21 Buah untuk Ibu Hamil 6 Bulan ke Atas Paling Menyehatkan

Gizi ibu hamil berdasarkan trimester kehamilan dinilai sangat penting, sebab selain bisa memberikan energi dan kesehatan pada tubuh ibu, tentunya akan menjadi penentu kesehatan pada bayi yang dikandungnya juga. Oleh karena itu, penting sekali untuk Anda yang sedang mengandung selalu memperhatikan menu makanan tiap harinya. Ada banyak nutrisi yang diperlukan oleh ibu hamil, termasuk saat kandungan berusia 6 bulan. Terlebih saat ini ibu sudah tidak mengalami morning sickness sehingga bisa makan dengan lebih baik. Buah sangat penting untuk ibu hamil karena penuh dengan serat, vitamin dan mineral. Berikut adalah buah untuk ibu hamil 6 bulan, yang bisa Anda konsumsi:

  1. Buah Kurma

Kurma adalah salah satu buah yang banyak dinikmati saat bulan puasa ini bisa Anda konsumsi saat sedang hamil. Kurma memiliki kandungan serat yang cukup tinggi, mangan, fosfor, kalium, besi, kalsium, belerang dan juga magnesium. Semua kandungan yang ada dalam kurma sangatlah baik untuk Anda yang sedang hamil. Kurma mempunyai cukup banyak manfaat, bukan hanya bisa membantu sebagai pemenuh kebutuhan nutrisi dan gizi ibu tapi juga bisa sangat baik untuk membantu peningkatan hemoglobin agar ibu tidak terkena anemia. Kurma juga bisa membantu mengatasi rasa kram, menambah asupan energy dan menguatkan dinding rahim ibu yang akan menghadapi persalinan.  (baca: makanan sehat untuk ibu hamil – manfaat kurma untuk ibu hamil dan menyusui – buah untuk ibu hamil)

  1. Buah Pisang

Pisang merupakan buah yang cukup mudah ditemui. Buah ini memilki manfaat yang baik untuk kesehatan tubuh setiap orang yang mengkonsumsinya, termasuk pada ibu yang sedang hamil. Kandungan kalium, zat besi dan kalori yang ada pada buah pisang dinilai sangat penting untuk kesehatan ibu hamil. Saat dikonsumsi ibu hamil, buah ini bisa membantunya untuk menjaga tekanan darah, mencegah terjadinya anemia, serta bisa membantu memenuhi asupan makanan yang ibu butuhkan. (baca: manfaat konsumsi pisang ambon untuk ibu hamil –  Manfaat Pisang Bayi – bahaya jantung pisang bagi ibu hamil)

  1. Buah Alpukat

Buah untuk ibu hamil 6 bulan selanjutnya adalah alpukat. Buah ini kaya akan kandungan kalium, vitamin B kompleks dan asam folatnya yang cukup tinggi. Kandungan asam folat ini bisa menjadi salah satu asupan nutrisi penting untuk membantu perkembangan bayi dalam rahim. Oleh sebab itu, Anda yang sedang hamil sangat disarankan untuk memakan buah alpukat yang memang sangat membantu untuk kehamilan. baca: vitamin E bagi ibu hamil  –  manfaat alpukat untuk ibu hamil )

Informasi gangguan kehamilan:

  1. Buah Jeruk

Walaupun 90% kandungan pada buah jeruk adalah air, buah ini juga mempunyai kandungan lainnya yaitu serat yang cukup tingg, asam folat dan vitamin C. Oleh sebab itu jeruk bisa sangat bermanfaat jika dikonsumsi ibu hami. Jeruk bisa bermanfaat untuk melakukan pencegahan cacat janin, pemenuh cairan pada tubuh ibu dan bisa membantu janin agar otaknya berkembang. (baca: manfaat jeruk untuk ibu hamil –  Bahaya Jeruk Nipis Bagi Ibu Hamil – makanan ibu hamil 6 bulanciri ciri janin sehat 1-9 bulan)

  1. Buah Manggis

Selanjutnya adalah buah manggis yang mungkin masih asing, apalagi untuk ibu hami. Manggis memiliki kandungan mangan, asam folat dan vitamin C, semua kandungan yang ada pada buah manggis dinilai sangatlah penting untuk ibu yang sedang hamil. Buah manggis bisa bermanfaat untuk menjaga kulit tetap sehat saat sedang hamil, menjaga sistem imun tubuh dan menjaga agar bayi tidak terlahir premature saat lahir. Selain itu manggis juga bisa melindungi ibu hamil dan bayi yang dikandungnya dari ancaman lingkungan sekitar. Seperti adanya paparan radikal bebas yang resikonya akan mengancam kesehatan ibu dan bayinya.(baca: manfaat manggis untuk ibu hamil – obat herbal kista endometriosis)


