat untuk ibu adalah nanas. Hal ini terkait yang banyaknya informasi tentang bahaya nanas untuk ibu hamil terutama saat hamil muda. Bahaya yang terjadi mungkin akan ditunjukkan dengan beberapa gejala setelah makan nanas. Apa saja itu? Ikuti berita tentang reaksi setelah makan nanas muda bagi ibu hamil paling berbahaya, berikut ini.

  1. Perut mulas

Nanas muda biasanya memang tidak dikonsumsi seperti buah lain. Hanya saja jika Anda makan nanas muda di beberapa makanan segar seperti es buah atau rujak buah memang rasanya sangat lezat dan segar. Tapi reaksi yang sangat buruk bisa terjadi karena nanas muda menyebabkan perut mula. Jika ibu memiliki sistem pencernaan yang cukup sensitif maka bisa membuat perut ibu tidak nyaman. Rasa mulas yang hebat juga bisa menyebabkan bahaya diare pada ibu hamil.

  1. Morning sickness

Makan nanas muda juga bisa menyebabkan bahaya morning sickness. Hal ini karena nanas mengandung kadar bromelain yang bisa membuat ibu menjadi lebih mual dan muntah. Mual dan muntah pada ibu hamil bisa jadi lebih berbahaya karena bisa menyebabkan dehidrasi. Sebaiknya ibu hamil memang memilih buah lain yang lebih menyehatkan daripada makan buah nanas muda.

  1. Keluar cairan dari vagina

Efek lain yang sangat buruk untuk kehamilan setelah makan nanas muda adalah adanya cairan yang keluar dari vagina. Cairan atau lendir vagina ini sangat buruk jika masih hamil muda, karena itu bisa jadi pertanda lunaknya bagian serviks. Jika ini semakin lunak maka bisa menyebabkan pembukaan sebelum waktunya persalinan. Akhirnya bisa menyebabkan kelahiran prematur atau bahkan keguguran.

  1. Gatal pada lidah dan bibir

Nanas muda memang sangat tidak disarankan untuk ibu hamil. Hal ini karena nanas muda mengandung getah khusus yang bisa menyebabkan bagian lidah dan bibir ibu menjadi gatal. Bahkan bisa menyebabkan luka pada bibir yang sangat tidak nyaman. Karena ini termasuk reaksi alergi maka bisa jadi efek lainnya bisa terjadi setelah beberapa jam. Segera pergi ke dokter kandungan Anda juga sudah muncul beberapa tanda ini.

  1. Tekanan darah menurun dengan cepat

Nanas ternyata juga bisa menyebabkan tekanan darah rendah untuk ibu hamil. Reaksi ini bisa terjadi dengan cepat terutama setelah makan nanas muda. Gejala yang bisa dirasakan ibu adalah seperti pusing, tidak nyaman, ada perasaan berputar ketika beraktifitas dan beberapa gejala yang lain. Bahkan jika ibu kekurangan zat besi maka tidak hanya tekanan darah rendah tapi juga anemia pada ibu hamil.

  1. Pilek

Reaksi alergi setelah makan nanas muda juga akan menyebabkan pilek untuk ibu hamil. Ini memang salah satu reaksi yang sangat aneh karena tidak semua ibu hamil mengalaminya. Pilek setelah makan nanas muda ini akan membuat ibu merasa ingin bersin terus menerus, sakit kepala, hidung yang tiba-tiba berair dan gatal pada tenggorokan.

  1. Sakit otot

Ibu hamil yang makan nanas muda bisa merasakan sakit otot yang sangat tidak nyaman. Semua itu karena reaksi bromelain yang akan menyebabkan berkurangnya bahan tertentu dalam vena sehingga otot ibu menjadi tidak nyaman. Jika ibu sudah mengalami varises maka biasanya kaki akan membengkak dan sakit saat disentuh pada area varises.

Itulah semua reaksi setelah makan nanas muda bagi ibu hamil paling berbahaya. Namun tidak semua ibu yang makan nanas muda bisa mengalami reaksi tersebut karena sangat tergantung dengan kondisi kesehatan ibu dan janin. Jika memang ibu mengalami reaksi yang cukup parah maka segera periksa ke dokter kandungan terdekat.