Buah Yang Mengandung Asam Folat Terbanyak Diantara Jenis Buah Lainya

Selama masa kehamilan, setiap ibu hamil pastinya dituntut untuk dapat menjalankan kehamilan dengan kondisi yang normal dan lancar tanpa adanya gangguan kehamilan apapun. Kondisi tersebut dapat menjadi penjaga agar perkembangan janin selalu berlangsung secara baik dan sesuai dengan usia kehamilannya. Dalam proses menghasilkan kehamilan yang normal dan lancar tersebut, ada berbagai macam usaha dan upaya yang tentu harus dilakukan oleh setiap ibu hamil secara benar dan konsisten.

Diantara beberapa upaya yang dapat dilakukan oleh setiap ibu hamil seperti mengkonsumsi makanan sehat untuk ibu hamil, menghindari aktivitas berat, beristirahat yang cukup, dan melakukan konsultasi rutin dengan dokter maupun bidan, ada satu hal yang tentu perlu untuk selalu dipenuhi oleh ibu hamil yakni pemenuhan kebutuhan nutrisi yang tentu lebih banyak dibandingkan saat tidak hamil. Salah satu bentuk nutrisi penting dalam proses kehamilan tersebut adalah asam folat.

Pemenuhan kebutuhan asam folat saat hamil dapat terpenuhi melalui konsumsi makanan maupun minuman tertentu. Salah satu jenis makanan yang dapat membantu ibu hamil menjaga kebutuhan asam folat agar kadarnya selalu terpenuhi dan berbagai macam manaat asam folat untuk ibu hamil dapat dirasakan adalah buah buahan. Berikut ini beberapa jenis buah yang mengandung asam folat terbanyak diantara jenis makanan lainnya yang dapat dikonsumsi oleh ibu hamil secara rutin dalam uraian di bawah ini.

  1. Jeruk

Buah yang memiliki rasa dan bentuk khas serta varian yang cukup banyak ini ternyata merupakan salah satu buah dengan kandungan asam folat tertinggi diantaranya buah buah lainnya. Menurut beberapa sumber, kandungan asam folat di dalam buah jeruk sebanyak 30 – 40 mcg. Ibu hamil dapat mengkonsumsi buah jenis secara langsung atau mengolahnya menjadi jus buah.

  1. Pepaya

Buah pepaya jua merupakan salah satu jenis buah yang mengandung asam folat terbanyak dan dapat dikonsumsi oleh ibu hamil sebagai salah satu makanan untuk membantu terpenuhinya kebutuhan asam folat selama proses kehamilan. Selain asam folat, kondisi tubuh ibu hamil juga dapat terjaga kualitas kesehatannya karena kandungan vitamin C tinggi pada buah pepaya.

  1. Grapefruit

Grapefruit merupakan jeruk besar dengan kulit berwarna orange dan daging di dalam yang berwarna merah keunguan seperti anggur. Grapefruit yang masih kurang dikenal di masyarakat tersebut tenyata memiliki kandungan asam folat yang baik untuk dikonsumsi oleh ibu hamil. Buah grapefruit ini hampir mirip dengan jeruk bali namun memiliki perbedaan terkait masalah rasa yang lebih asam dibandingkan jeruk bali. Konsumsi grapefruit perlu diperhatikan karena dapat menyebabkan munculnya heartburn pada ibu hamil.

  1. Strawberry 

Buah yang mengandung asam folat terbanyak selanjutnya adalah buah strawberry. Kandungan asam folat dalam satu gelas jus strawberry dapat mencapai kisaran 25 mcg. Kandungan asam folat pada buah strawberry tersebut dapat membantu memenuhi kebutuhan asam folat yang penting bagi tubuh ibu hamil.

  1. Raspberry

Jenis buah golongan berry lainya yang juga memiliki kandungan asam folat cukup bagi kebutuhan gizi ibu hamil adalah raspberry. Mendapatkan raspberry mungkin lebih sudah dibandingkan dengan strawberry namun dengan pemberian jenis buah yang berbeda dapat menghindarkan ibu hamil dari kebosanan mengkonsumsi makanan yang monoton.

  1. Alpukat

Alpukat merupakan salah satu jenis buah yang sangat populer untuk dijadikan jus buah maupun es buah dan es es lainnya. Alpukat ternyata memiliki kandungan asam folat yang memang populer dikonsumsi oleh banyak ibu hamil selama masa kehamilan karena banyaknya manfaat alpukat untuk ibu hamil. Ibu hamil dapat mengkonsumsi buah musiman satu ini dengan cara dimakan langsung ataupun dibuat menjadi jus.

  1. Pisang

Buah yang sangat populer dan banyak jenisnya di masyarakat Indonesia untuk dijadikan dalam suguhan maupun buah seserahan dan selametan tersebut ternyata juga dapat dikonsumsi oleh ibu hamil untuk membantu memenuhi kebutuhan asam folat selama proses kehamilan. Jensi pisang aapun dapat dipilih ibu hamil tergantung dari selera rasa yang diinginkan.

  1. Bit

Buah bit merupakan jenis buah yang mungkin belum banyak dikenal oleh masyarakat. Buat bit banyak diolah menjadi beberapa jenis makanan maupun minuman. Kandungan asam folat dalam buah bit sebanyak 136 mcg pada setiap buahnya.

  1. Peach

Jenis buah ini mungkin tidak cukup populer dikonsumsi secara langsung namun berbagai macam olahan rasanya banyak diketahui terutama dicampur dalam minuman teh. Buah peach meskipun tidak terlalu tinggi kadarnya juga termasuk kedalam buah dengan kandungan asam folat cukup bagi ibu hamil.

  1. Delima

Jenis buah yang mungkin membutuhkan usaha lebih untuk mengkonsumsinya ini memiliki kandungan asam folat yang cukup untuk ibu hamil. Selain buah delima, ada beberapa jenis buah lain dengan kandungan asam folat di dalamnya diantaranya seperti mangga, jambu biji, dan kiwi.

Itulah beberapa buah yang mengandung asam folat terbanyak tersebut yang dapat dikonsumsi oleh ibu hamil demi kelangsungan proses kehamilan yang lancar dan aman serta normal. Banyaknya pilihan buah diatas menjadikan ibu hamil dapat menentukan sendiri jenis buah yang memang paling difavoritkannya.