  1. Buah Mangga

Buah mangga, adalah buah yang sangat melekat pada ibu yang sedang hamil, ada saja ibu hamil yang ngidam menginginkan buah mangga yang rasanya kecut. Buah mangga mempunyai kandungan kalium cukup tinggi, vitamin A dan juga C. Semua kandungan yang ada pada mangga sangatlah penting untuk ibu yang sedang hamil. Kalium bisa membantu untuk menjaga tekanan darah. Vitamin A bisa bermanfaat menjadi antioksidan serta bisa menjadi pendukung pada saraf dan penglihatan bayi.  (baca: manfaat mangga untuk ibu hamil)

  1. Buah Jambu Biji

Buah yang satu ini juga sangat disarnkan untuk Anda, namun juga baik dikonsumsi untuk Anda yang sedang tidak hamil. Jambu biji memiliki kandungan yang dinilai sangatlah penting dan amat dibutuhkan seperti vitamin A, kalium, fosfor dan vitamin C. Mengkonsumsi jambu biji bisa membantu Anda menjaga perkembangan bayi dalam rahim, dan juga bisa menjaga kesehatan ibu hamil. Jambu biji juga bisa menjadi penangkal adanya radikal bebas yang disebabkan asap rokok atau kendaraan. (baca: manfaat jambu air untuk ibu hamil – manfaat jambu biji bagi ibu hamil – bahaya diare pada ibu hamil – obat diare ibu hamil )

  1. Buah Bulebery

Selanjutnya adalah buah yang masuk pada jenis buah berry yaitu blueberry. Buah ini juga disarankan untuk dikonsumsi Anda yang sedang hamil 6 bulan. Kandungan pada buah ini sangatlah bermanfaat bagi ibu hamil, mulai dari vitamin A, B dan C, lalu kalium. Blueberry bisa membantu ibu hamil menjaga tekanan darah, transmisi saraf, kontraksi otot, dan menjaga keseimabangan cairan pada tubuh.(baca: Manfaat buah blueberry untuk ibu hamil )

Informasi persalinan caesar:

  1. Kismis

Saat ibu hami sedang ingin makanan cemilan yang manis-manis, ibu dilarang memakan permen atau coklat. Oleh karena itu, ibu bisa menggantinya dengan kismis yang akan baik pada kesehatan ibu dan janin. Bisanya kismis selalu dijadikan sebagai bahan tambahan atau campuran pada makanan. Namun tentunya untuk ibu hami, bisa menjadikan kismis sebagai salah satu cemilan sehatnya. Manfaat kismis bagi ibu hamil adalah bisa membuat badan semakin memiliki energi, menjaga kekuatan tulang dan mencegah terjadinya radikal bebas.

Informasi masa nifas:

  1. Pepaya

Pepaya merupakan buah yang beradal dari Amerika Selatan dan Meksiko. Namun buah ini sudah sangat menyebar luas bahkan sampai Indonesia. Buah ini cukup banyak digemari banyak orang. Untuk Anda yang sedang hamil, saat mengkonsumsi buah ini, tentunya akan memberikan banyak manfaat. Kandungan vitamin A nya bisa membantu untuk menjaga organ pelihatan pada bayi. Pepaya juga memiliki kandungan air cukup banyak, sehingga bisa mencegah terjadinya dehidarsi pada ibu hamil. (Baca juga: Manfaat buah pepaya untuk ibu hamilManfaat pepaya untuk bayi –  Ibu hamil susah BAB –  Wasir saat hamil – , Bahaya ambeien pada ibu hamil)

  1. Aprikot

Aprikot adalah buah yang memiliki biji besar dan warnanya keemasan, serta teskturnya seperti beludru. Buah ini memiliki rasa yang manis dan juga tajam. Aprikot juga dinilai baik untuk dikonsumsi ibu hamil. Kandungan vitamin A, C, E, fosfor, kalsium, besi dan zat beta bisa sangat bermanfaat untuk keseahatan ibu dan bayi yang dikandungnya. Nutri pada buah bisa mebantu pada perkembangan janin.

  1. Ceri

Pada saat sedang hamil, tentunya ibu sangat membutuhkan vitamin C agar bisa menghindari infeksi seperti ruam atau flu. Salah satu buah yang memiliki kandungan vitamin C nya adalah ceri yang bisa membantu untuk menyuplai darah pada plasenta bayi. Buah ceri juga kaya akan melatonime dan antioksidannya sehingga bisa membantu menstimulasi pada perkembangan sel saat hamil.

  1. Delima

Delima juga merupakan buah yang sangat bermanfaat jika dikonsumsi oleh ibu hamil. Mnafaat buah ini ada pada kandungan flavonoid, asam malat, asam sirat, gula buah, asam folik, vitamin dan mineralnya. Bahkan kandungan antioksidan yang ada pada buah ini juga 3 kali lebih banyak jika dibandingkan dengan red wine atau terh hijau. Jika dikonsumsi oleh ibu hami, kandungan folik acid asam folat mampu untuk membantu perkembangan otak bayi saat dalam kandungan, dan juga bisa menurunkan resiko terjadi cacat otak saat lahit. Vitamin C nya juga sangat bermanfaat untuk peningkatan sistem imun tubuh ibu dan janin. (baca: manfaat buah delima bagi ibu hamilpenambah darah untuk ibu hamil)

  1. Semangka

Semangka adalah buah yang kaya akan kandungan mineralnya. Kandungan tersebut tentunya sangat dibutuhkan oleh tubuh, dan sangat baik jika dikonsumsi oleh ibu hami. Selain mineral, kandungan nutrisinya juga banyak seperti vitamin A, vitamin C, vitamin B7, potassium, dan magnesium. Buah ini bisa membantu Anda yang sedang hamil agar tidak merasakan mual. (baca: jus untuk ibu hamil – buah buahan untuk ibu hamil – Manfaat Semangka untuk Ibu Hamil – Bahaya Semangka Untuk Ibu Hamil)

  1. Apel

Apel merupakan salah satu buah yang memiliki kandungan mineral dan air yang cukup banyak. Jika dikonsusi oleh ibu hamil, apel bisa bermanfaat untuk: Melancarkan BAB, mengurangi pembekakan pada kaki, menstabilkan emosi saat masa kehamilan dan bisa menghilangkan rasa mual saat hamil. Saat Anda mengkonsumsi apel, sebaiknya cuci dan kupas dulu agar kebersihannya tetap terjaga. (baca : manfaat apel untuk ibu hamil)

Baca juga:


  1. Anggur

Cemilan lain yang bisa dimakan oleh ibu hamil dan baik untuk janin selain kismis adalah anggur. Buah ini mempunyai kandunan nutrisi esensial glukasa, slicic acid, fruktosa, pholbaphene, oxalic acid an masih banyak lagi. Vitamin yang ada pada anggur juga cukup banyak sehingga sat bermanfaat jika dikonsumsi oleh ibu hamil. Vitamin yang terkandung diantaranya B2, B2, B6, B12, A, C, PP, P dan Vitamin K.

Informasi vitamin untuk ibu hamil:

  1. Persik

Persik adalah buah yang kaya akan kandungan vitamin, seng, protein, gula dan pektinnya. Sehingga tidak salah jika ibu mengkonsumsi buah ini akan sangat baik untuk kesehatan tubuh ibu hamil. Namun, ibu dianjurkan untuk tidak mengkonsumsinya terlalu banyak sebab bisa menyebabkan rasa gatal dan suara serak jika dikonsumsi berlebihan.

Baca juga:

  1. Melon

Melon merupakan buah yang memiliki banyak sekali manfaat sehingga sangat baik jika ibu hamil mengkonsumsi buah ini. Buah ini memiliki kandungan vitamin A, C, A , kalium dan banyak lagi yang sangat bermanfaat untuk tubuh. Manfaat buah ini bisa mencegah adanya rasa mual, bisa mencegah terjadinya dehidrasi, mengatasi saat terjadi sembelit, dan juga menormalkan tekanan darah saat ibu sedang hamil.  (baca: manfaat blewah bagi ibu hamil – manfaat melon untuk ibu hamil)

  1. Leci

Buah leci adalah buah yang sangat aman dikonsumsi saat Anda sedang hamil 6 bulan. Buah ini kaya akan kandungan nutrisinya yag dinilai sangatlah penting untuk kesehatan ibu dan janinnya. Anda bisa memakan buah leci sebagai cemilan seperti hal nya kismis. Jangan lupa untuk membersihkan buah ini sebelum dikonsumsi guna menghindari adanya bakteri dan kuman yang menempel pada buah.

Informasi air ketuban:

  1. Strawberry

Sama halnya seperti pada ceri, kismis dan leci. Buah ini juga cocok sekali untuk dijadikan cemilan pengganti permen dan coklat. Buah ini sangat aman untuk dikonsumsi setiap hari. Strawberry bisa membuat pencernaan dan badan selalu dalam keadaan segar. Kandungan serat dan vitaminnya yang sangat banyak bisa membantu Anda untuk menjaga kesehatan pada tubuh dan janin dalam kandungan.

(baca: manfaat strawberry bagi ibu hamil)

21. Kiwi

Buah terakhir yang sangat aman untuk dikonsumsi oleh ibu hamil adalah kiwi. Buah kiwi kaya akan vitamin A, E dan C, lalu ada potassium, fosfor, magnesium, dan seratnya yang sehat. Kiwi bisa bermanfaat untuk memperkuat sistem pernafasan sehingga tidak mudah untuk terserang batuk dan flu. Kiwi juga bermanfaat untuk melancarkan peredaran darah pada tubuh. (Baca : Manfaat buah kiwi bagi Ibu hamil)

Itulah 21 buah untuk ibu hamil 6 bulan yang bisa Anda konsumsi baik sebagai cemilan atau pendamping makan setiap harinya. Semoga informasi ini bermanfaat untuk Anda yang sedang menjaga asupan makanan untuk kesehatan tubuh dan bayi dalam kandungan.

, ,
Post Date: Wednesday 13th, September 2017 / 08:13 Oleh :
Kategori : Buah Sehat